Tokoh-Tokoh Meme yang Sering Dipakai

Siapa sih yang tidak tertarik dengan kepopuleran meme yang berkembang di dunia maya. Bukan cuma sekedar bisa menjadi penikmat, kita bahkan bisa membuat meme sendiri dengan memanfaatkan template gambar yang sudah tersedia.

Meme (biasa dibaca mim) adalah neologi yang dikenal sebagai karakter dari budaya, yang termasuk di dalamnya yaitu gagasan, perasaan, ataupun perilaku (tindakan). Berikut merupakan contoh meme: gagasan, ide, teori, penerapan, kebiasaan, lagu, tarian dan suasana hati. Meme dapat bereplikasi dengan sendirinya (dalam bentuk peniruan) dan membentuk suatu budaya, cara seperti ini mirip dengan penyebaran virus (tetapi dalam hal ini terjadi di ranah budaya). Sebagai unit terkecil dari evolusi budaya, dalam beberapa sudut pandang meme serupa dengen gen. Richard Dawkins, dalam bukunya The Selfish Gene, menceritakan apa dan bagaimana dia menggunakan istilah meme untuk menceritakan bagaimana prinsip darwinian untuk menjelaskan penyebaran ide ataupun fenomena budaya. Dawkins juga memberi contoh meme yaitu nada, kaitan dari susunan kata, kepercayaan, gaya berpakaian dan perkembangan teknologi.

Diantara banyaknya karakter meme populer, ada beberapa yang diambil dari profil manusia bukan hanya grafis karangan seperti karakter Derp, Me Gusta, Forever Alone dan lain lain. Nah kali ini kita akan membahas beberapa karakter meme profil yang paling populer baik di luar maupun di dalam negeri.

1. Bitch Please


Meme bitch please menggunakan karakter seorang pebasket asal China, Yao Ming yang kala itu tengah tertawa terbahak-bahak di sebuah konferensi pers tahun 2009. Meme ini biasanya digunakan untuk mengungkapkan sesuatu yang dianggap “wah” namun dengan senyum yang menyindir. Selain itu, karakter ini juga digunakan untuk menyimbolkan ketidakberdayaan atau rasa jijik terhadap sesuatu.

2. Bad Luck Brian


Bad luck Brian adalah meme yang terdiri dari foto seorang anak remaja dengan tampang yang agak nerdy. Dengan kawat gigi, kemeja biru dipadu sweater merah dan senyum yang tampak dipaksakan, karakter bad luck Brian digambarkan sebagai orang paling sial di dunia. Kasian sekali ya karakter ini.

3. You Don’t Say


Meme lucu yang satu ini menggunakan karakter wajah Nicholas Cage dalam film Vampire Kiss. Untuk mengungkapkan rasa sarkastik terhadap suatu pertanyaan yang tidak perlu dijawab atau sudah diketahui jawabannya, wajah Nicholas Cage dengan mimik yang lucu menjadi daya tarik pada jenis meme yang satu ini.

4. Mad Dog


Aktor laga Indonesia, Yayan Ruhiyan adalah tokoh yang ada dibalik penggambaran meme maddog. Berawal dari kalimat “kurang greget” yang dilontarkan Yayan saat adegan melawan sersan di film The Raid, kalimat tersebut kemudian menjadi populer di dunia meme Indonesia.

Penggambaran meme maddog digunakan untuk melukiskan sesuatu yang terasa janggal, mustahil atau membuat jantung berdebar-debar, misalnya “ke sekolah berangkatnya sambil koprol biar greget” atau “makan bakso dikasih taburan paku biar greget”. Ada-ada saja yang karakter meme yang satu ini.

5. Amin the Richman


Panjang ceritanya mengapa Amin yang tadinya orang miskin bisa menjelma menjadi orang kaya baru. Setelah menolong kakek-kakek yang ingin menyebrang, sang kakek lantas meninggal dan mewariskan harta melimpah pada Amin. Jadilah Amin menjelma menjadi orang kaya baru yang sombong, angkuh dan seakan tidak mau diganggu oleh orang lain.

Penggambaran tokoh Amin sangat unik dan bisa membuat kita tersenyum. Seorang pria dengan tubuh agak berisi sedang memeluk dada sambil menggunakan headset. Mimik wajah yang tampak agak angkuh juga mendukung kalimat-kalimat yang digunakan pada meme Amin the richman. Rasanya seperti tidak ada yang bisa menandingi kekayaan Amin the richman, deh.

 

6. Briptu Dewi Sri Mulyani


Tokoh meme asli Indonesia yang satu ini sedang menjadi meme populer di Indonesia. Karakter meme ini diadaptasi Briptu Dewi Sri Mulyani merupakan polisi wanita dengan ekspresi muka sedih yang khas. Awalnya acara di salah satu televisi swasta di Indonesia menayangkan investigasi tentang masalah kriminal yang marak terjadi di tengah masyarakat. Acara tersebut biasanya dilengkapi dengan prolog dari para polisi yang bergabung dalam tim investigasi. Dari adegan prolog itulah meme briptu Dewi mulai hits dan digunakan oleh para netizen.

Biasanya meme Briptu Dewi dikenal dengan kalimat “disitu kadang saya merasa sedih” untuk menggambarkan situasi yang tidak menyenangkan atau kemalangan yang sedang terjadi. Contoh kalimat pada meme briptu Dewi misalnya “Ketika akhir bulan, bensin motor habis, disitu saya merasa sedih”.  dan masih banyak lainnya.