Indah, Namun Menyeramkan

Membangun sebuah tempat berupa rumah gedung atau sebagainya pastinya membutuhkan dana yang lumayan besar, namun apa jadinya jika sebuah bangunan yang dulunya dibangun untuk tujuan wisata, taman hiburan yang begitu indah dan sekarang sudah ditinggalkan begitu saja dan terbengkalai.Indah, Tapi Merinding! Inilah 6 Tempat Terbengkalai Di Dunia yang Bikin Kamu Berkata “Wow”

1. Nara Dreamland di Jepang

Nara Dreamland dibangun pada tahun 1961 dan ditutup tahun 2006. Sekilas, Nara Dreamland tidak jauh berbeda dengan bekas theme park di Ukraina, paska tragedi Chernobyl. Hanya saja Nara Dreamland tidak ditutup karena terkena radiasi nuklir, namun ditutup karena kalah bersaing dengan Universal Studio Jepang.

Dari kejauhan, siapa pun dapat melihat bekas roller coaster di Nara Dreamland. Adapun kondisinya yang tak terawat, lebih terlihat seperti tempat berhantu dari kejauhan. Rasanya sulit dipercaya kalau dulu Nara Dreamland merupakan tempat yang menyenangkan untuk rekreasi.

Menjelang penutupannya, Nara Dreamland sangat sepi, namun pengunjung masih dapat mendengar musik khas yang mengalir saat itu. Cocok sekali untuk setting film horror.

Walau sekarang Nara Dreamland telah ditutup, tapi sejumlah turis yang penasaran dengan kehororannya masih suka datang untuk melihat langsung. Ada yang datang saat tengah malam untuk menghindari penjaga, ada yang sembunyi-sembunyi. Tapi yang terpenting selalu hati-hati, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

2. Salto Hotel, Kolombia

 

Salto Hotel dibuka pada 1928, hotel yang dulunya banyak dikunjungi turis ini perlahan-lahan menjadi sepi pengunjung, dan akhirnya Salto Hotel ditutup pada 1990-an. Warga setempat percaya hotel ini berhantu, karena banyaknya kasus bunuh diri di dekat air terjun. Meski begitu, Salto Hotel kini dibuka sebagai museum.

Pemandangan hotel ini terlihat indah, bertengger di sisi bukit, bersebelahan dengan air terjun di dekat Kota Bogota, sebuah hotel yang dulu cukup terkenal di kalangan wisatawan.

 

 

3. Craco, Italia

Di Basilicata, Italia terdapat sebuah Kota yang bernama Craco. Pada tahun 540, orang Yunani menempati kota ini dan membangun beberapa gedung. Antara lain penjara, universitas, dan alun-alun.

Craco mulai ditinggalan penduduknya karena kondisi lahan pertanian yang kering dan adanya gempa bumi. Kota ini terbengkalai total pada 1959-1972, karena adanya longsor. Craco masih terbengkalai sampai sekarang, namun menjadi tempat syuting beberapa film salah satunya ‘The Passion of the Christ’.

 

4. Hashima, Jepang

Pulau Hashima berlokasi di lepas pantai Kota Nagasaki, Jepang, pulau ini seluruh bangunannya terbengkalai.Pulau Hashima juga dikenal sebagai Gunkanjima yang berarti ‘Battleship Island’. Sering disebut juga, Ghost Island alias Pulau Hantu.

Hampir seabad lamanya, dari 1887-1974, pulau ini jadi sentra tambang batu bara. Ribuan pekerja hidup di pulau ini. Perusahaan raksasa Mitsubishi membeli pulau ini pada 1890, dan membuat gedung pencakar langit besar pertama di Jepang yang punya 9 lantai. Pada 1959, populasinya 5.259 orang. Pulau seluas 6,3 hektar ini menjadi salah satu yang paling padat penduduknya. Namun saat tambang batu bara ditutup, Pulau Hashima pun terbengkalai. Banyak pihak mengatakan, pulau ini sekarang berhantu.

5. Wonderland Amusement Park outside Beijing, China

Wonderland adalah sebuah proyek konstruksi taman hiburan terbengkalai yang terletak di desa Chenzhuang, kota Nankou, Distrik Changping, Republik Rakyat Cina, sekitar 20 mil (32 kilometer) di luar Beijing. Awalnya diusulkan oleh perusahaan properti asalah Thailand berbasis pengembang Reignwood Group, dan dirancang untuk menjadi taman hiburan terbesar di Asia (seluas 120 hektar (49 ha)), konstruksi berhenti pada tahun 1998 karena masalah keuangan dan dengan pejabat setempat, upaya untuk memulainya di tahun 2008 juga gagal. Tempat ini meninggalkan struktur yang belum selesai, termasuk kerangka kerja dari sebuah bangunan benteng dan bangunan luar abad pertengahan, sedang direklamasi oleh petani setempat.

6. Kalavantin Durg near Panvel, India

Menurut cerita benteng ini dibangun untuk Ratu bernama Kalavantin. Anak tangga yang menuju ke arah benteng di buat dengan memotong ke dalam permukaan batu bukit. Dari puncak bukit ini Anda dapat melihat Matheran, Chanderi, Peb, Ershal, dan Benteng Karnala , dan juga kota Mumbai. Selalunya Para Tetua desa di sekitar mengamati kemeriahan upacara pada setiap perayaa upacara kegamaan umat hindu india yakni Festival Holi melalui bagian atas Benteng Kalavantin ini.mereka ini memiliki hubungan panjang dengan benteng ini dan telah menjadi bagian dari warisan mereka.

Itulah beberapa bangunan yang terbengkalai menurut cerita jika sudah 40 hari ditinggalkan dan tidak berpenghuni akan disii oleh mahluk gaib (ihh…serem) apalago hati orang. Sampai bertemu di postingan berikutnya semoga hari anda menyenangkan.