Kesalahan Manusia Yang Bermanfaat

Menurut Pepatah Kesalahan adalah guru terbaik manusia, ketika kita mau jujur untuk mengakuinya dan bersedia belajar darinya, setiap manusia di muka bumi ini tak luput dari kesalahan karena tidak semua manusia sempurna dan kesempurnaan adalah milik Allah SWT. Beberapa kesalahan yang pernah dibuat manusia seringkali berujung pada kegagalan namun ada beberapa yang bermanfaat dan berguna hingga sekarang, berikut beberapa kesalahan yang bermanfaat yang kami kutip dari berbagai sumber.

1. Teh

 

 

Bangsa Cina telah minum teh selama 5000 tahun untuk kesihatan dan kenikmatan. Asal mula teh pada awalnya masih merupakan legenda. Salah satunya adalah cerita tentang Kaisar Shen Nung. Pada suatu hari, ketika Kaisar Shen Nung akan minum air mendidih, beberapa daun dari pohon yang menjuntai tertiup angin dan jatuh ke panci berisi air rebusan yang tak menyerupai air tersebut. Sang Kaisar ingin tahu dan memutuskan untuk mencicipi air rebusan yang tak menyerupai minuman tersebut. Kaisar pun merasakan air itu sedap dan menyihatkan tubuh.

2. Sandwich

 

 

 

Ketika John Montagu -yang merupakan Earl IV di kota Sandwich, Inggris- meminta daging diselipkan di potongan roti 250 tahun lalu, dia mungkin tidak menduga menu itu menjadi makanan global. Dia meminta jenis makanan itu supaya bisa makan sambil tetap meneruskan permainan kartu dan teman-teman main kartunya meminta ‘yang sama dengan Sandwich’ -merujuk kepada pesanan Earl IV Sandwich.
3. Microwave


Oven microwave ditemukan secara tidak sengaja oleh penemunya yaitu Percy Lebaron Spenser, yaitu seorang penemu besar Amerika yang sudah memiliki 120 hak paten atas penemuannya. Penemuannya ini dimulai saat dia masih bekerja di sebuah lembaga pertahanan Raytheon pada tahun 1945, pada waktu dia sedang meneliti kemampuan sebuah radar dan melewati sebuah radiator/Magnetron yang sedang bekerja tiba-tiba dia mendapati coklat yang ada di dalam saku celananya meleleh, dari situlah dia mulai melakukan penelitian tentang pemanfaatan gelombang mikro untuk memanaskan bahan makanan.

4. Permen Karet

 

Saat itu ada seorang pemimpin negara di Meksiko, bernama Jenderal Antonio Lopez de Santa Anna terpaksa melarikan diri ke Staten Island di New York. Ia membekal banyak sekali chicle,  yaitu getah pohon sawo. Chicle itu dibawanya untuk dikunyah-kunyah agar menghilangkan rasa takut atau stres.

Beberapa bulan kemudian, ia bisa kembali ke Meksiko, tapi ia meninggalkan chicle  tadi di laci mejanya. Nah, pada suatu hari, Thomas Adams mengotak-ngatik chicle  itu. Kebetulan, Adams adalah kenalan Jenderal Antonio Lopez de Santa Anna dan merupakan seorang ilmuwan.

5. Brownies
Ada seorang pemuda pembuat kue yang sedang mengalami krisis keuangan. Dia mempunyai seorang teman yang setiap pagi akan menjualkan kue2 buatannya. Pada hari itu, pemuda berencana membuat kue coklat, dan dibelinyalah bahan2 untuk kue coklat. Semalaman ia berkutat untuk membuat kue coklat nan lezat seperti tertera dalam resep kue coklat itu. Dan baru selesai jam 4 pagi. Tapi pemuda tersebut sangat kecewa dengan hasil akhir kue coklatnya yang berbeda hasilnya dengan yang disebutkan di dalam resep. Uangnya pun sudah habis untuk modal membuat kue lainnya. Teman si pemuda datang pagi-pagi seperti biasanya, dan dia mengira kue coklat bantat yang telah jadi, adalah kue untuk dijualnya hari itu. Tanpa sepengetahuan pemuda, temannya tetap pergi menjual kue-kue tadi. Para pelanggan sangat surprise dengan kue coklat hari itu, mereka mengira kue tersebut adalah resep baru. Banyak yang memesan untuk keesokan harinya. Dan selamatlah pemuda tersebut dari kebangkrutan karena banyak yang memesan kuenya.