Evolusi Logo Honda

Perubahan Logo Honda
Honda Motor Company, Ltd. merupakan salah satu produsen kendaraan asal jepang yang didirikan oleh Soichiro Honda pada 24 September 1948. Sejak ia memproduksi sepeda motor, perusahaan ini menjadi produsen terbesar di dunia pada tahun 1959. Selain memproduksi sepeda motor perusahaan ini juga merupakan pabrikan mobil terbesar keenam di dunia.

Kesuksesannya yang membumbung tinggi sejak berdiri, mengingatkan akan salah satu simbol sayap yang dijadikan logo perusahaan ini. Logo Honda muncul pertama kali pada tahun 1948 saat Soichiro terinspirasi dengan sosok mitologi Yunani Dewi Nike yang digambarkan sebagai dewi kemenangan. Soichiro menggunakan sayap Kemenangan ini untuk memperkuat simbol dari  produk pertamanya yang dikenal dengan motor Honda tipe-A

Logo Honda pertama tahun 1948

Sukes menjual produk pertamanya, perusahaan ini kemudian memproduksi kembali kendaraan tipe-B dengan kapasitas 90cc dan juga menyempurnakan bentuk logonya sehingga sosok Dewi Kemenangan lebih terlihat jelas. Warna logo dibuat lebih cerah dengan menambahkan elemen warna merah pada huruf Honda.

logo Honda 1948

Sebagai perusahaan yang selalu berinovasi, pada tahun 1953 Honda mengeluarkan produk terbarunya berupa motor 90cc <em>four-stroke</em> yang saat itu dikenal dengan merek Benly. Dalam peluncuran produk barunya tersebut Honda juga meraup sukses besar, setiap bulannya ia berhasil menjual 1000 unit sepeda motor. Dalam kendaraan ini perusahaan menggunakan logo berbentuk dua sayap yang seimbang.


Logo honda Benly 1953

Tak hanya sukses di pasaran Jepang, di tahun 1959 Honda menjadi kendaraan terlaris di dunia, Tipe-C100 Super Cub  terjual sebanyak 30 juta unit. Kendaraan tipe-C ini mampu bertahan hingga 25 tahun, perubahan tidak begitu signifikan dan hingga kini kendaraan tersebut kadang masih kita jumpai dijalanan di Indonesia.


Kendaraan Honda Tipe C50 produksi tahun 1958

Laris dengan penjualan model Super Cup, perusahaan ini kemudian memperkenalkan lagi produk barunya pada tahun 1968 naked biked yang dikenal dengan<em>Superbike</em>, 750cc, empat silinder yang disebut Honda CB750 Four. Di tahun tersebut bentuk logo dirubah menjadi satu sayap ditambah bentuk lingkaran yang ditengahnya terdapat tulisan HM.


Logo Honda 1968

Setahun kemudian (1969) logo HM ini disempurnakan dengan menyederhanakan bentuk sayapnya. Logo baru tersebut kemudian digunakan selama empat tahun hingga 1973.


Logo Honda 1969-1973

Sejak tahun 1973, perusahaan kendaraan ini kembali memunculkan nama mereknya dalam logonya, yang sebelumnya sempat dihilangkan dan hanya diganti dengan lingkaran bertuliskan HM. Bentuk logo baru ini digunakan selama 15 tahun hiingga tahun 1988.


logo honda tahun 1973

Honda memang tak pernah lelah bereksperimen terhadap produk maupun logonya. Masih menggunakan bentuk logo yang sama, pada tahun 1985 perusahaan motor terbesar ini juga mencoba peruntungan menambahkan dua warna pada logonya. Logo yang warna-warni ini memunculkan kesan lebih meriah dari logo-logo sebelumnya.


Logo tahun 1985

Pada hari ulang tahun Honda yang ke-40 tepatnya 24 September 1988, perusahaan ini menyelenggarakan acara spesial peluncuran logo baru. Logo baru tersebut memiliki bentuk yang lebih sederhana dan elegan. Warna merah menjadi pilihan untuk membalut sayap kemenangan Dewi Nike. Logo inilah yang sering kita jumpai hingga saat ini.


Logo Honda tahun 1988-sekarang

Mimpi besar akan sebuah kemenangan yang dimiliki Soichiro Honda ternyata bisa menjadi kenyataan. Dari situlah kita bisa belajar, mari terus berproses dan selalu berinovasi untuk menggapai mimpi..