10 Tips Browsing di Internet

10 Tips Browsing di Internet

bacakata.cm – 10 Tips Browsing di Internet. Berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk mencari data atau informasi di internet? Atau berapa jam waktu yang kamu butuhkan untuk berselancar di internet?

Tahukah kamu bahwa kamu perlu mempunyai perencanaan atau planning terlebih dahulu agar dalam mencari data atau informasi kamu lebih hemat dalam penggunaan dan tentu saja akan lebih efisien. Berikut disajikan tips browsing di internet. Kecepatan akses adalah bagian utama dari kiat tersendiri untuk memaksimalkan penggunaan internet. Di bawah ini adalah 10 tips yang dapat dijadikan ancuan saat melakukan browsing internet.

10 Tips Browsing di Internet

  1. Pengaturan Cache

Manfaatkanlah drain cache, mungkin saja langkah ini belum pernah dilakukan. Karena pada saat kamu mengunjungi salah satu halaman web, data tersebut selalu disimpan pada sebuah cache (penyimpan data sementara) pada hardisk. Kemudian bila kamu membuka kembali halaman tersebut, maka data tersebut akan selalu ditambahkan pada cache dan browser akan menampilkan halaman cache yang lebih bagus dibanding melakukan copy download dari web server. Untuk           pengguna Microsoft Internet Explorer (IE), langkah-langkah untuk menghapus chace adalah sebagai   berikut.

a. Pilih menu Tool, pilih Internet Options.

b. Pada kotak dialog, pilih General kemudian lihat submenu Temporary Internet Files.

c. Klik tombol Delete Files.

d. Penggunaan History

Pada data halaman web yang terdapat pada cache tersimpan rekaman daftar nama dan URL       (Universal Resource Locator; Internet address) di setiap site yang dikunjungi. Kamu dapat menggunakan daftar history untuk kembali   secara langsung pada site tersebut. Untuk menghapus history pada Internet Explorer caranya klik Tools, pilih Internet Options, pilih General Tab dan klik tombol Clear History.

  1. Time Out
Baca Juga :   Xiaomi Mi 11 Lite Di Indonesia Dibanderol mulai Dari Rp 3,7 Jutaan

Banyak ISP (Internet Service Provider) yang menggunakan sistem monitoring untuk otomatisasi disconnect dial-up connections. Hal ini dilakukan ISP untuk memuat pesan yang terbaru setiap 20 menit. Pesan tersebut dapat berupa berita ataupun e-mail. Bila kamu tetap aktif, biasanya akan terjadi pemisahan (disruptive) antara site yang aktif tersebut dengan site yang telah direvisi ISP setiap 20 menit sekali. Dengan begitu kamu selalu melakukan refresh.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa mengatur aplikasi e-mail agar melakukan checking setiap 10 atau 15 menit sekali. Pada Internet Explorer, pengaturan dapat dilakukan pada dialog box Internet Options dan cari pilihan check for new messages every-minutes.

  1. Keamanan

Untuk Internet Explorer, kamu dapat melakukan setting konfigurasi security. Kamu dapat memilih dari low, medium-low, medium, dan high setting security, untuk mendapatkan full security kamu dapat memilih setting high. Bila tidak ingin menggunakan full security, kamu dapat menggunakan setting low dan medium.

  1. Manfaatkan Bookmark

Untuk meningkatkan efisiensi pada saat online, kamu dapat menggunakan katalog dan memindahkan bookmark yang berisi website favorit di dalam folder tertentu. Untuk memuat bookmark pada Internet Explorer, bukalah menu Favorites, klik Organize Favorites. Pada kotak dialog selanjutnya, klik tombol Create Folder, isi nama folder, kemudian klik Close.

  1. Proteksi

Usahakan setiap masuk situs tertentu kamu harus melengkapi sebuah user name dan password. Untuk memasukkan sebuah password dan user name memang sangat mudah, di mana kamu tinggal mengetikkan saja. Biasanya sebuah sistem bekerja dengan bagus untuk melakukan proteksi pada data. Tetapi yang lebih penting adalah bila kamu memasukkan juga data-data lain yang lebih penting, seperti nomor credit card. Gunakanlah sebuah password yang unik, seperti menggabungkan atau mengkombinasikan antara huruf besar dan kecil serta angka guna mendapatkan proteksi yang maksimal.

  1. Start Up

Aturlah aplikasi internet pada posisi default, untuk menghindari kekacauan pada saat start up aplikasi internet. Bila kamu menggunakan Netscape Communicator dapat dilakukan setting konfigurasi aplikasi e-mail, kalender, atau HTML guna membuka aplikasi secara default. Pada dialog box Preferences, sorot kategori Appearances dan kamu akan melihat satu daftar aplikasi communicator yang ditampilkan pada area on startup launch. Pilih Option Navigator pada default. Untuk merubahnya, klik Option Navigator untuk men-deselectnya, klik option yang kamu inginkan (messenger, composer, atau calendar) sebagai aplikasi internet default, klik OK. Sekarang kamu telah membuat satu aplikasi default untuk internet.

  1. Menambah Toolbar
Baca Juga :   Inilah Spesifikasi Serta Harga HP Infinix Note 8 Harga 2 Jutaan Spek Gaming !

Pada Internet Explorer, user diizinkan untuk menambahkan tombol pada toolbar standar, di mana pada toolbar tersebut terdapat tombol yang menjadi default untuk standar toolbar, seperti back, forward, stop, reload, dan print.

Untuk menambahkan tombol tersebut, kamu dapat melakukan right-click pada area toolbar yang kosong, pilih Customized pada pop up menu. Kemudian akan ditampilkan dialog box Customize Toolbar, pilihlah tombol yang sering atau yang selalu kamu butuhkan, klik Close. Bila kamu ingin mengembalikan seperti semula (setting default toolbar), klik tombol Reset.

  1. Menghindari Spam

Spam adalah yang paling tidak disukai pada saat membuka e-mail. Meskipun sekarang banyak software-software untuk menghilangkan spam, tetapi belum juga tampak tingkat efektivitasnya. Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan dua alamat e-mail.

Kamu bisa saja membuat banyak e-mail, tetapi mungkin bisa membingungkan kamu sendiri. Sebaiknya gunakanlah alamat e-mail sebagai alternatif. Misal untuk e-mail pertama kamu menggunakan aplikasi mail Yahoo (http://www.yahoo.com/), excite (http://www.excite.com/), atau GO. Com (http://www.go.com/).

spam e-mail

Gunakanlah alamat e-mail yang kedua untuk berhubungan dengan siapa saja, tanpa terkecuali. Pasti pada alamat e-mail yang kedua akan banyak sekali terdapat spam. Untuk alamat e-mail yang utama, gunakanlah untuk berhubungan dengan teman, relasi, atau siapa saja yang kamu percaya.

  1. Akses Mobile

Dengan menggunakan perlengkapan yang bagus, kamu dapat mengakses web dari mana saja. Karena saat ini sebagian besar website telah memanfaatkan dan melengkapi dirinya dengan teknologi wireless, seperti pada yahoo mobile (http://mobile.yahoo.com/wireles/home) atau MSN mobile (http://mobile.msn.com/).

Dengan teknologi wireless berarti kamu dapat menghubungkan cellular phone, pager, atau pengendali komputer untuk mengambil informasi yang dibutuhkan. Untuk informasi yang lebih dalam mengenai akses wireless, kamu dapat mengunjungi Yahoo atau MSN (Microsoft Network).

Baca Juga :   Harga HP Xiaomi Mi Note 10 Terbaru Di Indonesia Serta Spesifikasi

 

Itulah 10 tips yang dapat dijadikan ancuan saat melakukan browsing internet antara lain: pengaturan cache, penggunaan history, mengindari time out, setting keamanan, memanfaatkan bookmark, menggunakan proteksi, mengatur aplikasi internet pada posisi default untuk menghindari kekacauan pada saat satrt up, menambah toolbar, menghindari spam, dan menggunakan akses mobile.

Semoga bermanfaat ya..