Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Sebagai Kasir

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Sebagai Kasir – Seperti yang kita ketahui, surat lamaran kerja adalah surat yang diajukan oleh seseorang kepada suatu perusahaan (instansi) agar dapat diterima sebagai pegawai pada suatu jabatan tertentu. Surat lamaran kerja pada dasarnya adalah surat pribadi yang formal. Informasi lowongan kerja ini dapat Anda peroleh dari media cetak, media online, teman, atau informasi lainnya.

 

Surat lamaran kerja sebagai kasir termasuk dalam kategori surat lamaran kerja penjualan dan retail. Beberapa orang yang melamar pekerjaan mengalami kesulitan untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Pada dasarnya, membuat surat lamaran tidak terlalu sulit. Asalkan Anda memperhatikan unsur-unsur dalam surat lamaran kerja.

 

Unsur-Unsur Surat Lamaran Pekerjaan

 

Berikut ini beberapa unsur surat pekerjaan yang perlu Anda perhatikan

 

Tempat dan Tanggal Surat

 

Disini anda menuliskan di mana Anda menulis surat itu. Untuk tempat biasanya ditulis atas nama kabupaten atau kota. Lalu masukkan tanggal, bulan dan tahun untuk waktu penulisan surat.

 

Hal atau Perihal

 

Hal atau perihal adalah intisari atau isi dari sebuah surat pendek. Misalnya lamaran kerja, lamaran pekerjaan, melamar pekerjaan, dll.

 

Lampiran

 

Jika Anda ingin menyertakan dokumen seperti curriculum Vitae (CV), fotokopi ijazah, dan dokumen lainnya sebagai lampiran, harap sertakan berapa banyak jumlahnya di bagian lampiran, misalnya 8 (tujuh) lembar.

 

Alamat

 

Alamat ini berisi kepada siapa surat ditujukan (nama orang atau jabatan) dan alamat surat tujuan. Misalnya Yth. Bapak/Ibu HRD PT. Jaya Selalu Jl. Sejahtera No. 15, Batununggal Bandung.

Baca Juga :   Contoh Surat Lamaran Kerja Sebagai Sekretaris

 

Salam Pembuka

 

Salam pembuka merupakan penghormatan kepada penerima surat, misalnya dengan hormat, Assalamu’alaikum Wr. Wb. dan lain sebagainya

 

Isi Surat

 

pembukaan

Biasanya, sumber informasi dari lamaran pekerjaan ditulis disini. Misalnya informasi dari media cetak, media sosial, dan informasi lainnya

 

isi

Bagian ini menjelaskan identitas pelamar, maksud dan tujuan pelamar, dan persyaratan manajemen yang diminta oleh perusahaan.

 

Penutup

 

Bagian penutup berisi kesimpulan, harapan pelamar, dan ucapan terimakasih

 

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Sebagai Kasir

Sebelum melanjutkan pembahasan mengenai contoh surat lamaran kerja kasir. Berikut adalah beberapa tips dan trik dasar untuk menulis lamaran kerja sebagai kasir.

 

1. Menggunakan Bahasa Formal

 

Surat lamaran kerja adalah surat resmi, jadi Anda harus menggunakan bahasa formal yang sesuai dengan tata bahasa Indonesia yang berlaku.

 

2. Mengetahui Format Surat Lamaran Kerja

 

Anda perlu mengetahui format surat lamaran kerja, seperti mengetahui peletakan tanggal yang benar atau mengetahui format penempatan badan usaha atau instansi yang dituju. Hal ini dilakukan supaya nantinya surat lamaran terlihat lebih rapi dan profesional

 

3. Menggunakan Bahasa yang Baik dan Sopan

 

Saat menulis surat lamaran kerja, Anda perlu memperhatikan gaya bahasa Anda. Anda perlu menggunakan bahasa yang baik dan sopan dan jangan sampai Anda terlihat sedang menyombongkan diri.

 

4. Menuliskan Data-Data Sesuai Dengan Apa Adanya

 

Surat lamaran kerja harus ditulis sesuai fakta yang ada dan dapat dipertanggungjawabkan, jangan sampai Anda menuliskan kebohongan atau melakukan pemalsuan dokumen dalam surat lamaran kerja.

 

5. Menulis Surat Lamaran Dengan Singkat, Padat, dan Jelas

 

Pastikan untuk hanya menulis  hal-hal penting yang terkait dengan pekerjaan yang Anda lamar di surat lamaran Anda. Tidak perlu dibuat panjang lebar apalagi sampai bertele-tele.

 

Kelima hal di atas adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui saat menulis surat lamaran kerja. Setelah mengetahui unsur dan tips dalam membuat surat lamaran kerja, berikut beberapa contoh surat lamaran kerja sebagai kasir yang bisa Anda jadikan referensi.

Baca Juga :   Contoh Surat Lamaran Kerja Sebagai Barista

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Sebagai Kasir Indomaret

 

Madiun, 11 Februari 2022

Kepada Yth.

Kepala Staf PT. Indomarco Prismatama

JL Mangga Muda, No 63, Manisrejo, Madiun, Kota Madiun.

 

Dengan hormat,

Dengan ini saya bermaksud melamar posisi di PT. Indomarco Prismatama yang Bapak/ibu pimpin. Sehubungan dengan hal tersebut di atas, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Muhammad Ibnu

Tempat/Tanggal Lahir : Madiun, 8 Agustus 1996

Alamat: Jl. Jenderal Sudirman No. 4 Madiun

Pendidikan terakhir: SMA

No HP : 083443804083

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa berkas yang saya miliki:

 

  1. Daftar riwayat hidup
  2. Fotokopi ijazah terakhir
  3. Fotokopi transkrip nilai
  4. Fotokopi KTP
  5. Fotokopi SKCK
  6. Surat keterangan sehat dari dokter
  7. Pas foto terbaru 3×4 dan 4×6 masing-masing 3 lembar

Demikian surat ini saya buat,besar harapan saya saya dapat diterima untuk bergabung dan bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

Muhammad ibnu.

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Sebagai Kasir Alfamart

 

Perihal: Lamaran kerja

Senin, 23 januari 2022

Kepada Yth :
Bapak/Ibu HRD
PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (cabang Balaraja)
Di Jl. S.Parman No.1 Medan

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi dari Marketmedan.com. Bahwa PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (cabang Balaraja) membuka lowongan pekerjaan. Maka dengan surat lamaran kerja ini saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagai kasir di perusahaan yang anda pimpin.

Mengenai data pribadi saya, saya dapat menjelaskan secara singkat sebagai berikut:

Nama : Anisa Putri

tempat / tanggal lahir : Tigaraksa, 27 Maret 2004
Jenis kelamin: Perempuan
Usia: 17 tahun
Pendidikan terakhir: SMAN 1 Tigaraksa
Alamat: Jl. Aria Jaya Santika no. 79
Telp / Hp / Email : 082222802820 / AnisaPutri62@gmail.com

Saya adalah lulusan baru SMAN 1 Tigaraksa. Dengan karakter saya yang ramah, jujur ​​dan mampu berkomunikasi dengan baik. Saya benar-benar berniat untuk bekerja sebagai kasir

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa data saya di bawah ini:

  1. Foto ukuran 4 X 6 1 lembar
  2. Fotokopi Ijazah 1 lembar
  3. Fotokopi KTP 1 lembar
  4. Fotokopi transkrip nilai 1 lembar
  5. Curriculum Vitae(CV) 1 lembar
  6. Fotokopi Kartu Keluarga 1 lembar
  7. Fotokopi sertifikat PKL 1 lembar
Baca Juga :   PT Hutama Karya Membuka Lowongan Kerja Terbaru. Buruan Daftar!

Demikian surat lamaran kerja ini say sampaikan. Dan saya sangat berharap bisa bekerja sebagai kasir di salah satu gerai PT. Sumber Alfaria, Tbk (cabang Balaraja). Atas perhatian dan kesempatan yang telah Bapak/Ibu berikan kepada saya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Anisa Putri

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Sebagai Kasir Dalam Bahasa Inggris

 

Pekalongan, Juni 22th 2020

Encl : 1 bundle
Head of personal Dapartment

PT. Indomart Jl. Sutomo No.22 Pekalongan
Subject : Job Application

Dear sir,
Based on job advertisements in the day Juny 12th 2020 edition of the Tribunnews that you need worker for the cashier position. So i hereby submit a job application for that situation

As for mya personal data as follows :

Name : Jon
Place and Date Of Birth : Pekalongan,  July 22th 1995
Education : Graduate of SMKN 1 Pekalongan
Address : Jl. Kenangan No.1
Hp :0856683693

I once worked as a cashierfor 2 years, i have also taken the job training for cashier work for 4 months. I believe can work well.
For your considerations, i altach here with :

  1. Curriculum vitae
  2. Copy Of The Last Educate And Transcripts
  3. Copy Of Certificate Of Industrial Work Practies
  4. Copy Of The Certificate Of Vacational Training
  5. Copy Of Identity Card
  6. Copy Of Certificate Computer
  7. Copy Of A Letter To Police Record ( Skck )
  8. Photograph Size 4×3 3 Sheets

Simiraly, the job application letter i created. I hope you will consider this proposal and gave me a chance to interview. For the attention and discreation i say thank your.

Sincerely

Jon

Demikianlah beberapa contoh surat lamaran kerja sebagai kasir yang baik dan benar beserta tips penulisannya. Pastikan untuk melengkapi dokumen yang diperlukan, seperti resume kasir (CV), fotokopi KTP, dan dokumen lainnya. Anda dapat menambahkan dukungan atau dokumentasi tambahan seperti sertifikat pelatihan, pengalaman magang dan sebagainya. Anda dapat melihat artikel kami lainnya disini, dan semoga artikel ini dapat membantu.