Contoh Surat Lamaran Kerja Staff Akuntansi

Surat Lamaran Kerja Staff Akuntansi

Surat Lamaran Kerja Staff Akuntansi – Karir bidang akuntansi memang menjanjikan, baik dalam hal gaji maupun jaminan kemajuan karir. Tidak heran jurusan akuntansi mempunyai banyak peminat dan populer di kalangan mahasiswa.

 

Setiap perusahaan pasti membutuhkan tenaga akuntansi untuk membuat pencatatan keuangan bagi perusahaan. Membuat laporan pajak, pembukuan, laba rugi dan laporan keuangan lainnya. Selain itu, akuntan juga memberikan rekomendasi kepada manajemen mengenai strategi pajak dan perkiraan anggaran.

 

Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang akuntansi, bagaimana cara menulis surat lamaran kerja staff akuntansi yang baik dan benar, serta beberapa tips yang dapat membuat surat lamaran Anda menjadi lebih baik. Penasaran? Mari kita simak.

 

Pengertian staff akuntansi

 

Surat Lamaran Kerja Staff Akuntansi arti

Sebelum masuk ke bagian contoh surat lamaran kerja staff akuntan, mari kita simak terlebih dahulu apa itu pengertian staff akuntansi

 

Staff akuntansi adalah suatu posisi di perusahaan yang bertugas dan bertanggung jawab untuk mencatat dan mengklasifikasikan semua transaksi sehingga laporan keuangan yang diperlukan oleh perusahaan dapat dihasilkan secara tepat dan akurat. Semua transaksi ini memiliki aturan standar tersendiri untuk pencatatan dan pengelompokannya.

 

Laporan keuangan yang disusun oleh staff akuntan terdiri dari laporan laba rugi dan neraca. Laporan laba rugi menggambarkan hasil dari jalannya sebuah bisnis pada jangka waktu tertentu.

 

Tugas-Tugas Staff Akuntansi

 

tugas Surat Lamaran Kerja Staff Akuntansi

Sebelum anda membuat surat lamaran kerja staff akuntansi pastinya anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja yang dilakukan oleh seorang akuntan.

 

Pekerjaan staff akuntansi suatu perusahaan sangat kompleks dan beragam. Seringkali, ketika Anda menjadi staff akuntansi, Anda perlu bekerja secara multitasking. Supaya lebih jelas, berikut kami hadirkan tugas umum seorang akuntan:

 

  1. Melakukan pembukuan keuangan untuk kantor
  2. Melakukan posting jurnal operasional
  3. Membuat pembukuan dari transaksi keuangan perusahaan
  4. Membuat laporan keuangan
  5. Mengisi dokumen ke dalam sistem perusahaan
  6. Memeriksa kelengkapan laporan keuangan perusahaan
  7. Membuat laporan perpajakan perusahaan
  8. Melakukan rekonsiliasi dan penyesuaian data
  9. Melakukan perhitungan gaji untuk karyawan perusahaan
  10. Melakukan kegiatan surat menyurat

 

Keahlian yang Harus Dimiliki Staff Akuntansi

 

keahlian staff akuntansi

Untuk dapat melakukan semua tugas staff akuntan, tentu saja Anda perlu didukung oleh keterampilan tertentu. Berikut adalah beberapa keterampilan yang Anda butuhkan untuk menjadi ahli akuntansi, yang dapat Anda tuliskan dalam surat lamaran kerja akuntan Anda:

 

1. Latar belakang pendidikan akuntansi

 

Latar belakang pendidikan akuntansi merupakan kualifikasi yang harus dimiliki oleh staff akuntansi karena semua pekerjaan staff akuntansi berkaitan erat dengan ilmu akuntansi.

Baca Juga :   Lowongan Kerja Terbaru untuk Sarjana Hukum di PT KIMA. Buruan Daftar!

2. Keterampilan administrasi

 

Tugas staff akuntansi juga erat kaitannya dengan tugas manajemen seperti surat menyurat dan entri data, jadi jika Anda ingin menjadi staff akuntansi, Anda wajib memiliki keterampilan manajemen.

 

3. Ketelitian

 

Pekerjaan staff akuntansi tidak terlepas dari perhitungan laporan keuangan perusahaan dan memasukkannya dalam laporan. Tentunya untuk melakukan pekerjaan ini Anda harus teliti agar tidak terjadi kesalahan perhitungan yang dapat merugikan keuangan perusahaan Anda.

 

4. Mahir Mengoperasikan Microsoft Excel

 

Setiap tugas pembuatan laporan dilakukan menggunakan Microsoft Excel, bukan perhitungan manual. Tentunya di sini Anda diharapkan untuk mempelajari berbagai rumus Microsoft Excel yang biasa digunakan dalam akuntansi.

 

5. Komunikasi yang baik

 

Seorang staff akuntan juga harus mampu berkomunikasi dengan baik. Dengan komunikasi yang baik, akan lebih mudah bagi Anda untuk menyampaikan laporan yang Anda buat, dan pimpinan Anda akan mudah memahaminya. Kemampuan komunikasi yang baik juga akan memudahkan Anda untuk bekerjasama dengan rekan kerja.

 

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Staff Akuntansi

 

tips Surat Lamaran Kerja Staff Akuntansi

Setelah mengetahui apa itu staff akuntan dan kemampuan apa saja yang harus Anda miliki, berikut kami sertakan beberapa tips dalam menulis surat lamaran kerja staff akuntansi supaya surat lamaran anda terlihat lebih menarik.

 

1. Tekankan Keterampilan Akuntansi Anda

 

Saat menulis surat lamaran kerja staff akuntansi, Anda harus bisa meyakinkan manajer perekrutan bahwa Anda adalah kandidat yang tepat untuk posisi tersebut. Hal ini tentunya sangat baik jika Anda sudah memiliki pengalaman kerja sebagai akuntan. Namun, jika Anda tidak memiliki pengalaman kerja, tekankan keterampilan yang Anda miliki. Contoh keterampilan yang dapat anda sertakan meliputi:

 

Hard skill:

  • Entri data keuangan,
  • Menguasai Microsoft Office,
  • Tax returns,
  • Risk analysis

️Soft skill:

  • Memperhatikan detail,
  • Manajemen waktu,
  • Teliti,
  • pemikiran analitis,
  • Kemampuan berkomunikasi

 

Sertakan Sertifikat Akuntansi Anda

 

Ada banyak sertifikat akuntansi yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan karir akuntan Anda. Jika Anda memiliki salah satu dari sertifikat tersebut, ingatlah untuk menuliskannya di surat lamaran kerja staff akuntansi Anda. Berikut ini adalah contoh sertifikat dan lisensi akuntansi untuk surat lamaran pekerjaan.

  • Certified Public Accountant (CPA)
  • Certified Internal Auditor (CIA)
  • Certified Financial Analysis (CFA)
  • Certified Financial Planner (CFP)
  • Certificate Management Accountant (CMA)

 

Tekankan Keterampilan Analisa Anda

 

Untuk menjadi seorang akuntan, Anda membutuhkan keterampilan analitis yang tajam. Seperti disebutkan sebelumnya, tugas seorang akuntan banyak berhubungan dengan angka dan uang. Akuntan membutuhkan pemikiran, mindset, dan daya analisis yang baik.

Baca Juga :   Syarat Surat Lamaran Kerja

 

Lampirkan CV Akuntansi Anda Bersama dengan Surat lamaran Kerja Akuntansi

 

Saat membaca persyaratan pekerjaan akuntan, perhatikan dokumen yang menjadi persyaratan pekerjaan akuntan. Setiap perusahaan memiliki persyaratan yang berbeda, tetapi dokumen yang pasti diperlukan adalah Curriculum Vitae (CV).

 

Periksa Kembali Surat Lamaran Kerja dan Kelengkapan Dokumen Anda

 

Kedengarannya mudah, tetapi hal ini berdampak besar pada lamaran pekerjaan seorang akuntan. Sebelum mengirimkan lamaran kerja staff akuntan, Anda harus memeriksa hal berikut:

 

  • Pastikan tujuan surat, nama perusahaan, alamat perusahaan, alamat email tujuan, dan posisi yang diinginkan sudah benar.
  • Baca seluruh surat lamaran dan pastikan tidak ada kesalahan ketik apa pun.
  • Pastikan semua dokumen yang diperlukan telah dilampirkan.

 

Setelah semuanya diperiksa, kirimkan surat lamaran kerja staff akuntansi Anda dan tunggu dengan sabar untuk proses selanjutnya.

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Staff Akuntansi

 

Nah, setelah menyimak beberapa hal di atas, berikut adalah beberapa contoh surat lamaran kerja staff akuntansi yang dapat anda jadikan sebagai referensi.

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Staff Akuntansi Fresh Graduate

 

akuntan fresh graduate

Yogyakarta, 17 Februari 2021

 

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.
Pimpinan PT Bangun Usaha
Jl. Diponegor No. 7
Pati

 

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi lowongan yang saya terima pada tanggal 15 Februari 2021 dari website https://www.LokerJogja.com, saya ingin menyatakan minat saya untuk bergabung dengan PT Bangun Usaha dan dengan ini saya mengajuan permohonan lamaran pekerjaan sebagai Staff Accounting di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

 

Berikut data singkat tentang diri saya:

Nama: Abdur Rozak
Tempat, tanggal lahir: Sleman, 11 Januari 2002

Jenis Kelamin: Laki-laki

Pendidikan terakhir: Jurusan Akuntansi – SMKN 1 Yogyakarta
Alamat: Jalan alas No. 5, Mlati, Sleman, Yogyakarta
No. Telp: 085174926363
Email: RozakAbdur02@gmail.com

 

Saya seorang fresh graduate dengan latar belakang pendidikan yang memenuhi kriteria yang dipersyaratkan. Saya dapat bekerja menggunakan komputer dan siap bekerja baik individu maupun sebagai tim.

 

Untuk melengkapi persyaratan administrasi, berikut saya lampirkan beberapa berkas yang dapat Bapak/Ibu pertimbangkan, antara lain:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir
  3. Fotokopi Transkrip Nilai
  4. Fotokopi KTP
  5. Fotokopi KK
  6. Fotokopi SKCK
  7. Pas foto terbaru ukuran 3×4

 

Demikian surat lamaran kerja ini saya sampaikan, saya sangat berharap untuk diberikan kesempatan ke tahap selanjutnya agar Bapak/Ibu dapat menggali potensi dan kemampuan yang saya miliki. Atas perhatian dan kesempatan yang Bapak/Ibu berikan, saya ucapkan terima kasih.

Baca Juga :   Contoh Surat Lamaran Kerja Sebagai Kurir

 

Hormat saya,

Abdur Rozak

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Staff Akuntansi Berpengalaman

 

akuntan berpengalaman

Kuningan, 18 Maret 2021

 

Kepada
Yth. Bapak/Ibu Direktur PT. Berkah Abadi
Di –
Jl. Dharma No 37 Kuningan

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini dengan keterangan sebagai berikut:

Nama : Agus Fauzan
Tempat, Tanggal lahir: Jagara, 4 Mei 1991
Usia: 30 tahun
Alamat: Jl. Jagara No. 29, Kuningan
Jenis kelamin: laki-laki
Pendidikan Terakhir: S1 Manajemen
No Sel: 087887800788
Email: fauzanAgus91@gmail.com

 

Dengan ini saya melamar untuk diangkat sebagai Accounting Manager. Saya memiliki 2 tahun pengalaman di bidang akuntansi dan saya siap bertanggung jawab atas proses akuntansi perusahaan. Sehubungan dengan itu, dengan ini saya sertakan dokumen-dokumen sebagai berikut:

  1. Fotokopi Ijazah terakhir yang dilegalisir 1 (satu) lembar;
  2. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) 1 (satu) lembar;
  3. Fotokopi Surat Keterangan Sehat 1 (satu) lembar;
  4. Fotokopi KTP 1 (satu) lembar;
  5. Daftar Riwayat Hidup;
  6. Pas foto ukuran 4×6 3 (tiga) lembar;
  7. Surat pengalaman kerja

 

Demikian surat lamaran ini saya buat. Atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan terima kasih.

 

Sungguh-sungguh,

Agus Fauzan

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Staff Akuntansi Bahasa Inggris

 

Surat Lamaran Kerja Staff Akuntansi bahasa inggris

Dear Hiring Manager:

 

Learning of UPM Company’s need for an Accountant from the website, I found it challenging to apply for the position. As an accounting major, I learned a lot both from college also other courses held by companies and institutes. And with my past 3 years experience as a part-time accountant for my professor’s startup called GOOD believe I will exceed your expectations for this role.

 

I am proficient in accounting software including, Microsoft Excel, Word, PowerPoint, and various other accounting software like Oracle. Also, I do excel within highly pressured working atmosphere in productivity that performs good independent and team-oriented environments, all resumed in the enclosure.

 

With my general accounting operation experience and education, I am ready to provide outstanding service within your company. I look forward to have a meeting with you to talk about my plan and strategy for the business. Do let me know if you need any further information. Thank you.

 

Sincerely,

 

Amalia Putri

 

Penutup

 

Demikianlah apa yang bisa kami sampaikan tentang akuntansi dan bagaimana cara membuat surat lamaran kerja staff akuntansi, terimakasih dan selamat mencari pekerjaan!

You May Also Like