4 Cara Menjadi Penulis Lepas Profesional

Bagi Anda yang ingin menjadi seorang penulis lepas, setidaknya ada 4 cara menjadi penulis lepas yang bisa Anda ikuti. Caranya pun tidaklah sulit dan sebenarnya bisa dilakukan oleh siapapun yang memiliki tekad menjadi penulis lepas. Lantas, apa sajakah cara-caranya? Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga : Begini Cara Menyesuaikan Ukuran Foto Instagram

4 Cara menjadi Penulis Lepas

Untuk menjadi penulis lepas, Anda bisa mengikuti 4 cara menjadi penulis lepas berikut ini. Cara berikut ini adalah cara termudah untuk menjadi penulis lepas yang profesional dan menghasilkan uang.

1. Menguasai 3 skill utama

Cara menjadi penulis lepas yang pertama yaitu Anda harus menguasai 3 skill utama untuk menjadi penulis lepas. Skill yang pertama yaitu skill menulis. Seorang penulis lepas yang profesional harus mengetahui tentang teknik dasar menulis. Khususnya pengetahui tentang bagaimana cara menyusun kalimat yang mudah dipahami dan sesuai dengan EYD serta tidak bertele-tele.

Selanjutnya, seorang penulis juga harus bisa menulis dengan beragam gaya tulisan, seperti gaya tulisan baik santai, formal, dan semi-formal. Penulis lepas juga harus paham tentang struktur penulisan, seperti heading 2, heading 3, sub judul dan lainnya.

Skill selanjutnya yang dibutuhkan oleh penulis lepas yaitu skill riset. Penulis lepas harus pintar dalam melakukan riset bahan tulisan. Hal ini karena tidak semua job artikel dari klien sesuai dengan bidang yang Anda tekuni.

Menguasi tentang SEO (Search Engine Optimization) juga merupakan skill dasar yang harus dikuasai oleh penulis lepas. SEO adalah optimasi website agar konten dapat muncul di peringkat teratas pada hasil pencarian. Dengan belajar menulis artikel SEO, maka Anda akan mendapatkan nilai tambahan sebagai seorang penulis lepas.

Baca Juga :   6 Drama Korea Action ini Tak Boleh Anda Lewatkan

2. Tentukan tarif jasa menulis Anda

Cara menjadi penulis lepas selanjutnya yaitu menentukan tarif atau harga dari jasa menulis Anda. Bagimana caranya? Sebaiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu tentang harga standar untuk jasa menulis artikel Bahasa Indonesia saat ini, begitu pula bagi Anda yang ingin menjadi penulis artikel dalam Bahasa Inggris.

Jika Anda sudah mendapatkan harga standar saat ini, maka Anda hanya perlu menyesuaikan tarif dengan harga tersebut. Seiring dengan banyaknya portofolio dan pengalaman yang Anda miliki, maka Anda bisa menaikkan harga tarif jasa menulis.

  1. Membuat portfolio

Cara menjadi penulis lepas bagi pemula yang selanjutnya yaitu membangun protofolio. Portofolio merupakan salah satu kunci untuk menjadi penulis lepas yang profesional dan bayaran yang lumayan. Pada intinya, semakin banyak portofolio yang Anda miliki, maka semakin tinggi pula bayaran Anda. Namun, perlu digarisbawahi bahwa bahwa tidak setiap portofolio memiliki nilai yang sama.

Sebagai contoh, menulis di blog atau website biasa bisa jadi tidak memberikan nilai tambah yang banyak untuk portofolio menulis Anda. Sebaliknya, jika Anda memiliki portfolio menulis di situs besar, maka akan memberikan nilai tambah yang tinggi. Oleh karena itu, penting untuk memiliki pengalaman menulis di website besar dan terkenal.

  1. Mendaftarkan dan menawarkan jasa menulis di situs freelance

Tahap selanjutnya untuk menjadi penulis lepas yaitu mendaftarkan dan menawarkan jasa menulis di situs freelance. Untuk memperluas jaringan, Anda bisa bergabung dengan situs lowongan penulis freelance 2021 luar negeri seperti Fiver, Upwork, dan Freelancer untuk mencari lowongan penulis lepas. Darftarkan diri Anda dan mulai tawarkan jasa menulis di situs tersebut atau mencari lowongan penulis artikel.

Baca Juga :   5 Aplikasi Screen Recorder for PC yang Perlu Anda Pertimbangkan 2021

Jika ingin bergabung di situs freelance dalam negeri, Anda bisa bergabung di situs penulis lepas seperti Sribulancer.com, Projects.co.id, dan Fastwork.id.

Nah, itulah cara menjadi penulis lepas yang bisa Anda ikuti. Tekuni bidang ini dengan sungguh-sungguh agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga berhasil, ya!.

Tinggalkan komentar