Contoh Surat Lamaran Kerja Sebagai Sekretaris

Surat Lamaran Kerja Sekretaris

Bagi Anda yang ingin melamar pekerjaan sebagai sekretaris di suatu perusahaan atau kantor, artikel ini akan membahas tentang apa itu sekertaris, apa saja tugasnya, dan tentu saja contoh surat lamaran kerja sekretaris yang baik dan bear. Anda bisa menggunakan salah satu contoh surat lamaran kerja ini saat melamar pekerjaan di sebuah perusahaan atau instansi.

 

Mengenal Profesi Sekretaris

 

Surat Lamaran Kerja Sekretaris arti

Sebelum masuk ke bagian contoh surat lamaran kerja sekretaris, ada baiknya kita mengetahui apa itu profesi sekretaris

 

Sekretaris merupakan bagian dari profesi administrasi yang memainkan peran penting dalam bisnis atau lingkungan perusahaan. Sekretaris sendiri biasanya adalah orang yang mengurus dan mengelola tugas kantor, menjalankan prosedur perusahaan, dan melakukan tugas administrasi tambahan. Hal tersebut tergantung pada masing-masing bidang perusahaan.

 

Sebagai contoh, perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang hukum, swasta, teknologi, dan pemerintahan tentu memiliki berbagai kewajiban dan tanggung jawab administratif yang berbeda untuk setiap sekretarisnya. Perbedaan ini juga mengharuskan Anda membuat surat lamaran kerja sekertaris yang berbeda pula. Namun, tugas sekretaris masih memiliki kesamaan yang mendasar.

 

Tugas-Tugas Sekretaris

 

Surat Lamaran Kerja Sekretaris tugas

Berikut ada beberapa tugas utama sekretaris yang perlu Anda ketahui sebelum Anda memutuskan untuk membuat surat lamaran kerja sekretaris, supaya Anda dapat mengetahui tugas apa saja yang harus Anda lakukan nantinya

 

1. Mengatur dan Mencatat Hasil Rapat

 

Salah satu tugas utama sekretaris adalah memastikan rapat berjalan dengan lancar. Sekretaris bertugas mengatur rapat mulai dari jadwal hingga penyelenggaraan. Selain mengatur jalannya rapat, tugas sekretaris juga mencatat poin-poin penting. Sekretaris memainkan peran penting dalam rapat, karena tidak semua profesi mengetahui kewajiban dan tanggung jawab tersebut.

 

2. Melakukan Pencatatan Administrasi

 

Sekretaris juga bertugas untuk menyimpan catatan yang berkaitan dengan masalah administrasi.  Seperti mencatat aktivitas perusahaan dan mengerjakan berbagai macam laporan. Selain itu, sekretaris harus menjaga dan memperbarui daftar kontak komite atau personel perusahaan.

 

Perusahaan biasanya meminta sekretaris mereka untuk menyimpan dokumen, notulen, dan arsip dalam database komputer, sehingga sekretaris juga harus memiliki keterampilan teknis yang terkait dengan sistem yang digunakan.

Baca Juga :   Contoh Surat Lamaran Kerja Sebagai Guru

 

3. Melakukan Komunikasi ke Berbagai Pihak

 

Salah satu tugas sekretaris adalah bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan dan menjalin hubungan dengan perusahaan dan bisnis lain. Sekretaris juga banyak berkomunikasi dengan pimpinan dan komite perusahaan, investor dan karyawan lainnya.

 

Selain itu, sekretaris juga menangani panggilan permohonan, panggilan klien atau investor, dan menerima pesan untuk disampaikan kepada pihak yang bersangkutan. Sekretaris juga dapat melaporkan kegiatan dan program perusahaan yang akan datang kepada pejabat perusahaan, anggota, dan masyarakat umum sesuai kebutuhan.

 

4. Memastikan Persyaratan Hukum

 

Tanggung jawab sekretaris adalah menyimpan dan menyiapkan berbagai jenis dokumen yang dibutuhkan perusahaan. Ini termasuk memastikan bahwa semua persyaratan hukum perusahaan terpenuhi. Tugas sekretaris juga mengkaji dokumen terkait sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

5. Memastikan Persediaan Perlengkapan Kantor

 

Untuk beberapa perusahaan, memastikan bahwa perlengkapan kantor tercukupi adalah tugas sekretaris. Sekretaris mencatat dan mengatur inventaris perlengkapan kantor yang diperlukan. Sehingga nantinya dapat diketahui persediaan mana yang sudah habis, perlu ditambah, dan mana yang masih tersedia.

 

6. Menjalankan Prosedur Administratif

 

Sekretaris juga dapat berperan dalam pengembangan dan implementasi peraturan dan prosedur manajemen perusahaan. Misalnya, seorang sekretaris konsultan mungkin akan mengembangkan prosedur untuk menyimpan data pelanggan, serta prosedur untuk menyimpan informasi yang diperlukan dalam database.

 

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Sekretaris

 

tips Surat Lamaran Kerja Sekretaris

Setelah mengetahui apa itu profesi sekretaris dan bagaimana tugasnya, berikut ada beberapa tips dalam menulis surat lamaran kerja sekretaris yang dapat Anda terapkan supaya surat lamaran anda terlihat lebih menarik

 

1. Tunjukkan Sikap Antusiasme Anda Dalam Surat Lamaran Kerja Sekretaris

 

Surat lamaran kerja adalah dokumen pertama yang menghubungkan antara Anda sebagai pencari kerja dengan perusahaan. Buatlah kesan mendalam pada perekrut pada pertemuan pertama ini.

 

Anda dapat menunjukkan rasa antusias dalam surat lamaran kerja sekertaris Anda dengan menunjukkan antusiasme motivasi melamar pekerjaan tersebut pada halaman pembuka, dan sebutkan harapan Anda untuk dapat lolos ke tahap berikutnya.

 

2. Tonjolkan Skill Sekretaris yang Anda Miliki Pada Surat Lamaran Kerja Sekretaris

 

Untuk membuat surat lamaran kerja sekretaris yang menarik, anda harus menonjolkan soft skill dan hard skill yang anda miliki, berikut adalah contohnya:

 

Soft skill:

  • Administrasi
  • Komunikasi
  • Pemecahan masalah
  • Pengaturan waktu
  • Berpikir kritis

Hard skill:

  • Mengoperasikan Microsoft Office
  • Mengirim email
  • Menggunakan google drive
  • Mencatat notulen

 

Lampirkan CV Terbaik Anda Bersama Dengan Surat Lamaran Kerja Sekretaris

 

Curriculum Vitae (CV) merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari surat lamaran kerja, maka dari itu lampirkan CV terbaik Anda dengan membuatnya sebagus dan serapi mungkin, karena CV yang baik akan memberikan kesan pertama yang baik pula

 

Buat Surat Lamaran Kerja Sekretaris Dalam Bahasa Inggris

 

Baca Juga :   Lowongan Kerja Lulusan SMA/SMK di PT Honda Prospect Motor. Buruan Daftar!

Dengan menulis surat lamaran sekretaris dalam bahasa Inggris, Anda membuktikan kemampuan Anda dalam berbahasa Inggris. Selain itu, Anda akan lebih menonjol daripada pelamar lain yang menggunakan bahasa Indonesia.

 

Dengan membuat surat lamaran kerja sekretaris bahasa Inggris dalam format internasional, Anda dapat menunjukkan kualifikasi Anda dengan lebih baik karena tidak perlu menuliskan data pribadi dan lampiran Anda, dan Anda dapat menggantinya dengan menuliskan kualifikasi dan kemampuan Anda.

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Sekretaris

 

Setelah mempelajari tips penulisan surat lamaran kerja sekretaris, selanjutnya mari kita implementasikan kedalam surat lamaran kerja yang akan dibuat, dan berikut ini adalah beberapa contoh surat lamaran kerja sekretaris yang dapat anda jadikan sebagai referensi

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Sekretaris Fresh Graduate

 

sekretaris fresh graduate

Fresh graduate adalah seorang pelamar  yang pertama kalinya melamar pekerjaan. Biasanya, fresh graduate adalah mereka yang baru saja menyelesaikan pendidikan dan ingin segera bekerja. Dengan kata lain, fresh graduate adalah orang yang melamar pekerjaan tanpa pengalaman kerja sebelumnya. Dan berikut adalah contoh surat lamaran kerja sekretaris untuk fresh graduate

 

Aceh, 29 April 2021

Yth. HRD Manager PT Matahari Terbenam
Jl. Kuta Sejahtera No. 31
Aceh

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini;

Nama: Hendra Gunawan
Tempat dan tanggal lahir: Banda Aceh, 27 Februari 1999
Jenis kelamin: Laki-Laki
Alamat: Desa Rukoh rt01/04, kuala, Banda aceh
Pendidikan terakhir: S1 Administrasi
Telepon : 085445800584

 

Berdasarkan informasi yang saya terima dari teman saya bahwa PT Matahari Terbenam membutuhkan tenaga untuk bagian Sekretaris. Oleh karena itu, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan pada posisi yang disebutkan di atas. Saya yakin saya dapat bekerja dengan baik dan berkontribusi pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

 

Sebagai bahan pertimbangan bersama, saya lampirkan;

  • Daftar Riwayat Hidup
  • Fotocopy Ijazah Terakhir
  • Fotokopi SKCK
  • Fotokopi KTP
  • Pas foto 4×6

 

Demikian untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan, besar harapan saya untuk diterima di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat Saya,

Hendra Gunawan

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Sekretaris Berpengalaman

 

sekretaris berpengalaman

Berbeda dengan fresh graduate, orang yang berpengalaman cenderung lebih dicari oleh perusahaan. Namun, hal yang sering menjadi kendala adalah umur, maka dari itu pastikan kualifikasi Anda cocok sebelum melamar pekerjaan ya! Dan berikut ini contoh surat lamaran kerja sekretaris yang dapat anda jadikan sebagai acuan

 

Klaten, 11 Agustus 2021

 

Perihal: Surat lamaran kerja
Kepada Yth.
Bapak/Ibu Owner
Satria Perkasa Group
Kec. Jetis, Kabupaten Bantul,
Daerah Istimewa Yogyakarta

 

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi dari situs LokerJogja.id, tertanggal 1 Agustus 2021, Satria Perkasa Group membutuhkan seorang sekretaris.

 

Untuk itu, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Baca Juga :   Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di Bank

Nama : Nurul Cahya
Tempat/Tanggal lahir : Kudus, 1 Mei 1996
Pendidikan : S1 Pendidikan Bahasa Indonesia, UNY
Email: Nurul77@gmail.com
No HP/WA : 085115800581
Dengan surat ini, saya menyatakan minat saya untuk melamar pekerjaan di posisi tersebut.

 

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan berkas-berkas berikut:

 

  • IJazah dan transkrip nilai
  • Surat Keterangan Sehat (SKS)
  • Pas foto terbaru (3×4)
  • Fotokopi SKCK
  • Daftar Riwayat Hidup

 

Saya telah memiliki pengalaman bekerja selama 4 tahun di perusahaan Pejuang Pagi, selama saya bekerja sebagai sekretaris, saya berhasil meningkatkan performa perusahaan menjadi lebih baik

Besar harapan saya supaya dipanggil untuk mengikuti tes dan wawancara lebih lanjut, dan dapat menjabat sebagai sekretaris di Satria Perkasa Group.

 

Demikian surat lamaran kerja ini saya tulis, atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

 

Sungguh-sungguh,

Nurul Cahya

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Sekretaris Bahasa Inggris

 

sekretaris inggris

Seperti yang disebutkan di atas, menulis surat lamaran kerja sekretaris dalam bahasa inggris dapat membuat surat lamaran anda lebih menonjol sekaligus menunjukkan keahlian anda dalam berbahasa inggris, berikut ini surat lamaran kerja sekretaris bahasa inggris yang dapat anda jadikan sebagai referensi

 

JOB VACANCY : SECRETARY

 

HRD Department
Bank Negara Indonesia
Cabang Jakarta Kota
Lada Street No 4th
Jakarta Kota

 

Dear Sir or Madam,

 

I am writing to you to inquire about the possibility of working in your company that was informed by Website www. bni. co. id. I am interested in secretary position.

My name is Sri Rahayu. I am twenty two years old. I have background in Accounting Diploma III in Polytechnic Negeri Jakarta. And now I have graduate from my college and waiting letter of graduate (Surat Tanda Kelulusan)

With my educational background, I’m confident that my qualification and skills could make significant contributions to your company. I will be able to operate computer especially MYOB . Besides that, I am a person who can work either independently or as part of team. I am also initiative, hardworking, and eager to learn. I have been training at Perum Jasa Tina II Jatiluhur.

My resume has been attached which outline my qualification in greater detail. I would appreciate the opportunity to discuss my qualification; please keep this application confidential. I will look forward to hearing from you soon.

 

Sincerely yours,

 

Sri Rahayu

 

Penutup

 

Itulah tadi contoh surat lamaran sekretaris, pengertian dan tips dalam menulisnya. Jika surat lamaran kerja Anda ditulis tangan, harap menulis surat lamaran dengan tulisan tangan yang rapi, bersih dan mudah dibaca. Namun, jika surat lamaran tersebut diketik di komputer atau laptop, perhatikan setiap kata yang diketik untuk menghindari kesalahan ketik dan perhatikan hasil cetaknya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu ya!

You May Also Like