Fungsi Satelit pada Jaringan Telekomunikasi

Fungsi Satelit pada Jaringan Telekomunikasi

bacakata.com – Fungsi Satelit pada Jaringan Telekomunikasi. Satelit  merupakan suatu benda yang mengorbit dengan periode revolusi dan rotasi tertentu. Satelit  memiliki dua jenis, yaitu satelit alam dan satelit buatan. Contoh satelit alam adalah bulan, sedangkan satelit buatan contohnya satelit Palapa yang mengelilingi bumi. Kali ini kita akan membahas tentang fungsi satelit buatan pada jaringan komunikasi.

fungsi satelit

Fungsi Satelit pada Jaringan Telekomunikasi

Berdasarkan fungsinya, satelit dapat dibedakan menjadi 9 jenis berikut.

  1. Satelit astronomi, yaitu satelit yang digunakan untuk mengamati planet, galaksi, dan objek angkasa lainnya yang jauh.
  2. Satelit komunikasi, yaitu satelit yang dipasang di angkasa dengan tujuan telekomunikasi menggunakan radio pada frekuensi gelombang mikro. Kebanyakan satelit komunikasi menggunakan orbit geosinkron atau orbit geostasioner, meskipun beberapa tipe terbaru menggunakan satelit pengorbit bumi rendah.
  3. Satelit pengamat bumi, yaitu satelit yang dirancang khusus untuk mengamati bumi dari orbit, seperti satelit Reconnaissance, tetapi ditujukan untuk penggunaan non-militer seperti pengamatan lingkungan, meteorologi, pembuatan peta, dan lain-lain.
  4. Satelit navigasi, yaitu satelit yang menggunakan sinyal radio yang disalurkan ke penerima di permukaan tanah untuk menentukan lokasi sebuah titik dipermukaan bumi. Salah satu satelit navigasi yang sangat populer adalah GPS milik Amerika Serikat dan Glonass milik Rusia. Jika pandangan antara satelit dan penerima di tanah tidak ada gangguan, maka dengan sebuah alat penerima sinyal satelit (penerima GPS), bisa diperoleh data posisi di suatu tempat dengan ketelitian beberapa meter pada keadaan nyata.
  5. Satelit mata-mata adalah satelit pengamat bumi atau satelit komunikasi yang digunakan untuk tujuan militer atau mata-mata.
  6. Satelit tenaga surya, yaitu satelit yang diusulkan untuk dibuat di orbit bumi tinggi yang menggunakan transmisi tenaga gelombang mikro untuk menyorotkan tenaga surya pada antena yang sangat besar di bumi yang dapat digunakan untuk menggantikan sumber tenaga
  7. Stasiun angkasa, yaitu struktur buatan manusia yang dirancang sebagai tempat tinggal manusia di luar angkasa. Stasiun luar angkasa dibedakan dengan pesawat angkasa lainnya oleh ketiadaan propulsi pesawat angkasa utama atau fasilitas pendaratan; dan kendaraan lain  digunakan sebagai transportasi dari dan ke stasiun. Stasiun angkasa dirancang untuk hidup jangka menengah di orbit, untuk periode mingguan, bulanan, atau bahkan tahunan.
  8. Satelit cuaca, yaitu satelit yang digunakan untuk mengamati cuaca dan iklim bumi.
  9. Satelit miniatur, yaitu satelit yang ringan dan kecil. Klasifikasi baru dibuat untuk mengelompokkan satelit-satelit ini: satelit mini (500-200 kg), satelit mikro.
Baca Juga :   Realme C21Y Hadir Dengan Harga Sejutaan Saja, Inilah Spesifikasi Lengkap Serta Harganya

 

Itulah sembilan jenis satelit yang dibedakan berdasarkan fungsinya. Semoga bermanfaat ya..

ativador window 11

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.