Panduan Lengkap Mengenai Cara Pasang Iklan Google Adwords

By | Agustus 8, 2021

Google merupakan mesin pencari paling populer yang memungkinkan kita untuk mencari jawaban atau informasi tertentu. Google juga merupakan salah satu tempat terbaik untuk memasang iklan melalui Google Ads atau AdWords. Dalam kesempatan kali ini kita akan membedah cara pasang iklan Google Adwords yang benar.

Cara Pasang Iklan Google Adwords

Google AdWords atau Google Ads adalah sebuah platform iklan yang digunakan untuk memasang iklan dan dikembangkan secara langsung oleh Google. Penasaran bagaimana cara pasang iklan Google Adwords? Yuk ikuti panduannya di bawah ini untuk belajar Google Ads secara mudah.

Baca Juga : Cara Pinjam Uang di Bank BRI Untuk Usaha, Beli Kendaraan dan Rumah

Cara Pasang Iklan Google Adwords

Mendaftar Di Google Ads

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam cara pasang iklan Google Adwords adalah mendaftar terlebih dahulu di Google Ads. Pertama, masuk ke website Google Adsense. Klik tulisan “Mulai Sekarang”. Lalu, akan muncul halaman dengan dua kolom formulir. Masing-masing ditujukan untuk email dan website.

Menyiapkan Iklan Pertama Anda

Tahap selanjutnya dari cara buat Google Ads adalah menyiapkan kampanye pertama Anda. Saat Anda meng-klik “Buat Kampanye Baru”, akan ada kolom yang perlu Anda isi.

Berikut beberapa langkah yang dapat Anda ikuti dalam memasang Google Ads Indonesia:

1. Tentukan anggaran harian

Pertama, Anda perlu menentukan anggaran harian. Tentukan anggaran harian maksimal yang ingin Anda belanjakan untuk iklan per hari. Pastikan Anda mengisi nominal tanpa menggunakan tanda titik.

Baca Juga :   Tips Cara Main Saham Pemula Untuk Meraih Keuntungan

Nilai yang Anda isikan pada Google AdSense sangat bergantung dari biaya per klik per kata kunci dan juga jumlah klik yan bisa diperoleh per satu hari. Apabila Anda memilih banyak kata kunci yang kompetitif, maka biaya per kliknya bisa menjadi lebih mahal dengan jumlah pencarian yang banyak setiap hari.

Nah, sebagai permulaan, Anda dapat mengisi nilai berapa saja. Jika Anda merasa kurang atau terlalu berlebihan, Anda dapat mengubahnya di hari berikutnya setelah Anda mengevaluasi kinerja iklan.

Sebagai informasi, tidak ada minimal anggaran harian. Walau begitu, anggaran harian yang Anda tentukan juga mempengaruhi Quality Score dari iklan Anda.

2. Memilih Target Pemirsa

Cara pasang iklan Google Adwords selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menentukan target pemirsa. Anda nantinya akan diminta untuk menentukan jangkauan target pemirsa berdasarkan wilayah. Dengan kata lain, semua orang yang ada di wilayah yang Anda tentukan dapat melihat iklan Anda saat mereka mengetik kata kunci yang sesuai untuk memunculkan iklan.

Secara default, Google Ads akan berada di wilayah jangkauan seluruh Indonesia. Nah, Anda dapat mengubahnya sesuai dengan kebutuhan.

3. Pilih Jaringan Iklan

Tahap selanjutnya dari cara pasang iklan Google Adwords adalah untuk memilih jaringan iklan. Kami menyarankan agar Anda tidak mencentang “display network” karena hal tersebut tidak efektif untuk menjangkau pemirsa yang tepat. Selain itu, juga untuk menekan biaya iklan agar tidak mubazir.

4. Menentukan Kata Kunci

Pilihklah kata kunci sebanyak yang Anda inginkan dan sesuai dengan bidang bisnis yang Anda sediakan. Ada baiknya Anda memilih kata kunci yang spesifik, di mana kira-kira banyak orang yang mencari.

Jika Anda sudah mengetahui kata kunci apa yang akan Anda pilih, maka Anda bisa langsung mengisikannya pada kolom isian. Lalu, klik “Tambahkan”.

Baca Juga :   3 Cara Menghasilkan Uang Dari HP dengan Mudah dan Tanpa Modal

5. Tentukan Bidding

Menentukan bidding berarti memilih nilai maksimal yang ingin Anda keluarkan. Atau dengan kata lain, menentukan harga sekali klik iklan.

6. Membuat Iklan

Isi kolom meliputi halaman landing, judul 1, judul 2, dan deskripsi. Perlu diingat bahwa masing-masing kolom mempunyai jumlah karakter yang dibatasi. Periksa semua isian Anda, jika sudah benar, klik “Simpan dan Lanjutkan”.

Nah, itu dia panduan mengenai cara pasang iklan Google Adwords yang perlu Anda ketahui. Beriklan di Google Adwords dapat membuat produk atau jasa Anda lebih dikenal, sehingga bisnis Anda pun makin maju.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *