5 Aplikasi Screen Recorder for PC yang Perlu Anda Pertimbangkan 2021

Aplikasi Screen Recorder for PC

Di era pandemi ini, Kita dituntut untuk melaksanakan banyak kegiatan secara virtual, misalnya berdiskusi, rapat, atau bahkan menempuh kelas pendidikan. Kebijakan pembatasan dari pemerintah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satu kelebihan ialah, Anda dapat lebih mudah mendokumentasikan berbagai kegiatan tersebut melalui screen recorder for PC.

Pada satu sisi, kemudahan ini memberikan keringanan biaya operasional ataupun transportasi untuk mendokumentasikan sebuah kegiatan. Tentu saja dengan syarat, Anda harus memiliki perangkat screen recorder for PC yang mumpuni agar rekaman kegiatan melalui platform virtual tersebut menghasilkan video berkualitas pula.

Baca Juga : 5 Situs Streaming Anime Recommended 2021

Aplikasi Screen Recorder for PC

Rekomendasi Aplikasi Screen Recorder for PC 2021

Selain kebutuhan mendokumentasikan suatu kegiatan virtual, screen recorder for PC juga sering diperlukan untuk kegiatan membuat konten Youtube (game / tutorial), memenuhi tugas sekolah, atau melakukan presentasi. Jika Anda masih merasa bingung memilih aplikasi perekam layar dengan kualitas terbaik, berikut rekomendasinya:

1.      TinyTake

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan nama aplikasi screen recorder PC yang satu ini. TinyTake merupakan aplikasi perekam layar buatan MangoApps yang dapat Anda gunakan secara gratis. Namun begitu, aplikasi ini memiliki beragam fitur yang bisa sangat membantu Anda menghasilkan video berkualitas.

Salah satu kekurangan dari screen recorder for PC ini, meskipun tersedia dalam mode gratis, waktu merekam Anda sangat terbatas yakni 5 menit saja. Untuk merekam layar hingga durasi 120 menit, Anda harus berlangganan TinyTake versi berbayar terlebih dahulu. Terlepas dari itu, aplikasi ini cukup simple sehingga cocok untuk pemula.

Baca Juga :   Begini Cara Menyesuaikan Ukuran Foto Instagram

2.      Open Broadcaster Software (OBS Studio)

Anda ingin menggunakan Screen recorder PC tanpa watermark secara gratis        melalui aplikasi? Jawabannya adalah OBS Studio. Salah satu keistimewaan           aplikasi ini dibandingkan aplikasi perekam layar lainnya tentu saja ketiadaan               watermark pada hasil video. Bagi sebagian besar orang, watermark aplikasi   memang dianggap mengganggu atau merusak estetika video.

Terkait kualitas, OBS tak perlu diragukan. Perangkat ini dapat menghasilkan video rekaman layar dalam performa HD. Adapun kekurangan dari aplikasi ini            adalah tampilannya yang lebih rumit dan mungkin menimbulkan kesulitan bagi               pemula. Tentu tidak menjadi alasan bagi Anda untuk tak mencoba, bukan?

3.      WM Capture

Screen recorder PC gratis selanjutnya yakni WM Capture. Aplikasi ini memiliki kelebihan yaitu dapat merekam bagian tertentu pada layar sehingga tidak secara otomatis menyorot keseluruhan bagian. Selain itu, WM juga menyediakan fitur schedule recording untuk menjalankan proses merekam secara otomatis pada jadwal tertentu.

Tentu fitur schedule recording ini belum terdapat pada aplikasi lain sehingga menjadi keunggulan khas pada WM capture. Adapun kekurangan aplikasi ini adalah belum memiliki fasilitas live streaming. Sehingga Anda hanya bisa menggunakannya untuk video non-streaming saja.

4.      Action

Aplikasi Action terkenal sebagai screen recorder PC windows 7 yang memiliki fitur live streaming serta screnshoot layar. Action tersedia dalam berbagai jenis Windows namun belum tersedia dalam versi Linux atau macOS. Action juga memiliki kemampuan video rekaman yang berkualitas HS atau 1080 Pixcel.

5.      XSplit Gamecaster

Membincang tentang screen recorder for PC yang satu ini memang identik dengan perangkatnya para youtuber gamers. Screen recorder ringan dan praktis ini memudahkan kegiatan tersebut tanpa membebani PC terlalu berat. Selain itu, tersedia pula fitur editing yang lumayan memadai.

Baca Juga :   Rekomendasi Anime Romance Terbaik, Dijamin Bikin Salting

Demikian 5 rekomendasi screen recorder for PC yang patut Anda coba. Kini Anda dapat mempertimbangkan dengan baik aplikasi apa yang sebaiknya digunakan menurut kelebihan dan kekurangan masing-masing. jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.