Contoh Surat Lamaran Kerja Sebagai Staf Hotel

Jika Anda ingin bekerja dengan bersih dan nyaman, melamar pekerjaan di hotel adalah solusi yang tepat. Lingkungan yang terkesan santai  tetapi tetap profesional membuat banyak orang tidak mudah stres di tempat kerja. Maka tak heran jika banyak yang tertarik untuk menempati berbagai posisi di sebuah hotel. Untuk melamar pekerjaan di tempat ini, contoh surat lamaran kerja dari hotel berikut mungkin bisa membantu. Saat melamar pekerjaan di sebuah hotel, pastikan Anda mengetahui posisi pekerjaan mana yang perlu Anda isi.

Dimulai dengan staf hotel, staf dapur, resepsionis, customer service, staf housekeeping dan banyak lagi. Tentu saja, cobalah untuk menyesuaikannya dengan kemampuan dan kualifikasi yang Anda miliki untuk memenuhi persyaratannya.

Namun, Anda tidak hanya membutuhkan ijazah dan pengalaman, tetapi penulisan surat lamaran kerja juga menjadi poin penting yang tidak boleh Anda lewatkan. Simak gambaran lengkap persyaratan dan contoh surat lamaran kerja di hotel berikut ini.

Persyaratan untuk Melamar Pekerjaan di Hotel

Ketika Anda ingin melamar pekerjaan, tentunya Anda harus memenuhi persyaratan dan kualifikasi yang dibutuhkan untuk pekerjaan tersebut. Seperti halnya melamar pekerjaan di hotel, persyaratan yang harus Anda penuhi adalah:

1. Latar belakang pendidikan yang sesuai

Tentunya salah satu hal yang harus Anda penuhi saat melamar hotel adalah memiliki latar belakang pendidikan yang memadai, seperti jurusan pariwisata atau perhotelan. Dengan begitu, segala sesuatu yang Anda pelajari di sekolah relevan dan dapat diterapkan dengan tepat ketika Anda memasuki dunia kerja.

Baca Juga :   Syarat Surat Lamaran Kerja

2. Pengetahuan umum yang luas

Tidak hanya latar belakang pendidikan yang relevan, tetapi juga pengetahuan umum yang dimiliki harus luas. Hal ini berguna untuk mendukung posisi pekerjaan yang Anda ambil, baik untuk untuk layanan atau karier yang mulus.

3. Kepribadian dan sikap yang baik

Sikap ramah dan baik saat melayani pengunjung merupakan nilai tambah yang memungkinkan Anda untuk memulai karir. Oleh karena itu, milikilah sikap dan kepribadian ini agar dapat diterima sebagai karyawan hotel.

4. Selalu tepat waktu

Setiap pekerjaan membutuhkan karyawan yang disiplin dan selalu tepat waktu. Ini digunakan untuk mengukur kualitas kerja karyawan, terutama pada awal wawancara kerja. Jadi pastikan Anda selalu terlatih tepat waktu agar jalur karir Anda tetap berjalan lancar.

5. Kejujuran

Hal terpenting yang harus dimiliki seseorang adalah kejujuran. Tentu saja, jika Anda tidak jujur, itu bisa menghambat pekerjaan Anda. Oleh karena itu, perlu menjaga kejujuran Anda agar suasana tempat kerja lebih nyaman.

Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel

Tentunya setelah Anda mengetahui syarat dan kualifikasi untuk melamar pekerjaan di hotel, Anda juga perlu memahami cara penulisannya. Maka simaklah contoh surat lamaran kerja di hotel berikut ini yang dapat dijadikan sebagai pedoman penulisan, diantaranya:

1. Contoh surat lamaran kerja sebagai staf hotel

Menjadi staf hotel merupakan kebanggaan tersendiri bagi sebagian orang. Selain itu, bekerja di bidang ini cenderung menyenangkan dan memberikan pengalaman yang sangat berharga. Jika Anda tertarik melamar pekerjaan, silakan lihat contoh surat lamaran kerja di hotel sebagai berikut:

Malang, 11 Oktober 2021

 

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.,

Kepala Staf Hotel Matahari

Jln. Nusa Indah No.90 Malang

Baca Juga :   Contoh Surat Lamaran Kerja di Cafe

 

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Ayu Putri

Tempat, Tanggal lahir : Malang, 22 Juli 1997

Usia: 23 tahun

Pendidikan Terakhir: S-1 Pariwisata

No Telp : 089989123456

Alamat : RT 03 RW 05, Dsn. Jatinegoro, Desa Jatisari, Kec. Blora, Kab. Malang

Berdasarkan informasi yang terdapat pada website http://jobstreet.co.id/, saya bermaksud

mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi posisi sebagai staf hotel. Berbekal kepribadian yang ramah, mudah bergaul dan juga cekatan. Saya juga pekerja keras, tekun, jujur ​​dan mampu bekerja mandiri maupun dalam tim.

Saya memiliki kualifikasi yang sesuai dengan kondisi yang ditentukan oleh perusahaan yang Anda pimpin. Sebagai bahan pertimbangan, dengan ini saya lampirkan dokumen pendukung sebagai berikut:

  • Fotokopi Ijazah Terakhir
  • Fotokopi Transkrip Nilai
  • Daftar Riwayat Hidup (CV)
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi SKCK
  • Foto 4×6 (3 lembar)
  • Fotokopi SKS

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan dalam keadaan sadar. Saya sangat berharap untuk dapat diikutsertakan dalam rangkaian proses seleksi selanjutnya. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih banyak.

Hormat Saya,

 

Ayu Putri, S.Par.

Demikian informasi mengenai persyaratan dan juga contoh surat lamaran kerja di hotel yang bisa Anda jadikan referensi. Tentunya sangat penting untuk diketahui agar surat lamaran yang dibuat dapat dipertimbangkan dengan baik oleh penerima atau perusahaan.

Namun, tidak hanya mempersiapkan persyaratan dan lamaran kerja yang benar, tetapi juga persiapan mental. Kesempatan untuk diterima di hotel ternama tentu saja mudah, apalagi jika Anda memiliki pengalaman dan skill yang mumpuni. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu.