Contoh Surat Lamaran Kerja yang Sederhana dan Umum Dipakai

Surat lamaran kerja adalah salah satu dari beberapa hal pertama yang perlu Anda persiapkan saat melamar pekerjaan di suatu perusahaan. Surat lamaran dan resume adalah dua dokumen terpenting yang anda perlukan untuk mendapatkan pekerjaan dan akhirnya bergabung dengan angkatan kerja. Unsur kebahasaan surat lamaran kerja umumnya harus menggunakan bentuk surat yang baku, menggunakan bahasa yang sesuai, menggunakan teks yang benar, dan melengkapi bagian-bagian surat yang berbeda sesuai dengan kriteria yang berlaku.

Istilah “surat pengantar” dan “surat lamaran” sering digunakan secara bergantian, meskipun memiliki tujuan, isi, dan panjang yang berbeda. Untuk menghindari kebingungan, artikel ini menggunakan istilah “surat lamaran” untuk menggambarkan dokumen yang tujuan utamanya adalah untuk menggambarkan keterampilan dan meringkas pengalaman.

Tentu saja jika berbicara tentang contoh surat lamaran kerja, Anda perlu mengikuti langkah-langkah cara menulis surat lamaran kerja yang benar. Surat lamaran kerja adalah surat yang berisi tujuan seseorang mencari pekerjaan di suatu lokasi tertentu. Anda perlu menulis surat lamaran kerja dengan baik dan benar jika memang benar-benar ingin bekerja di tempat tertentu. Tanpa surat lamaran kerja, perusahaan atau institusi yang Anda lamar tidak akan pernah melihat seseorang yang memiliki keinginan untuk bekerja dan ingin bekerja dengan serius. Untuk melakukannya, Anda perlu mengirimkan surat lamaran kerja agar Anda dapat bekerja di sana.

Tentu saja, surat lamaran kerja dan cara menulis lamaran kerja tidak main-main. Banyak pelamar yang gagal dari awal seleksi administrasi karena surat lamaran kerja yang tidak teratur. Padahal, HRD pasti ingin menerima seseorang dengan latar belakang yang jelas. Oleh karena itu, mohon siapkan dokumen-dokumen penting saat melamar pekerjaan. Misalnya resume dan catatan polisi atau persyaratan untuk melengkapi SKCK. Selain itu, surat lamaran yang dibuat harus sopan, singkat, padat, dan menggunakan bahasa yang jelas. Pernyataan yang Anda gunakan tidak boleh terlalu panjang dan lebar agar HRD dapat menganggapnya sebagai sesuatu yang menarik. Untuk lebih memahami surat lamaran kerja, Anda bisa melihatnya di bawah ini.

Baca Juga :   Lowongan Pekerjaan Terbaru September 2021, PT Geo Dipa Energi. Minat?

Karawang, 7 Oktober 2021

Kepada:

Yth. Bapak/Ibu Kepala HRD PT Kalbe Farma Tbk

Di tempat

Perihal: Lamaran pekerjaan sebagai apoteker

Dengan hormat

Yang bertandatangan di bawah ini:

Nama: apt. Putri Salsabila, S.Farm

Tempat, Tanggal Lahir: Purwakarta, 13 Januari 1997

Usia: 23 tahun

Pendidikan terakhir: S1 Farmasi, Universitas Sebelas Maret

Alamat Asal : Jalan Macasan Rt / Rw 03/03 No 17, Solo, Jawa Tengah

Tempat tinggal : Solo

Nomor telepon: 08989048462

Berdasarkan lowongan kerja di apotek baru di kawasan Jalan Kota Solo, saya berencana untuk mengajukan lamaran kerja ke perusahaan terkemuka untuk memantapkan posisi sebagai apoteker. Saya lampirkan resume, fotokopi KTP, SIM Tipe C, gelar sarjana di bidang farmasi, dan berbagai sertifikat dukungan untuk dipertimbangkan.

Demikian surat lamaran kerja yang benar ini saya buat dengan sebaik-baiknya. Saya berharap saya akan diterima dan akan berada di posisi yang dibutuhkan oleh perusahaan yang Anda pimpin. Terima kasih atas perhatian Anda.

Hormat Saya

apt. Putri Salsabila, S.Farm

Surat lamaran Anda akan berfungsi sebagai rujukan formal (meskipun bukan pribadi) kepada calon majikan Anda. Ini mencakup latar belakang Anda, merangkum pengetahuan dan pengalaman Anda, dan berisi beberapa detail tentang mengapa Anda memenuhi syarat untuk posisi itu. Lebih penting lagi, surat lamaran menyatakan niat Anda untuk melamar pekerjaan tertentu untuk organisasi, perusahaan, atau bisnis.

 

You May Also Like