Syarat dan Tata Cara Perpanjang SIM Online Praktis via Aplikasi Sinar

By | Agustus 8, 2021

Syarat dan Tata Cara Perpanjang SIM Online Praktis via Aplikasi Sinar. Zaman sudah berubah menjadi serba digital, dari pesan makanan, tiket pesawat sampai perpanjang SIM online. Digitalisasi merambah ke setiap sela kehidupan manusia seperti air yang mengalir memenuhi kanal-kanal.

Kini tidak perlu ribet-ribet ke kantor, bisa perpanjang SIM online dari rumah atau mana saja. Lantas apa sajakah persyaratan dan bagaimana tata cara memperpanjang sim secara online? Berikut adalah ulasannya.

Cara Perpanjang SIM Online

Dokumen Yang Harus Disiapkan

Kartu SIM merupakan dokumen yang setiap pengendara dan pengemudi di Indonesia wajib miliki. Surat Izin Mengemudi adalah syarat sah seseorang berkendara. Hal ini tentu bukan tanpa alasan melihat angka kecelakaan lalu lintas yang cukup tinggi tiap tahunnya.

Selain itu, situasi pandemi yang masih saja menyelimuti tanah air membuat perpanjang SIM online menjadi alternatif paling solutif untuk menyikapi kondisi terkini saat ini. Selain bisa membantu memutus mata rantai penyebaran virus Covid 19, juga dapat menjadi langkah praktis bagi Anda yang terhalang mobilitas ketika beraktivitas rutinitas bekerja yang jarang memiliki waktu senggang.

Persyaratan berkas SIM merupakan prioritas utama sebelum membahas tata cara perpanjang SIM online. Menyiapkan berkas adalah hal yang wajib sebelum melakukan registrasi pendaftaran mengingat banyak kasus perpanjang SIM menjadi lama karena belum lengkapnya persyaratan berkas.

Nah, supaya Anda tidak mengalami hal yang sama, Anda harus mempersiapkan persyaratan administrasi perpanjang SIM. Sebenarnya syarat dokumen wajib hanya 4 dokumen, yakni KTP, SIM lama, surat kesehatan dan SKL uji simulator. Jika Anda sudah menyiapkan keempat syarat-syarat tadi, Anda bisa langsung melakukan registrasi perpanjangan SIM.

Baca Juga :   Fenomena Mobil Listrik Murah dan Fakta Sesungguhnya di Baliknya

Baca Juga : Lakukan Tips-Tips Ini Sebelum Beli Mobil Baru 2021

Perpanjang SIM Online Via Aplikasi Sinar

Terhitung per April 2021, Polri telah launching aplikasi bernama Sinar. Sinar merupakan akronim dari SIM Presisi Nasional. Aplikasi inilah yang kini menjadi fasilitas bagi siapa saja yang ingin melakukan perpanjangan SIM A dan SIM C secara online.

Aplikasi ini memudahkan seseorang untuk melakukan perpanjangan SIM dari mana saja dan kapan saja. Tidak perlu mendatangi Satpas domisili yang tidak jarang hanya terletak di pusat kota/kabupaten. Cukup akses aplikasi Sinar, tunggu konfirmasi dan selesai.

Yang pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi Sinar via App Store atau Playstore lalu install. Setelah itu, lakukan verifikasi No. HP (OTP). Jika nomor Anda terverifikasi dengan baik, Anda bisa mulai melakukan registrasi yang aplikasi Sinar minta. Anda harus melakukan scan NIK, SIM, KTP serta SIM dan swafoto.

Ketika melakukan scan dokumen-dokumen di atas, Anda juga akan dimintai verifikasi pada tahap selanjutnya. Kemudian isi jenis SIM Anda, SIM A atau SIM C lalu isi kolom lokasi Satpas domisili Anda bertempat. Verifikasi hasil pemeriksaan kesehatan dan psikologi juga akan melalui tahap pengecekan.

Langkah selanjutnya adalah mengisi rekening pengembalian (pembatalan) lalu pilih metode pengiriman yang Anda inginkan. Unggah pas foto sesuai kriteria ukuran dan tanda tangan Anda.

Setelah mengunggah foto, Anda bisa melakukan pembayaran PNBP dan biaya kirim. Kemudian berkas Anda telah dalam antrean cetak SIM. Jika sudah jadi, pengiriman perpanjang SIM online akan dilakukan sesegara mungkin dan tak lama SIM sudah berada di tangan Anda.

Nah, itu dia tata cara perpanjang SIM online via aplikasi Sinar. Cukup mudah dan sangat membantu bagi Anda yang sibuk bekerja sehingga hanya punya sedikit waktu untuk melakukan perpanjangan SIM.

Baca Juga :   Desas-desus Ganjil Genap Jakarta Hari Ini dan Polemik yang Membersamainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *