Contoh Surat Lamaran Kerja Sebagai Programmer

surat lamaran kerja programmer

 

Surat Lamaran Kerja Sebagai Programmer – Perkembangan teknologi di era digital seperti sekarang ini, banyak startup yang membutuhkan pekerjaan untuk menciptakan dan mengembangkan suatu teknologi. Salah satunya adalah profesi seorang programmer.

 

Pemrograman adalah profesi yang dicari anak muda saat ini. Selain itu, pekerjaan ini dianggap memiliki prospek masa depan yang bagus. Istilah “keren” dan “gaji besar” sering diutarakan kepada programmer. Hal ini tentunya sangat menarik, apalagi bagi Anda yang ingin mencicipi manisnya seorang programmer profrsional.

 

Nah, pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang apa itu programmer dan bagaimana cara membuat surat lamaran kerja programmer yang baik dan benar. Penasaran? Mari kita simak.

 

Apa Itu Programmer?

 

pengertian surat lamaran kerja programmer

Sebelum masuk ke bagian contoh surat lamaran kerja programmer, apakah Anda pernah mendengar tentang apa itu programmer? Jika belum, mari simak pengertian programmer berikut ini.

 

Programmer adalah jenis profesi atau pekerjaan yang bertujuan untuk membuat sebuh sistem dengan menggunakan bahasa pemrograman. Seseorang yang memiliki keterampilan menulis kode program (syntax) dan merancang suatu sistem juga bisa disebut sebagai programmer. Kode atau bahasa pemrograman yang dimaksud alah seperti Java, Python, Javascript, PHP.

 

Semua sistem sehari-hari seperti Web, aplikasi Android, dan sistem operasi (Windows, Linux, iOS), ditulis dalam bahasa pemrograman yang disusun oleh programmer.

 

Tugas Seorang Programmer

 

tugas seorang programmer

Mengetahui tugas seorang programmer sangat penting bagi pelamar kerja supaya nantinya Anda dapat mengetahui apa saja tugas yang  harus dilakukan. Sebelum Anda menulis surat lamaran kerja programmer, berikut beberapa tugas programmer yang umum dilakukan:

Baca Juga :   Contoh Surat Lamaran Kerja Sebagai Dosen

 

  1. Membuat sistem aplikasi atau mengembangkannya
  2. Menganalisis kebutuhan.
  3. Merancang model sistem seperti UML, flowchart, ERD, dll.
  4. Menulis kode program (HTML, CSS, Javascript, dll).
  5. Melakukan debug pada program.
  6. Mengetes atau menguji program.

 

Hal yang Harus Dikuasai Oleh Seorang Programmer

 

keahlian programmer

Dalam menulis surat lamaran kerja programmer, tentu saja anda harus menuliskan keahlian yang Anda miliki, dan berikut ini adalah beberapa keterampilan yang harus dikuasai oleh seorang programmer.

 

1. Menguasai Algoritma

 

Saat membuat aplikasi, seorang programmer perlu memikirkan metode pemrosesan sistem yang tepat. Mengapa algoritma begitu penting?, Karena Anda dapat memecahkan masalah dengan menggunakan algoritma. Anda perlu mengetahui fungsi, perulangan, array, dan berbagai macam tipe data. Oleh karena itu, algoritma adalah kunci utama seorang programmer.

 

2. Terampil dalam Membaca Kode

 

Anda harus terampil membaca dan memahami proyek sumber terbuka di SourceForge atau GitHub. Programmer mungkin melupakan satu hal ini, padahal ini adalah hal penting. Cobalah untuk memahami cara kerjanya dan temukan polanya. Di situlah terdapat suatu ide yang dapat Anda terapkan dalam proyek Anda.

 

3. Menguasai Bahasa Pemrograman

 

Seorang programmer wajib menguasai bahasa pemrograman. Programmer memiliki dua opsi, yaitu menguasai satu bahasa atau lebih. Jika Anda menguasai satu bahasa pemrograman, jadilah spesialisnya. Namun dewasa ini, seiring berkembangnya teknologi, lebih baik untuk menguasai berbagai bahasa. Tentu saja, Anda harus menjadi spesialis dari salah satunya. Analoginya seperti dokter umum dan dokter spesialis, tahukah Anda bedanya?

 

Memang, mempelajari banyak bahasa akan memungkinkan Anda untuk bekerja dalam berbagai bahasa dan memahami perbedaan antara setiap bahasa pemrograman. Namun, pertama-tama Anda harus punya spesialis di satu bahasa sebelum mencoba yang lain.

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Sebagai Programmer

 

Setelah menyimak beberapa penjelasan di atas, sekarang kita masuk pada bagian contoh surat lamaran kerja programmer, dan berikut beberapa contoh surat yang dapat anda jadikan sebagai referensi.

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Sebagai Programmer Fresh Graduate

 

Baca Juga :   Surat Lamaran Kerja Sebagai Perawat, Contoh dan Tips

programmer fresh graduate

Jatisari, 7 April 2021

 

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.
Kepala Personalia PT Teknologi Maju
Jl. Balonggadu No.72, Jatisari

 

Dengan hormat,
Sehubungan dengan informasi lowongan kerja di PT Teknologi Maju yang dimuat dalam website lowongan kerja www.LokerKlungkung.com, 1 April 2021, maka dengan ini saya bermaksud melamar pekerjaan sebagai programmer di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Berikut biodata singkat saya:

Nama: Lukman Hanafi
Tempat, tanggal lahir: Barugbug, 1 Januari 1999
Jenis kelamin: Laki-Laki
Alamat: Jl. Barugbug No. 75, Jatisari
Pendidikan terakhir: S1 Ilmu Komputer
Nomor Hp: 085605866580
Email: HanafiLukman99@gmail.com

 

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan juga beberapa dokumen sebagai bahan pertimbangan:

 

  • Daftar riwayat hidup / CV
  • Fotokopi Ijazah trrakhir
  • Fotokopi transkrip nilai
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi KK
  • Fotokopi Surat Keterangan Sehat
  • Pas foto terbaru ukuran 4×6 (3 lembar)

 

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, besar harapan saya dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan banyak terima kasih.

 

Sungguh-sungguh,

 

Lukman Hanafi

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Sebagai Programmer Berpengalaman

 

programmer berpengalaman

Surabaya, 11 Februari 2022

 

Yang terhormat: Human Resources Department
PT. Teknologi Indonesia
Jl. Pahlawan No.7 Surabaya
Perihal: Lamaran pekerjaan

 

Dengan hormat, saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Adi Budiman S.Kom
Tempat tanggal. Lahir : Lamongan, 7 Maret 1994
Alamat: Jl. Pemuda No 18 Surabaya.

No. Telp / HP: 085775800587
Pendidikan : S1 Manajemen Informatika

 

Bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sebagai seorang programmer. Berdasarkan informasi yang saya dapat dari website www.LokerSurabaya.co.id perihal lowongan pekerjaan, bahwa perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sekarang ini membutuhkan seorang programmer berpengalaman. Berdasarkan latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja saya sebagai seorang programmer, saya yakin saya dapat memenuhi kriteria yang Bapak/Ibu butuhkan. Saya bersedia bekerja keras baik secara individu maupun dalam tim, gemar belajar dan siap menghadapi tantangan apa pun.

 

Saya juga sudah terbiasa menggunakan Visual Basic, Visual C++, Delphi, Visual Foxpro dan SQL. Dan saya dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris baik secara lisan maupun tulisan. Saya yakin saya akan dapat mengerjakan tugas-tugas yang dibutuhkan dengan kemampuan yang saya miliki, besar harapan saya untuk dapat mengikuti tes seleksi dan wawancara.

Baca Juga :   Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Sebagai Kasir

 

Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan:

 

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotokopi KTP
  3. Fotokopi Ijazah
  4. Fotokopi Transkrip Nilai
  5. Fotokopi sertifikat
  6. Fotokopi referensi pengalaman kerja
  7. Pas Foto

 

Demikian surat lamaran kerja ini saya sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Adi Budiman S.Kom

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Sebagai Programmer Bahasa Inggris

 

surat lamaran kerja programmer bahasa inggris

Jakarta, July 11, 2021

 

Attention To : Human Resources Department
PT. Inter Indonesia
Jl. Budi Luhur 1-5
Karawang

 

Dear Sir/Madam,

Based on the advertisement posted on situslowongankerja.com on 29 June 2021, I found that your company is looking for a Full-Stack Developer. Through the skills and experiences listed below, I believe to be a strong candidate for this job.

 

Having the professional and academic experience in computer and software engineering, the field of programming and development industry has been familiar to mine. I’m a Computer Science graduate from Indonesia University, majoring in Informatics System. I’ve worked as a freelance developer for three years after graduating, and as a Software Engineer for a start-up company Beli Belanja since 2018-2020.

 

I hope my past experience is intriguing enough. If you demand further details, please feel free to contact me on +628118626821. Thank you for your time. Iam looking forward to hearing from you soon.

 

Sincerely,

 

Ahmad Ahsan

 

Penutup

 

Demikianlah pembahasan artikel tentang surat lamaran kerja programmer kali ini, menjadi seorang programmer memiliki prospek kerja ke depan yang bagus, memilih perofesi sebagai programmer bukanlah merupakan pilihan yang tepat, dan selalu asah kemampuan Anda supaya tetap dapat mengikuti perkembangan zaman, sekian dan semoga artikel ini bermanfaat ya!