Hidup Sehat Dengan Olah Raga

Olahraga teratur  merupakan faktor penting bagi gaya hidup sehat setiap orang. Oleh karena itu, olahraga teratur harus menjadi bagian dari kegiatan rutinitas sehari-hari kita agar gaya hidup sehat bisa kita raih dengan mudah. Banyak jenis olahraga yang bisa kita lakukan secara teratur untuk mendukung kesehatan tubuh kita. Olahraga teratur ini bisa kita pilih sesuai dengan cara hidup kita sehari-hari. Berikut ini beberapa gaya hidup sehat dengan olahraga.

Olahraga teratur merupakan aktifitas atau kegiatan yang membutuhkan tenaga secara fisik ataupun mental yang secara teratur dilakukan dengan tujuan untuk membuat tubuh menjadi sehat. Apapun jenis kegiatan yang kita lakukan dengan menggunakan kekuatan otot tubuh kita bisa dikatakan sebagai bentuk olahraga. Olahraga teratur bisa membantu kerja jantung memompa lebih cepat untuk meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

Manfaat dari olahraga teratur diantaranya yaitu bisa membuat jantung kita semakin kuat dan sehat, penyakit diabetes tipe 2 dan osteoporosis bisa juga dikurangi dengan olahraga teratur yang kita lakukan. Olahraga teratur yang dilakukan setiap hari dapt berfungsi sebagai pembakar lemak pada tubuh kita. Apabila olahraga teratur yang dilakukan disertai denga diet yang sehat bisa bermanfaat untuk menurunkan berat tubuh dan bisa juga mempertahankan berat tubuh ideal kita.

Contoh olahraga teratur yang bisa kita pilih adalah joging, latihan beban, berjalan, yoga, menari, panjat tebing, berenang, dll. Setiap jenis olahraga ini bisa menghasilkan manfaat yang berbeda-beda bagi kesehatan tubuh kita. Yang perlu kita lakukan adalah memilih olahraga teratur mana yang cocok bagi tubuh kita tanpa mengganggu kegiatan kita yang lainnya.

Banyak manfaat yang kita dapatkan dari olahraga teratur. Berolahraga teratur tidak hanya untuk mengencangkan otot dan meningkatkan stamina tubuh. Ada banyak manfaat lain seperti efek psikologi yang disebabkan karenanya dan ini membuktikan bahwa berolahraga memiliki multi manfaat. Fakta-fakta berikut ini menunjukkan kebenaran dari manfaat berolahraga dan mudah-mudahan dengan anda mengetahui fakta-fakta ini, anda akan menyadari betapa pentingnya berolahraga dan tidak ada alasan bagi anda untuk tidak berolahraga.

  1. Berolahraga akan meningkatkan kapasitas otak anda: Menurut David Atkinson direktur dari Cooper Venture Development Program di Dallas Amerika Serikat, mengatakan: Berolahraga meningkatkan energi dan menambah sertonin dalam otak. Serotonin adalah hormon di otak yang berfungsi sebagai modulator kapasitas kerja otak yang mancakup pengatur stabilitas emosi, pemahaman dan nafsu makan. Sehingga, orang yang melakukan olahraga dengan jumlah cukup akan menemukan produktivitas mereka meningkat.
  2. Menggerakan tubuh membantu mencairkan stress anda: Berolahraga memberikan efek relaksasi yang baik untuk semua orang. Itu sebabnya, ketika seseorang mulai berlatih, dia akan segera mengetahui bahwa hal ini akan mengurangi stress dan membuatnya menjadi pribadi yang lebih bahagia.
  3. Berolahraga akan memberikan energi: Ketika endorphin dilepaskan ke dalam darah selama berolahraga, seseorang akan merasa lebih energik sepanjang hari. Endorphin adalah senya kimia dalam otak kita yang dapat membuat otak menjadi rileks.
  4. Tidak sulit mencari waktu untuk berolahraga: berolahraga dapat dilakukan dengan cara apa saja, misalnya dengan mengajak main buah hati anda di taman, melakukan tugas-tugas rumah, yang terpenting adalah anda menggerakkan tubuh anda.
  5. Berolahraga akan membina hubungan: Jika olahraga dilakukan bersama keluarga atau bersama orang terdekat (teman-teman) itu akan membuat lebih mendekatkan kita bersama orang-orang yang kita cintai.
  6. Berolahraga akan melawan penyakit: Penelitian menunjukkan bahwa berolahraga dapat memperlambat dan mencegah penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, kolesterol, diabtes, osteoporosis, dan banyak penyakit lainnya. Berolahraga bahkan bisa memperlambat proses penuaan dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik, setidaknya anda bisa mengurangi kemungkinan terkena penyakit flu dan penyakit umum lainnya.
  7. Berolahraga akan memompa jantung anda lebih baik: kata Todd A. Astorino dari California State University-San Marcos. Fungsi jantung dan sistem kardiovaskular bekerja lebih efektif dan ini dapat mengurangi plak dalam pembuluh darah (yang dapat mempersempit aliran darah) sehingga jantung akan memompa darah lebih baik. Jika jantung anda lebih kuat, masing-masing pompa akan memberikan sejumlah besar darah dan ini dapat memperlambat detak jantung anda.
  8. Berolahraga akan memperbaiki diet anda: Otot membakar lebih banyak kalori daripada lemak tubuh ketika anda sedang beristirahat. Dengan demikian, semakin banyak otot yang kita miliki, semakin baik metabolisme yang kita alami. Tentu pembakaran kalori tidak hanya terjadi ketika anda berada dalam kondisi berisitirahat, tetapi ketika berolahraga juga. Dengan tingkat metabolisme yang baik, seseorang dapat memiliki pola makan yang sehat. Selama tidak terlalu berlebihan, setiap makanan favorit dapat dikonsumsi.
  9. Berolahraga meningkatkan stamina anda: Setelah dilakuakn selama beberapa minggu secara konsisten, seseorang dapat merasakan perbedaan dalam tubuhnya. Otot-otot akan dapat bekerja efesien, lebih cepat bereaksi dan daya tahannya juga akan meningkat.
  10. Penurunan Berat Badan Bukan tujuan utama: Berolahraga memang menurunkan beberpaa kilo dari tubuh anda, namun manfaat dari berolahraga tidak hanya mencegah kelebihan berat badan. Menggunakan olahraga hanya sebagai alat untuk menurunkan berat badan tidak akan menjadi motivator yang kuat bagi seseorang untuk berhasil. Hal ini terjadi karena orang biasanya tidak sabar dan ingin melihat hasilnya dalam sekejap. Penurunan berat badan melalui olahraga tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat.
    Itulah mengapa motivasi dalam berolahraga tidak disarankan pada penurunan berat badan. Ada banyak tujuan yang lebih menggairahkan seperti merasakan hidup yang lebih baik, memiliki lebih banyak energi tidak peduli seberapa sibuknya anda. Ingat pepatah, “Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”.

Demikianlah, betapa pentingnya berolahraga dalam kehidupan kita sehari-hari. Mari tingkatkan pola hidup sehat kita dengan berolah raga.

Mungkin Anda Menyukai