Manfaat Buah Pisang Untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit

Manfaat Buah Pisang Untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit

Buah Pisang merupakan salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia terutama di Indonesia sendiri karena untuk alasan yang baik. Buah berwarna kuning berbentuk melengkung yang berisi banyak manfaat gizi besar. Pisang tumbuh setidaknya di sekitar 107 negara dan menempati peringkat keempat di antara dunia tanaman pangan yang di nilai secara moneter.

Sebagian besar masyarakat Indonesia tentu saja tidak asing lagi dengan buah Pisang karena mereka mengonsumsinya hampir setiap hari. Bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan, buah Pisang seringkali terdapat di samping atau belakang rumahnya sehingga kalau sudah masak bisa langsung dipetik dan dimakan.
Namun, ternyata belum banyak di antara masyarakat kita yang mengetahui bahwa bagian-bagian lain dari tanaman Pisang juga ternyata bermanfaat bagi kesehatan.

Sejumlah penyakit yang mengganggu kesehatan mayoritas masyarakat di negeri inipun dapat dikurangi dampaknya oleh tanaman Pisang yang memang mengandung banyak manfaat. Mari kita cermati beberapa penyakit yang bisa dibantu dan kandungan gizi dari tanaman Pisang.

Kandungan Gizi Buah Pisang
Yang mungkin didapatkan dari mengkonsumsi pisang termasuk menurunkan risiko kanker, asma, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.Manfaat kesehatan buah pisang ini karena mengandung banyak kandungan gizi dengan rincian gizi pisang ukuran sedang (sekitar 126 gram) dianggap satu porsi. Satu porsi pisang mengandung 110 kalori, 30 gram karbohidrat dan 1 gram protein. Selain itu, pisang menyediakan berbagai vitamin dan mineral :
* Vitamin B6 – 0,5 mg
* Mangan – 0,3 mg
* Vitamin C – 9 mg
* Kalium – 450 mg
* Serat – 3g
* Protein – 1 g
* Magnesium – 34 mg
* Folat – 25.0 mcg
* Riboflavin – 0,1 mg
* Niacin – 0,8 mg
* Vitamin A – 81 IU
* Besi – 0,3 mg

 

Rekomendasi asupan pisang yang bisa dikonsumsi untuk orang dewasa adalah 4700 miligram per hari.

Manfaat Pisang Untuk Pengobatan
Kandungan buah pisang yang kaya gizi dannutrisi ini, juga bisa memberikan banyak manfaat untuk pengobatan seperti berikut ini :

1. Baik Bagi Pecandu Rokok
Buah pisang sangat baik bagi para pecandu rokok karena mengandung vitamin C, A, B 6, B 12, potasium, dan magnesium. Semua vitamin dan mineral tersebut membantu tubuh untuk memperbaiki sel-sel tubuh akibat nikotin lebih cepat.

2. Kanker Perut
Bagaimana kanker perut bisa dibantu diatasi dengan tanaman Pisang? Bukan buahnya yang diambil, melainkan anak batangnya yang dipadukan dengan tumbuhan benalu teh.

Cara membuatnya: anak batang Pisang tersebut kemudian diparut dan diambil airnya. Setelah itu, direbus berbarengan dengan Benalu teh sampai airnya mendidih. Setelah mendidih, tuangkan dalam gelas dan diminum sebanyak 2 kali dalam sehari pada pagi dan sore hari.

3. Gigitan Nyamuk
Jika Anda tidak memiliki balsem ketika digigit nyamuk atau serangga lainnya oleskan bagian dalam kulit pisang pada bagian yang radang/gatal. Kandungan enzim pada bagian dalam kulit pisang mampu mengurangi rasa gatal dan nyeri akibat iritasi gigitan serangga.

4. Pra Menstruasi
Pengganti obat penghilang rasa sakit dengan pisang yang mengandung vitamin B 6. Pisang dengan kadar B 6 yang tinggi mampu mengatur kadar gula dalam darah sehingga mampu mengontrol suasana hati akibat gejolak hormon di saat sebelum menstruasi.

5. Baik Bagi Saraf
Pisang mengandung vitamin B dengan kadar tinggi yang sangat berguna bagi sistem saraf tubuh.

6. Terbakar
Jika Anda terlalu lama melakukan kegiatan di luar ruang dan suhu tubuh mengalami kenaikan akibat sorotan sinar matahari, coba untuk makan pisang karena pisang mampu mengurangi suhu tubuh akibat kandungan antacid.

7. Sakit Kuning
Penyakit kuning sudah lazim diderita oleh masyarakat kita. Banyak metode pengobatan yang bisa dilakukan untuk menyembuhkannya, salah satunya dengan menggunakan buah Pisang emas.
Tidak sulit untuk menyembuhkan penyakit ini dengan menggunakan buah Pisang emas tersebut karena Anda hanya perlu mengonsumsinya secara teratur. Pengobatan yang enak dan tidak membutuhkan biaya mahal karena cukup dengan mengkonsumsi pisang secara teratur.

8. Mual di Pagi Hari
Bagi ibu hamil yang sering mual di pagi hari tak ada salahnya untuk memakan pisang sebagai camilan. Kandungan gula alami yang tinggi dapat mempertahankan kadar gula yang tetap dalam darah sehingga mengurangi rasa mual.

9. Mengatasi Ambeien/Wasir
Buah Pisang juga bisa digunakan untuk mengobati ambeien. Caranya dengan memarut Pisang Klutuk sampai keluar airnya. Kemudian, dicampurkan dengan Adas pulasari dan juga gula merah. Aduklah sampai merata. Setelah itu, minum sebanyak 2 kali sehari.

10. Anemia
Pisang mengandung zat besi yang cukup tinggi sehingga dapat memicu tubuh memproduksi hemoglobin lebih tinggi.

11. Tekanan Darah
Pisang sebagai buah-buahan khas tropik yang mengandung potasium tinggi sehingga sangat cocok bagi orang dengan tekanan darah tinggi yang harus melakukan diet rendah garam namun tetap membutuhkan potasium. Bahkan akhir-akhir ini Badan Pengawasan Obat dan Makanan, Amerika Serikat ( US Food and Drug Administration) mengizinkan para petani pisang untuk mengiklankan bahwa pisang memiliki kemampuan mengobati bagi pasien tekanan darah tinggi.

12. Daya Nalar
Dalam sebuah percobaan, 200 siswa SMU mengakui bahwa kemampuan berpikir dan daya tangkap mereka semakin baik ketika mengonsumsi pisang pada pagi hari di waktu sarapan. Penelitian membuktikan bahwa potasium yang ada dalam buah-buahan dapat membuat seseorang menjadi lebih awas dan waspada sehingga lebih mudah berkonsentrasi.

Demikian itulah penjelasan di atas untuk beberapa penyakit yang bisa diusahakan kesembuhannya dengan menggunakan tanaman Pisang (baik buah maupun batangnya). Dan sebenarnya masih banyak penyakit-penyakit lainnya yang bisa diatasi dengan batang atau buah Pisang yang tentunya tidak berbiaya mahal.

Asalkan kita ada kemauan yang keras untuk mengobati penyakit yang diderita dengan biaya yang terjangkau. Cara-cara yang telah ditunjukkan di atas bisa Anda coba ketika menderita salah satu penyakit tersebut.

13. Depresi
Hasil penelitian terhadap para penderita depresi membuktikan bahwa para penderita mengalami pengurangan tingkat depresi setelah mengonsumsi pisang. Ini disebabkan karena pisang mengandung protein trypotophan, sejenis protein yang dapat diubah oleh tubuh menjadi enzim serotonin yang mampu membuat seseorang menjadi lebih santai, lebih tenang, dan lebih bahagia. Selain itu pisang pun sangat baik bagi orang yang sedang stres.

Potasium dalam pisang mampu membuat detak jantung lebih stabil sehingga oksigen yang dipasok ke otak tetap stabil. Ketika seseorang stres kadar potasiumnya berkurang akibat metabolisme yang meninggi. Untuk menormalkan kembali cukup dengan makan pisang sebagai obat alami.