Contoh Surat Lamaran Kerja Sebagai Barista

Surat Lamaran Kerja Barista

Surat Lamaran Kerja Sebagai Barista – Menjadi barista di sebuah kafe adalah salah satu pekerjaan yang memberi Anda banyak kesempatan untuk mengenal dunia cafe. Pengalaman bekerja sebagai barista sangat berguna jika Anda berencana untuk memulai bisnis di dunia hospitality, baik itu sebagai pengusaha cafe atau pengusaha stok dan bahan cafe.

 

Bagi Anda yang ingin melamar pekerjaan di cafe sebagai barista, berikut kami hadirkan pembahasan tentang barista dan tentu saja contoh surat lamaran kerja barista di sebuah cafe. Mari kita simak bersama.

 

Apa itu Barista?

 

pengertian barista

Sebelum masuk ke bagian contoh surat lamaran kerja batista, apakah Anda pernah mendengar apa itu barista sebelumya? Jika belum, mari simak penjelasan berikut ini.

 

Istilah barista berasal dari bahasa Italia, yaitu baristi, atau bariste. Kemudian namanya diadopsi dalam bahasa Inggris, menjadi barista. Arti dari barista ini juga menjadi sedikit berbeda, karena di Italia, seorang barista menyajikan semua jenis minuman. Sementara di negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris, barista menyajikan minuman berbasis espresso.

 

Barista adalah seorang “seniman kopi” yang mempunyai pengetahuan tentang kopi dan dapat membuat, menghias, dan menyajikan kopi kepada pelanggannya.

 

Ada banyak pengetahuan tentang kopi yang harus dimiliki barista. Meliputi pemanggangan biji kopi, campuran kopi, cara menggunakan dan merawat mesin espresso, buih susu, dan lainnya.

 

Tugas Seorang Barista

 

tugas barista

Apakah Anda tahu kalau ternyata tugas barista bukan hanya membuat kopi saja?, nah berikut ini adalah beberapa tugas utama seorang barista yang dapat anda persiapkan sebelum menulis surat lamaran kerja barista.

 

1. Menyiapkan dan menyajikan kopi

 

Tentu saja, tugas pertama barista adalah membuat kopi yang enak dan menyajikannya kepada pelanggan. Tidak hanya kopi, melainkan semua jenis minuman yang ada di menu. Tidak jarang juga, seorang barista juga harus menyiapkan makanan ringan dan camilan.

 

Cafe yang berbeda dapat membuat kopi dengan cara yang berbeda pula. Ada yang menggunakan mesin, ada yang masih manual, dan ada yang menggunakan keduanya. Oleh karena itu, Anda perlu mempelajari cara membuat jenis kopi dengan metode yang berbeda-beda.

 

2. Merawat mesin espresso

 

Selain harus bisa mengoperasikan mesin espresso, seorang barista juga harus bertanggung jawab untuk menjaga mesin espresso tetap bersih. Dalam membersihkan mesin espresso juga memiliki cara tersendiri agar mesin tetap bersih dan tidak rusak.

 

3. Menjaga kebersihan cafe

 

Menjaga kebersihan cafe juga merupakan bagian dari pekerjaan barista. Cafe yang bersih dan rapi akan membuat pelanggan nyaman dan ingin datang kembali. Beberapa area cafe yang perlu dijaga kebersihannya meliputi area makan, area kasir, dapur, dan lainnya.

Baca Juga :   Lowongan Kerja Terbaru bagi lulusan SMA di Miniso Indonesia. Minat?

 

4. Melayani dan menerima pesanan pelanggan

 

Jika Anda pergi ke kedai kopi, Anda akan menemukan bahwa biasanya hanya ada beberapa karyawan, mungkin 2 atau 3. Oleh karena itu, seorang barista juga bertugas melayani dan menerima pesanan pelanggan. Tidak hanya itu, barista  juga menerima dan memproses pembayaran pelanggan. Oleh karena itu, barista harus ramah dan mampu mengoperasikan mesin kasir.

 

5. Menyarankan dan menjelaskan menu kepada pelanggan

 

Ada beberapa macam tipe pelanggan yang datang ke cafe. Ada yang sudah terbiasa minum kopi dan tahu apa yang harus dipesan. Namun, ada juga pelanggan yang masih asing dengan kopi dan bingung ingin memesan apa. Barista juga bertanggung jawab untuk menyarankan dan menjelaskan menu kepada pelanggan.

 

Skill yang Harus Dimiliki Seorang Barista

 

skill seorang barista

Setelah mengetahui apa saja tugas seorang barista, berikut kami sertakan beberapa skill yang diperlukan untuk menjadi seorang barista, jika anda anda memiliki beberapa skill ini, jangan lupa untuk menuliskannya dalam surat lamaran kerja barista anda.

 

1. Pengetahuan tentang kopi

 

Ada banyak hal yang perlu diketahui oleh barista tentang kopi. Misalnya, mengetahui perbedaan jenis kopi dan rasanya, perbedaan ukuran biji kopi, suhu yang sesuai untuk steaming susu, pemanggangan, metode menyeduh kopi, dan sebagainya.

 

2. Kemampuan komunikasi yang baik

 

Selain pengetahuan tentang kopi, seorang barista juga perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Batista harus dapat menyampaikan dan menerima informasi dengan baik. Misalnya, Anda dapat menerima pesanan pelanggan dengan baik, memberikan informasi tentang produk, rekomendasi menu, dan informasi lain yang terkait dengan cafe. Tidak hanya dengan konsumen, tetapi juga dengan rekan kerja. Hal ini penting untuk menghindari kesalahpahaman dan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman.

 

3. Kerja sama tim

 

Ketika cafe memasuki jam sibuk, ada banyak tugas yang harus dilakukan. Untuk menjaga situasi ini tetap kondusif, Anda memerlukan keterampilan kerja sama tim yang baik agar kepuasan pelanggan dapat tercapai.

 

Kerja tim ini dapat dilakukan dengan membagi tugas dan dalam pelaksanaannya membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik.

 

4. Multitasking

 

Multitasking adalah keterampilan yang memungkinkan barista melakukan beberapa tugas sekaligus. Hal ni sering dibutuhkan, terutama saat cafe memasuki jam sibuk.

 

Dalam hal multitasking, seorang barista harus menyelesaikan semua tugas dengan cepat dan akurat. Pada jam sibuk, barista mungkin perlu menerima pesanan, menerima pembayaran, mengoperasikan kasir, mengantar pesanan, dan lainnya pada saat yang bersamaan. Oleh karena itu, seorang barista memerlukan multitasking dan konsentrasi.

 

5. Memperhatikan detail

 

Dengan memperhatikan detail, seorang barista dapat mengurangi kesalahan dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Contohnya seperti mengingat urutan pesanan pelanggan, membersihkan mesin espresso dengan teliti, dan memahami pesanan khusus pelanggan.

 

6. Customer service skills

 

Customer service skills adalah keterampilan pelayanan pelanggan. Kualitas pelayanan dapat berdampak pada kepuasan pelanggan dan meningkatkan niat pembelian dan penggunaan kembali produk. Oleh karena itu, semakin baik kualitas layanan yang diberikan barista kepada pelanggannya, semakin besar kemungkinan mereka untuk kembali ke cafe lagi.

Baca Juga :   Contoh Surat Lamaran Kerja Sebagai Customer Service

 

Keterampilan ini meliputi bersikap ramah dan sopan kepada pelanggan, membantu pelanggan, memahami kebutuhan pelanggan, tersenyum, dan mendengarkan pelanggan (saran, kritik, dan masukan).

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Barista

 

Setelah kita mengetahui apa itu batista, apa saja pekerjaan dan skill yang diperlukan untuk menjadi seorang barista, berikut kami hadirkan beberapa contoh surat lamaran kerja barista yang dapat anda jadikan sebagai referensi.

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Barista Kopi Kenangan

 

Bandung, 18 Mei 2021

 

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Manager HRD Kopi Kenangan
Bandung

 

Berdasarkan iklan dari Instagram Story Kopi Kenangan di @kopikenangan.id pada tanggal 17 Mei 2021 tentang lowongan untuk posisi barista. Melalui surat ini, saya bermaksud mengajukan lamaran untuk mengisi posisi tersebut.

 

Data pribadi saya adalah sebagai berikut:
Nama: Deni Saputra
Tempat, tanggal lahir: Bandung, 1 April 2000
Jenis kelamin: Laki-laki
Pendidikan terakhir: SMKN 3 Bandung
No. Hp:083538202649

 

Saya memiliki pengalaman sebagai barista di sebuah cafe selama 2 tahun. Saya memiliki keterampilan komunikasi yang baik, memperhatikan detail, dan cekatan. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan dokumen persyaratan pekerjaan sebagai berikut:

 

  1. Fotokopi KTP
  2. Fotocopy Ijazah Terakhir
  3. Daftar Riwayat Hidup
  4. Fotokopi SKCK
  5. Sertifikat pendukung
  6. Pas foto

 

Demikian surat lamaran ini saya tulis dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya untuk bisa mengikuti fase selanjutnya dan bergabung dengan Kopi Kenangan. Atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Deni Saputra

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Barista Starbucks

 

Jakarta, 17 Desember 2021

 

Lampiran: 5 lembar
Perihal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.
Pimpinan PT. Starbucks Jakarta
Jl. Diponegoro No 5 Jakarta

 

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama: Ilham Irawan
Jenis kelamin: Laki-laki
Pendidikan terakhir: SMA N 2 Jakarta
Alamat: Jl. Patriot No. 22, Kelapa Nias, Jakarta
Tanggal lahir: 8 Oktober 1999

 

Sehubungan dengan informasi yang saya baca di Linkedin terkait pembukaan lowongan kerja di PT. Starbucks cabang Kelapa Gading untuk ditempatkan di bagian Barista, maka dengan surat ini saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan untuk menempati posisi tersebut.

 

Saya orang yang bertanggung jawab, cekatan dan mau belajar. Bersama surat ini, saya lampirkan dokumen-dokumen sebagai berikut untuk dipertimbangkan:

 

  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir
  3. Daftar Riwayat Hidup (CV)
  4. Fotokopi sertifikat pelatihan Latte Art
  5. Pas foto terbaru

 

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Apabila ada perbedaan di kemudian hari, maka saya sepenuhnya siap untuk bertanggung jawab. Atas perhatian dan waktu yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Ilham Irawan

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Barista Janji Jiwa

 

Surabaya, 7 Agustus 2021

 

Kepada Yth,
Pak Ilham Buwono
Pimpinan Kopi Janji Jiwa
Jl. Dharmawangsa No 27
Surabaya

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan lowongan yang diposting di okersurabaya.com tentang lowongan kerja sebagai Barista di Kopi Janji Jiwa. Maka melalui surat lamaran ini saya bermaksud melamar posisi tersebut. Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Baca Juga :   Lowongan Kerja Terbaru PT Ultra Sakti. Daftar Segera!

 

Nama: Novan Kurniawan
Alamat: Jl. Indah No. 11, Surabaya
Pendidikan terakhir: SMA 1 Surabaya
Nomor ponsel: 084638262920

 

Saya telah memiliki pengalaman bekerja selama 1 tahun sebagai barista di sebuah cafe di Surabaya. Saya adalah orang yang kreatif, disiplin dan berorientasi pada detail. Saya yakin saya adalah orang yang tepat untuk mengisi posisi tersebut.

 

Sebagai bahan pertimbangan, berikut dokumen persyaratan yang saya lampirkan:

 

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotokopi ijazah
  3. Fotokopi KTP
  4. Fotokopi SKCK
  5. Surat pengalaman kerja
  6. Fotokopi sertifikat pelatihan Barista
  7. Pas Foto Berwarna Ukuran 3×4 2 Lembar

 

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya untuk membahas lebih lanjut tentang kualifikasi saya. Atas perhatian dan waktu yang Bapak berikan, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Novan Kurniawan

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Barista Bahasa Inggris

 

Dear Ms. Dewi Astuti,

My name is Riski, and I’m excited to apply for the barista position at the Kopi Kita Cafe as referred to me by Kurniawan, your loyal customer. As an experienced barista with more than 3 years of experience, I believe that I can bring my expertise and creative coffees to expand your coffee shop business.

I’m currently the lead barista for Senja Kopi in Malang. I managed three baristas and oversaw the operation of the coffee shop. During my time here, I’ve contributed to the business winning local awards including “Most Buy Coffee in Gofood” and “Best Latte in Town”.

During my career as a professional barista, I’ve achieved significant accomplishments such as:

  • Improved the customer satisfaction on Google Review from 3.8 stars to 4.5 stars
  • Increased the number of regular customers through remembering their names and allowing customization, contributing to a 19% increase in revenue last year.

What motivates me is helping others to enjoy the day through a cup of coffee. I can’t be present and cheer everyone up, but I can help them get the best coffee to lighten up their day. I’m eager to contribute to society with your team, as I am a big fan of your establishment and have been enjoying your services.

I’ve attached my resume for further consideration. Don’t hesitate to contact me at riskibarista@gmail.com or call me at 186383026372 to discuss in some ways in which I will contribute to Kopi Kita Cafe soon. Looking forward to hearing from you soon!

Sincerely,

Riski Pratama

Penutup

Itulah tadi sedikit pembahasan tentang barista, mulai dari tugas, keterampilan yang harus Anda miliki, dan contoh surat lamaran kerja barista yang baik dan benar baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Anda dapat mengikuti pelatihan atau workshop untuk meningkatkan keterampilan anda sebagai batista, karena semakin mahir seorang barista juga berpeluang semakin besar untuk diterima. Sekian, dan semoga artikel ini bermanfaat ya!