Perbedaan Layar TFT, IPS, Oled, Amoled, Super Amoled

By | November 17, 2021
layar LCD banyak digunakan di SmartPhone

Beberapa jenis layar hp yang digunakan di ponsel atau smartphone, masing-masing jenis atau jenis layar memiliki perbedaan dan kelebihannya sendiri, beberapa jenis layar dianggap lebih baik daripada yang lain. dan berikut beberapa layar LCD yang banyak digunakan di SmartPhone

TFT-LCD

TFT atau Thin Film Transistor, merupakan jenis layar LCD handphone atau smartphone menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik dan resolusi yang lebih tinggi dari jenis layar LCD generasi sebelumnya. Termasuk gambar dan resolusi lebih tinggi jika dibandingkan dengan generasi layar sebelumnya.

Namun Layar TFT mempunyai keterbatasan pada sudut pandang dan visibilitas yang sempit ketika berhadapan dengan cahaya langsung atau sinar matahari.

Layar TFT mengkonsumsi daya baterai yang cukup besar, sehingga kurang bagus untuk pemakaian yang lama. Tipe layar TFT biasanya terdapat pada SmartPhone kelas bawah dengan harga yang lebih murah.

IPS-LCD

IPS adalah kepanjangan dari In Place Switching, layar jenis ini memiliki tampilan dan sudut pandang lebih baik dari layar TFT.

Layar IPS pada Smartphone, menggunakan daya baterai yang lebih hemat daripada tipe TFT, memberikan kontribusi agar daya tahan baterai lebih lama. Jenis Layar IPS banyak digunakan pada Smartphone kelas menengah ke atas, berkualitas tinggi, dan biasanya harganya lebih mahal daripada SmartPhone dengan layar TFT.

Salah satu masalah Layar IPS adalah layarnya membayang itu yang menjadi salah satu kelemahan dari tipe layar ponsel ini.

OLED-LCD

OLED atau Organic Light Emitting Diode dioda memiliki lapisan organik pemancar cahaya. Ini adalah teknologi layar terbaru di smartphone dan monitor.

OLED atau Organic Light Emitting Diode dioda memiliki lapisan organik pemancar cahaya. lapisan bahan organik (berbasis karbon) dimasukkan di antara dua bagian bahan konduktif (anoda dan katoda), yang kemudian dimasukkan kembali antara pelat kaca atas (segel) dan pelat kaca bawah (substratum).

Baca Juga :   Spek Dan Harga Samsung Galaxy M62, Rilis Resmi Ke Indonesia Dengan Baterai 7.000 mAh

Ketika pulsa listrik diterapkan pada dua potong bahan konduktif, bahan organik akan menghasilkan cahaya listrik bercahaya.

Kecerahan dan warna dapat bervariasi tergantung pada pulsa listrik.

Kelebihan dari OLED sendiri merupakan kemampuannya untuk menampilkan warna hitam secara nyata karena dapat mematikan langsung setiap individu piksel. Hal tersebut juga memungkinkan OLED menjadi lebih irit baterai dengan tidak perlu menghidupkan cahaya pada warna hitam. sudut pandang lebih lebar, kecerahan lebih tinggi, dan desain yang sangat ringan.

AMOLED

AMOLED atau Active Matrix Organic Light Emitting Diode, merupakan tipe dari jenis layar OLED yang digunakan pada Smartphone berkualitas tinggi.

Layar AMOLED mempunyai semua fitur dan fungsi dari jenis layar OLED, seperti menghasilkan warna yang cemerlang, kekuatan baterai lebih baik, kecerahan lebih tinggi, ketajaman dan ringan.

OLED yang aktif disebut AMOLED, matriks dioda pemancar cahaya organik yang aktif, dan yang pasif disebut PMOLED, sebuah pemancar dioda matriks matriks pasif.

Layar AMOLED ini memiliki tingkat kecerahan (brightness) tinggi dalam tampilannya. Teknologi AMOLED mengemas fitur penyetelan RGB, yang dapat membuat warna foto ataupun video lebih stabil, sehingga tampilannya lebih cerah dan tajam. Teknologi ini memiliki tingkat konsumsi energi yang rendah atau hemat daya, sehingga konsumsi listriknya minimal serta baterai dapat bertahan dalam waktu yang lama.

Super AMOLED

Super AMOLED adalah versi lanjutan dari AMOLED yang dikembangkan oleh Samsung.

Sensor sentuh terintegrasi ke dalam layar tanpa harus menambahkan lapisan khusus ke sensor sentuh.

Oleh karena itu, ukurannya akan jauh lebih tipis dibandingkan dengan layar OLED yang sensor sentuhnya dibangun dalam lapisan terpisah.

Layar Smartphone Super AMOLED ini juga jauh lebih responsif daripada layar tampilan AMOLED lainnya, sehingga dalam satu sentuhan layar hp akan langsung merespon.

Baca Juga :   HP OPPO A74 5G HP Dengan Konektivitas 5G Murah Yang Dibanderol Dengan Harga Rp 3,7 Jutaan Saja

Smartphone sekarang dengan harga menengah keatas sudah menggunakan layar Super Amoled ini.

Teknologi layar Super AMOLED tidak memerlukan lapisan layar sentuh tambahan karena sudah terintegrasi dan menyatu di dalamnya. Kelebihan ini memungkinkan respon yang lebih cepat dan dapat juga ditingkatkan dengan adanya refresh rate yang lebih tinggi.

Layar Super AMOLED punya tingkat kontras yang lebih tinggi dibanding panel lainnya. Pasalnya pixel-nya bisa dimatikan secara individu, yang artinya saat menampilkan gambar hitam, warnanya akan benar-benar hitam pekat.

Panel Super AMOLED mengkonsumsi daya yang lebih rendah karena tidak membutuhkan backlight tambahan. Setiap pixel-nya bisa menghasilkan cahaya sendiri, dan saat menampilkan warna hitam, berarti pixel-nya benar-benar mati. Alhasil pengguna mengaktifkan dark mode yang didominasi warna hitam, maka konsumsi daya akan lebih rendah ketimbang tidak menggunakan dark mode.

Warna yang Lebih Tajam Layaknya panel OLED dan AMOLED, panel Super AMOLED bisa menampilkan pilihan warna yang lebih luas. Ditambah dengan kontras yang tinggi, maka gambar yang ditampilkan di panel ini pun akan lebih menawan.

Tidak diperlukannya backlight di panel ini membuat panel layar Super AMOLED lebih tipis dibanding panel yang membutuhkan backlight, juga relatif lebih ringan. Hal ini membuat pabrikan ponsel bisa membenamkan sensor sidik jari di bawah layar dengan panel ini.

Baca juga HP 2 Jutaan