Contoh Surat Lamaran Kerja Sebagai Desainer Grafis

desainer grafis

Di era media sosial yang marak saat ini, peran desainer grafis sangat dibutuhkan hampir di setiap lini, baik pemerintahan maupun swasta, dan baik organisasi profit maupun non profit. Nah, pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang apa itu desainer grafis dan bagaimana cara membuat surat lamaran kerja desainer grafis, penasaran? Mari kita simak bersama.

 

Apa itu Desainer Grafis

 

arti desainer grafis

Sebelum masuk ke contoh surat lamaran kerja desainer grafis, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu desainer grafis.

 

Desainer grafis adalah seseorang yang melakukan praktik seni dengan perencanaan atau memproyeksikan ide dan pengalaman melalui konten visual dan tekstual. Desainer grafis biasanya menyampaikan ide atau pesan tertentu secara visual. Konten visual yang dibuat oleh desainer grafis dapat mencakup logo bisnis hingga tata letak halaman web.

 

Desainer grafis juga dapat didefinisikan sebagai komunikator visual yang membuat konsep secara manual atau menggunakan perangkat lunak desain grafis khusus. Desainer grafis menyampaikan ide untuk menginspirasi, menginformasikan, atau melakukan kampanye persuasif kepada konsumen melalui bentuk seni fisik dan virtual. Seni virtual ini meliputi gambar, kata, dan grafik yang dibuat oleh desainer grafis dengan semenarik mungkin.

 

Jika Anda ingin menjadi seorang desainer grafis, Anda dapat memulai dengan membaca buku tentang desain grafis, menonton video tutorial desain, den mengikuti workshop komunitas desain grafis.

 

Peran dan Tanggung Jawab Desainer Grafis

 

peran desainer grafis

Sebelum menulis surat lamaran kerja desainer grafis, tentunya Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang seorang desainer grafis lakukan, dan berikut ini adalah beberapa peran dan tanggung jawab seorang desainer grafis:

Baca Juga :   Surat Lamaran Pekerjaan Dalam Bahasa Inggris, Cara Membuat dan Contoh

 

  • Menemui klien untuk menentukan ruang lingkup suatu proyek
  • Memberitahu klien tentang strategi desain grafis untuk menjangkau calon konsumen
  • Menentukan pesan yang harus disampaikan melalui desain
  • Membuat desain baik secara manual maupun dalam perangkat lunak (aplikasi)
  • Memilih warna, gambar, gaya teks, dan tata letak dengan terampil dan menarik
  • Membuat gambar atau visual dengan identifikasi produk dan pesan secara informatif
  • Mengembangkan grafis dan gambar visual dengan audio pada ilustrasi produk, logo, atau situs jaringan
  • Mempresentasikan desain dengan jelas kepada klien
  • Melakukan revisi berdasarkan rekomendasi klien untuk desain akhir
  • Meninjau ulang desain untuk mengidentifikasi kesalahan sebelum mencetak atau menerbitkan

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Desainer Grafis

 

Setelah mengetahui apa itu desainer grafis dan apa saja perannya, berikut kami hadirkan beberapa contoh surat lamaran kerja desainer grafis yang dapat Anda jadikan sebagai referensi

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Desainer Grafis Fresh Graduate

 

desainer grafis fresh graduate

Jika Anda adalah lulusan baru atau pencari kerja baru, Anda tidak perlu khawatir kesulitan dalam mencari pekerjaan, karena akan selalu ada perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan untuk lulusan baru atau fresh graduate, dan berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja desainer grafis untuk fre

 

Semarang, 19 September 2021

 

Perihal: Surat lamaran kerja

Kepada Yth.
Bapak / Ibu HRD
PT Usaha Kreatif
daerah. Pandanaran, Kota Semarang

 

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya terima dari website PT Usaha Kreatif pada 15 September 2021, bahwasanya saat ini  perusahaan sedang membutuhkan tenaga desainer grafis. Untuk itu, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

 

Nama : Reza Agustian
Tempat / tanggal lahir : Salatiga, 9 Agustus 1998
Pendidikan : S1 DKV ISI Yogyakarta
Email: AgustianReza98@gmail.com
No HP/WA : 085665800586

Dengan surat ini, saya menyatakan minat saya untuk melamar pekerjaan di posisi tersebut. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan berkas-berkas berikut:

Baca Juga :   Lowongan Kerja Terbaru PT Ultra Sakti. Daftar Segera!

 

  • Ijazah dan transkrip nilai
  • Surat Keterangan Sehat (SKS)
  • Pas foto terbaru (3×4)
  • Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  • Daftar Riwayat Hidup

Besar harapan saya supaya dipanggil untuk tes dan wawancara lebih lanjut, dan dapat memegang posisi desainer grafis di perusahaan bapak/Ibu. Demikian surat lamaran kerja ini saya tulis, atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

 

Hormat saya,

Reza Agustian

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Desainer Grafis Berpengalaman

 

desainer grafis berpengalaman

Bagi Anda yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia desain grafis, Anda dapat mencantumkannya dalam surat lamaran Anda, ini tentu diperlukan apabila sebuah perusahaan membuka lowongan khusus bagi yang sudah berpengalaman, dan berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja desainer grafis yang dapat Anda jadikan sebagai acuan.

 

Bandung, 25 Januari 2022

 

Yth. Manajer HRD PT. Industri Kreatif Indonesia

Jl. Padjajaran No 137 Bandung

 

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi lowongan kerja Desain Grafis media sosial PT. Industri Kreatif Indonesia pada tanggal 21 Januari 2022, saya tertarik untuk melamar posisi pada posisi ini. Berikut adalah data pribadi saya:

 

Nama : Aji Hendrawan

Tempat/Tanggal Lahir: Bandung 1 April 1994

Alamat : Jl. Bahagia No. 34 Singaraja, Bandung, Jawa Barat

Pendidikan terakhir : S1 Desain Komunikasi Visual Universitas Padjadjaran

Nomer HP : 081221800182

Email : HendrawanAjiii@gmail.com

 

Saya memiliki pengalaman dalam menangani urusan visual berbagai perusahaan (Gojek, Grab, Lazada) dan individu (CEO Gojek, aktris Tara Basro) dengan ratusan ribu hingga jutaan pengikut. Saya adalah seseorang yang memiliki motivasi tinggi untuk berkembang dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, baik secara pribadi maupun sebagai tim.

 

Dengan maksud untuk mengisi data-data yang dibutuhkan sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan kelengkapan data-data yang dibutuhkan:

 

  • Daftar Riwayat Hidup (CV)
  • Fotocopy Ijazah Terakhir
  • Fotokopi sertifikat pelatihan
  • Pas foto ukuran 3 x 4

 

Besar harapan saya untuk dipanggil dan mengikuti tahap wawancara sehingga saya dapat menjelaskan potensi dan kemampuan yang saya miliki dengan lebih detail.

Baca Juga :   Surat Lamaran Kerja Sebagai Perawat, Contoh dan Tips

 

Demikianlah surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih banyak.

 

Hormat saya,

Aji Hendrawan

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Desainer Grafis Bahasa Inggris

 

desainer grafis bahasa inggris

Terkadang perusahaan atau instansi yang kita lamar adalah perusahaan cabang dari luar negri, untuk berjaga-jaga bila dimintai surat lamaran dalam bahasa inggris, berikut kami hadirkan surat lamaran kerja desainer grafis dalam bahasa inggris yang dapat anda jadikan sebagai referensi.

 

Jakarta, January 28, 2022

Human Resources Manager
PT. Graphical Visual
Jl. Jend. Sudirman kav.11
South Jakarta

Dear Sir/Madame;

I read your advertisement on Media Indonesia 24th January 2022 edition, and I would like to apply for the position offered.

I was graduated from Bina Nusantara University Jakarta on 2019, majoring in Graphic Design. I have 4 years working experience in Graphic Design department at PT. Creative Unite, and successfully handling the graphic design for its several top rated magazines such as Indosehat, Gadisku and Komputekhno.

Enclosed are my resume and recent photograph. I will appreciate an interview opportunity where I can convince you that my service will be an asset to your company. I hope my educational background and excellent achievement on current works merit to your consideration.

Thank you for kind attention. I am looking forward to your reply.

Sincerely,

Heru Kisnandi

Penutup

Demikianlah tadi beberapa contoh surat lamaran kerja desainer grafis, apa itu desainer grafis, dan apa saja peran serta tanggung jawabnya. Perlu diketahui, untuk menguasai desain grafis Anda tidak perlu menempuh pendidikan sampai perguruan tinggi, cukup dengan belajar otodidak melalui media internet juga dapat mengantarkan anda menjadi seorang desainer grafis profesional, semoga artikel ini bermanfaat ya, dan selamat mencari pekerjaan!