Panduan Lengkap Menggunakan Keyword Planner Indonesia untuk Bisnis Anda

By | Agustus 7, 2021

Mempelajari SEO mungkin terbilang mudah. Namun, untuk mempraktikkannya, Anda akan membutuhkan banyak riset dan analisis. Terutama, dalam hal kata kunci. Jika kita ibaratkan rumah, kata kunci merupakan pondasi utama. Nah, bagi Anda yang sedang menekuni Google  Ads atau sedang melakukan riset keyword untuk keperluan SEO, maka keyword planner Indonesia bisa menjadi solusi jitu.

Baca Juga : Panduan Lengkap Mengenai Cara Pasang Iklan Google Adwords

Lantas, bagaimana cara menggunakan Google keyword planner? Yuk, simak panduan lengkapnya di bawah ini!

Menggunakan Keyword Planner Indonesia

Mengenai Google Keyword Planner

Google Keyword Planner merupakan keyword planner Indonesia yang termasuk dalam layanan google Ads. Alat ini pada dasarnya memang dibuat untuk keperluan membuat iklan di Google Ads. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menggunakannya untuk keperluan lain yakni untuk riset keyword SEO.

Karena keyword finder ini merupakan fitur dari Google Ads, maka Anda perlu mendaftar terlebih dahulu ke Google Ads untuk menggunakannya. Hanya saja, Anda bisa menggunakan Google Keyword Planner tanpa harus memasang iklan di Google.

Cara Menggunakan Google Keyword Planner

Simak cara-cara praktis dan mudah khususnya bagi pemula dalam menggunakan Google Keyword Planner

1. Masuk ke Google Ads

Fitur keyword planner Indonesia hanya dapat diakses apabila Anda sudah login ke akun Google Adwords. Maka dari itu, pastikan Anda telah membuat akun sebelumnya. Anda dapat membuat akun secara gratis dan dapat memanfaatkan fasilitas keyword research secara gratis di mana saja dan kapan saja. Anda baru akan dikenakan biaya apabila Anda memasang iklan melalui Google Adwords.

Baca Juga :   Petunjuk Cara Bayar Shopee Paylater dengan 3 Metode Pembayaran

Jika Anda sudah berhasil masuk, maka Anda dapat secara langsung menuju ke menu Keyword Planner. Caranya, tekan menu fitur yang bergambar obeng terletak di bagian kanan atas. Selanjutnya, akan muncul beberapa menu yang berkaitan dengan kata kunci. Nah, carilah menu Keyword Planner di sana.

2. Buka Fitur Keyword Planner

Terdapat dua fitur utama yang dapat Anda manfaatkan dari Google Keyword Planner. Fitur yang pertama adalah “Discover New Keywords” dan fitur yang kedua adalah “Get Search Volume and Forecast”.

Fitur yang pertama merupakan fitur yang berguna untuk membantu Anda menemukan kata kunci yang sesuai. Sedangkan fitur yang kedua berguna untuk memperkirakan biaya apabila Anda memasang iklan menggunakan kata kunci hasil pencarian.

Untuk menggunakan fitur pencarian keyword pada keyword planner Indonesia, Anda tinggal mengetik kata-kata mengenai bisnis atau jasa yang disediakan oleh bisnis Anda. Nantinya, selang beberapa detik, keyword planner tersebut akan menampilkan daftar hasil pencarian mengenai kata kunci yang sesuai. Selain itu, dilengkapi juga dengan tingkat kompetisi, volume pencarian dalam sebulan,  serta biaya per klik terendah dan tertinggi.

3. Ketik Kata yang Berkaitan dengan Bisnis Anda

Setelah Anda menentukan fitur mana yang akan Anda gunakan, maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengetik kata kunci pada kolom yang sudah disediakan. Anda bisa mengetik kata yang berkaitan dengan jasa atau produk yang disediakan. Selain itu, bisa juga dialihkan ke manfaat dari produk yang disediakan untuk mendapatkan rekomendasi kata kunci yang lebih kompleks.

Dalam aktivitas keyword search ini, Anda dapat memilih kata kunci yang paling ideal. Caranya adalah dengan memperhatikan volume pencarian dan tingkat kompetisinya. Pada umumnya, penentuan kata kunci ini dapat Anda lakukan dengan memilih tingkat kompetisi yang rendah dengan volume pencarian yang tinggi.

Baca Juga :   Mari Mempelajari Apa Itu Trading Forex? Pengertian dan Cara Kerjanya

Selanjutnya, akan muncul daftar rekomendasi dengan jumlah yang bisa mencapai ratusan atau bahkan ribuan.

Nah itu dia panduan lengkap menggunakan keyword planner Indonesia. Tool tersebut tentu sangat berguna bagi Anda yang ingin riset keyword baik untuk Google Ads maupun kebutuhan SEO. Pastikan Anda menggunakan keyword planner 2021 terbaik untuk mendukung bisnis Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *