Penyebab SAKIT GIGI

Sakit yang paling tidak enak dirasa adalah sakit gigi! Sebab ketika anda merasakan ngilu di gigi anda, semua rasa normal pada organ lain juga merasakan sakit. Kepala menjadi pening, pikiran jadi kacau, pandangan jadi kabur. Padahal masalah utamanya adalah sakit gigi.

sakit gigi bisa dikatakan menjadi salah satu penyakit yang memasyarakat. Hal ini tidak lain karena sakit gigi umumnya pernah bahkan sering dialami oleh sebagian orang. Tidak hanya menyiksa, tetapi juga rasa sakit yang teramat sangat akibat sakit gigi dan umumnya ditandai oleh pembengkakan pada pipi ini terkadang membuat pekerjaan seseorang menjadi terbengkalai. Apa yang menjadi penyebab dari sakit gigi?

  1. Gigi rusak
    Hal ini merupakan masalah yang paling umum diderita para orang-orang yang mengeluhkan sakit gigi. Adanya lubang yang menembus emai gigi sampai pada lapisan dalam gigi. Adanya rongga tersebut membuat sensitifitas pada gigi meningkat. Akhirnya menjadi sangat mudah sakit. Adanya gigi berlubang mampu memicu infeksi. Bahkan sampaimematikan jaringan pulpa. Beberapa sampat sampai bernanah. Anda akan mengurangi bicara anda. Sebab rasa sakit ini juga akan semakin nyeri ketika anda mencoba bicara. Kepala anda juga terasa pening. Sehingga menjadi malas melakukan kegiatan atau aktifitas.
  2. Gusi radang
    Adanya radang gusi biasanya karena terjadi infeksi. Hal ini mampu menyebabkan gusi menjadi merah, lalu membengkak. Bahkan parahnya sampai berdarah. Biasanya yang menjadi masalah adalah radang bukan hanya pada gusi, namun juga tulang gigi yang menyebabkan bengkak pada jaringan penyongkomg gigi. Pembengkakan gusi biasa disebut gingivitis.
  3. Gigi yang Erosi
    Gigi surut (erosi / abrasi gigi) gusi terjadi biasanya karena anda menyikat gigi namun dengan cara yang salah. Sehingga membuat akar bawah gigi terbuka. Karena tak ada pelindung di bagian akar gigi bawah, hal ini menjadikan ia lebih sensitive. Apalagi jika berkontakan langsung dengan makanan panas, dingin, dan asam. Menurut penelitian bahwa asam pada makanan atau minuman mampu mengikis akar gigi. Sehingga memperburuk kondisi sensitifitas gigi.
  4. Tumbuh Molar 3
    Salah satu paling banyak orang merasakan sakit adalah saat pertumbuhan gigi terakhir. Gigi molar 3 yang mau keluar memang membuat nyeri. Sebab tempat untuk ia keluar sudah tidak ada, namun ia dipaksa harus keluar. Sehingga ia terpaksa tumbuh dengan menekan gigi disampingnya. Hal inilah yang membuat nyeri pada gigi.

    Karena pertumbuhanya juga lumayan lama, letak gigi geraham bungsu juga paling ujung. Sulit dijangkau untuk dibersihkan. Hal ini memicu bakteri untuk tumbuh berkembang biak yang meningkatkan adanya resiko pada gusi dan gigi.

  5. Perawatan dengan Kawat
    Fungsi anda menggunakan kawat gigi memang untuk meratakan tampilan gigi. Karena pada awalnya gigi anda belum rata, jadi ketika dilakukan perataan (ortodentik) terjadi penyesuaian yang menyebabkan sakit.

    Selain itu menggunakan kawat gigi mampu memicu bakteri tumbuh. Sebab keadaan bawah kawat gigi atau bagian logamnya sangat sulit dijangkau untuk dibersihkan. Akibatnya tumbuhlah karang yang mampu merusak gigi anda.

  6. Jarang membersihkan gigi
    Kebiasaan buruk orang-orang adalah malas untuk membersihkan giginya. Apalagi yang pulang kerja malam, karena terlalu letih akhirnya tertidur. Factor ini menjadi pemicu seseorang mengalami sakit gigi. Bakteri yang menumpuk pada sisa makanan tidak dibersihkan. Sehingga menjadikan kerusakan gigi yang parah dan akhirnya menjadi rapuh. Untuk itu biasakan minimal menggosok gigi dua kali sehari.
  7. Makanan manis
    Memakan makanan manis juga mendorong kemungkinan seseorang untuk sakit gigi. Kondisi manis lebih memicu bakteri untuk datang dan tinggal menetap di sarang. Sehingga jika anda tidak segera membersihkan, bakteri tersebut semakin banyak. Bahkan mampu merusak gigi anda. Solusinya dengan mengurangi makanan manis dan yang mengandung tepung.
  8. Gigi Berlubang

    Penyebab sakit gigi paling umum adalah gigi berlubang, gigi yang memiliki lubang cenderung memiliki kuman dan bakteri yang dapat merusak dan menyebabkan sakit gigi. Penyebab gigi berlubang ini biasanya adalah kebiasaan konsumsi makanan manis. Bahaya minum soda juga dapat menyebabkan gigi berlubang.