Inemuri, Seni Tidur dari Jepang

Image result for inemuri adalahJepang merupakan negara yang terkenal dengan kesibukannya, hampir seluruh penduduk negara ini bekerja dan memiliki jam kerja yang cukup padat. Hampir setiap hari orang-orang negeri sakura ini memiliki kesibukan yang sangat luar biasa sehingga jam tidur mereka berkurang.

Karena hal inilah maka penduduk Jepang memiliki kebiasaan unik yang tidak dapat dijumpai di negara lainnya, yaitu Inemuri.

Inemuri merupakan kebiasaan orang Jepang yang unik yaitu tidur siang yang dilakukan dalam sela-sela waktu aktivitas untuk memaksimalkan waktu istirahat. Sebagian besar orang Jepang tidak memiliki banyak waktu untuk tidur atau istirahat karena sebagian besar waktu mereka tersita dengan pekerjaan menumpuk di kantor.

Inilah beberapa hal yang membuat Inemuri sangatlah unik.

Bebas tidur di mana saja

Image result for inemuri adalah
Inemuri, bisa dilakukan di mana saja Anda mau. Mulai di meja kerja, kereta, bus, hingga di tangga darurat gedung kantor. Mereka melakukan ini karena kebiasaan bekerja keras yang sudah populer sejak tahun 1980-an di Jepang. Para pekerja lebih senang berangkat lebih pagi, pulang lebih malam dan memiliki waktu yang lebih sedikit untuk tidur. Untuk itulah, mereka sering sekali tertidur kala kerja atau kala berangkat ke kantor.

Dihargai sebagai pekerja keras

Image result for kehidupan kerja di jepang
Tidak ada pandangan negatif yang diberikan pada pekerja yang melakukan Inemuri. Mereka dianggap sebagai seorang yang bekerja keras hingga wajar saja untuk tidur di ruangan kerja.

Masyarakat memakluminya

Image result for inemuri adalah
Orang-orang Jepang memberikan toleransi yang sangat tinggi ketika ada yang melakukan Inemuri di berbagai tempat. Hal ini terlihat pada arti karakter kanji dari Inemuri yaitu “I” yang berarti hadir, dan “Nemuri” yang berarti tidur. Sehingga Inemuri bukan dipandang sebagai kegiatan malas-malasan, tapi berbakti kepada perusahaan yang menghidupi mereka.

Bila Anda berkunjung ke Jepang dan menemukan orang-orang yang tertidur dengan seragam lengkap dan membawa tas kantor, jangan tertawa dulu. Percayalah, mereka bukan sedang tidur, tapi sedang melakukan Inemuri dalam perjalanan pulang mereka.

Mungkin Anda Menyukai