Cegah Jamur Kulit di Musim Hujan

Musim hujan datang. Dalam beberapa pekan terakhir hujan turun setiap hari di area Jabodetabek dan beberapa wilayah lain Indonesia. Kondisi ini membuat kelembapan rumah meningkat yang berpotensi menimbulkan masalah jamur di kulit.

“Saat suhu ruangan lembap, coba cek deh tas-tas kita, kalau didiamkan saja di lemari tanpa terkena angin dalam beberapa hari saja sudah tumbuh jamur. Tak hanya tas, kulit kita pun bisa seperti itu. Bila terlalu lembap, mudah tumbuh jamur.

Kehadiran jamur bisa beragam, bisa di dada atau punggung, kaki, ketiak, bahkan area selangkangan. Untuk menghindari masalah jamur di kulit saat musim hujan berikut langkah-langkah untuk mencegahnya :

1. Saat hujan reda buka jendela dan pintu

Saat hujan reda, buka pintu dan jendela, termasuk sibak gorden sehingga angin dan sinar matahari bisa masuk ke dalam rumah untuk mengurangi kelembapan udara dalam rumah. Selain itu, sirkulasi udara di dalam rumah pun jadi baik.

2. Jemur benda-benda yang lembap di bawah sinar matahari

Saat matahari muncul jemur pakaian atau kasur di bawah sinar matahari. Sehingga jamur atau kuman yang berkembang di pakaian atau kasur tersebut akan mati.

3. Bila hujan terus menerus, nyalakan kipas angin

Sebenarnya kalau ada matahari yang masuk ke rumah, itu lebih bagus karena akan mengurangi kelembapan di dalam rumah. Tapi kalau hujan terus menerus, nyalakanlah kipas angin.

Dengan demikian, kipas angin membantu membuat sirkulasi udara di rumah jadi lebih baik. Jadi ketika kondisi rumah tidak terlalu lembap, hal ini akan mengurangi potensi berkembangnya jamur kulit pada musim hujan.

Itulah langkah-langkah untuk mencegah jamur berkembang pada kulit kita, Share tips ini bila bermanfaat ya…