Begini Cara Menyesuaikan Ukuran Foto Instagram

Cara Menyesuaikan Ukuran Foto Instagram

Dibandingkan platform-platform media sosial yang lain, ukuran foto instagram memang berbeda, baik secara panjang / luas gambar maupun kualitasnya. Sebagai platform yang dikenal sebagai ‘tempat’ nya foto-foto aesthetic dan ‘instagramable’. Tentu Anda ingin menampilkan feed dengan cantik tanpa terpotong di salah satu sisi.

Pada tahun 2010, ketika pertama kali lahir, pihak Instagram memang mengenakan aturan terkait ukuran foto instagram yaitu 640×640. Ukuran foto yang melebihi ketentuan tersebut akan terpotong secara otomatis. Tentu hal ini sangat berdampak terhadap foto, selain sisinya terpotong, juga menyebabkan kualitas foto menjadi pecah.

Selain ukuran foto instagram, aturan batas maksimal juga berlaku untuk video yaitu square 1×1 berukuran 640×640. Pada saat itu, cara mengatur ukuran foto di instagram ialah dengan menggunakan aplikasi pendukung pihak ketiga yang berfungsi sebagai pengatur foto / video agar tidak terkena crop / pemotongan dari pihak Instagram.

Baca Juga : 5 Aplikasi Screen Recorder for PC yang Perlu Anda Pertimbangkan 2021

Seiring berjalannya waktu, teknologi semakin canggih dan Instagram mulai memperbaiki layanannya. Sejak tahun 2015, Instagram melakukan pembaruan sistem sekaligus peningkatan kualitas gambar yang dapat diupload. Ukuran baru tersebut tak tanggung-tanggung yakni mencapai resolusi 1080×1080 pixcel. Demikian pula dengan ukuran video.

Cara Menyesuaikan Ukuran Foto Instagram

Cara Mengatur Ukuran Foto Instagram agar Tidak Terpotong

Saat ini, menyesuaikan ukuran foto instagram merupakan perkara yang sangat mudah. Bahkan hanya dengan beberapa ketukan saja, Anda sudah dapat mengatur posisi foto atau video yang akan diposting dengan sesuai tanpa terpotong sedikitpun. Tanpa panjang lebar, langsung saja, berikut cara menyesuaikan ukuran foto di Instagram tanpa terpotong:

  1. Pilih foto yang akan Anda posting di feed Instagram
  2. Atur orientasi foto dengan mengklik tombol pilihan di bagian pojok kiri bawah. Fitur tersebut menyediakan pilihan apakah Anda ingin menggunakan bentuk potrait atau landscap. Adapun ukuran foto instagram landscape maupun ukuran post foto instagram portrait pada dasarnya adalah sama saja yaitu 1080×1080, hanya peletakan fotonya saja yang berbeda.
  3. Pastikan peletakan foto sudah sesuai. Selesai
Baca Juga :   Rekomendasi 5 Situs Download Drama Korea Terbaik!

Mudah sekali, bukan?

Mengetahui Ukuran instagram story dan IGTV

Selain pengguna dapat membagikan postingan foto atau video kegiatan mereka melalui feed, Anda juga akan dimanjakan dengan fitur story dan IGTV. Story berfungsi sebagai tempat membagikan kegiatan terkini Anda yang akan menghilang secara otomatis setelah 24 jam. Sedangkan IGTV berfungsi mengabadikan siaran langsung yang Anda lakukan.

Ukuran foto Instagram story yang tepat adalah 9:16 atau memiliki resolusi 1080×1920 pixsel. Dalam story, Anda lebih bebas mengatur ukuran foto ataupun video dengan cara mencubit kedua sisi gambar sesuai ukuran yang diinginkan. Jika Anda berniat menyimpan story Instagram, Anda bisa memasukkannya dalam fitur highlight.

Adapun untuk IGTV yang hanya tersedia dalam bentuk video. Ukuran yang tepat untuk video di IGTV adalah rasio 9:16 dengan ukuran minimum 4:5. Video tersebut dapat diunggah secara landscape ataupun portrait. Jumlah resolusinya adalah 1920×1080 pixcel. Berada di bawah resolusi tersebut, kualitas video Anda akan menjadi nampak buruk.

Meningkatnya ukuran foto instagram tentu saja menjadi kabar baik bagi para pengguna karena mereka menjadi leluasa mengupload foto dengan kualitas terbaik. Namun pada satu sisi, hal ini juga bisa berdampak kurang menyenangkan karena akan menghabiskan kuota data internet lebih banyak untuk menampilkan foto-foto tersebut.

Selain itu, pada handphone yang masih memiliki spesifikasi rendah, aplikasi Instagram rentan berjalan lambat karena konten-konten nya berkualitas tinggi dan dianggap ‘berat’. Semoga informasi diatas membantu Anda memahami bagaimana cara menyesuaikan ukuran foto di Instagram.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.