Membuat Undangan Pernikahan Sendiri Dengan Biaya Murah

By | November 15, 2021

Membuat Undangan Pernikahan Sendiri merupakan komponen penting dalam sebuah acara, Selain itu, undangan juga berfungsi sebagai media penyampai kabar bahagia sekaligus silaturahmi.

Di era digital seperti ini, membuat undangan pernikahan pun sangatlah mudah, banyak di onlin atau tempat percetakan percetakan di sekitar kita.

Tapi sebenarnya, dengan beberapa cara, Anda bisa menghemat biaya pernikahan Anda, salah satunya dengan membuat undangan pernikahan sendiri.

Bagaimanakah cara biar bisa menghemat biaya dan undangan tetap terlihat bagus dan elegan

disini akan saya berikan tips dan trik membuat undangan sendiri dengan biaya yang minimalis

Contoh Undangan Pernikahan
  1. Desain

Desain merupakan hal yang utama untuk perencanaan awal undangan yang akan kita buat. Anda yang tidak jago desain juga tidak perlu khawatir kalau mau mencetak undangan pernikahan sendiri. Saat ini ada banyak jenis template undangan yang bisa Anda temukan, unduh, dan gunakan secara gratis dari internet.

Dengan menggunakan template undangan gratis ini, Anda bukan hanya bisa menghemat budget undangan pernikahan saja, tapi hal ini juga bisa menghemat waktu Anda cukup banyak. anda tinggal mengubah nama tempat dan beberapa yang mungkin dirasa kurang menarik.

 Berikut adalah beberapa template undangan yang bisa kamu dapatkan sebagai referensi Klik disini

  1. Jenis Kertas

Berikut adalah contoh kertas undangan yang biasanya umum digunakan.

  • Art Paper

Art paper menjadi salah satu jenis kertas undangan untuk pernikahan yang banyak digunakan. Bahan kertas Art paper mempunyai permukaan yang mengkilap. Serta buat menaikkan nilai jual umumnya art paper dilapisi dengan laminasi doff, glossy, ataupun UV. Umumnya, Art Paper digunakan sebagai pelapis luar ataupun dalam hard cover undangan. Kertas tipe ini mempunyai varian gramatur dari 85 gr, 100 gr, 120 gr serta 150 gr. untuk harga kertas ukuran a4 kisaran 375 rupiah

  • Matt Paper
Baca Juga :   Harga Terbaru Oppo Reno4 F Semakin Murah, Inilah Spesifikasi Lengkapnya

Jenis kertas undangan yang pertama yaitu matt paper. Jenis kertas yang satu ini umumnya sama dengan art paper. Pembedanya yaitu jenis kertas yang satu ini tidak mengkilap. Kertas Matt Paper sendiri kerap digunakan dalam mencetak majalah sebab dapat memberikan nuansa doff sehingga lebih terkesan elegan. Kelebihan dari jenis kertas undangan ini yaitu lebih dapat menyerap tinta dibandingkan dengan kertas art paper.

  • Jasmine

Jenis kertas undangan yang satu ini paling banyak atau sangat umum digunakan untuk keperluan cetak undanan. Kertas ini memiliki gliter-gliter berwarna yang memberikan kesan mewah pada kertas ini. Oleh sebab itu jenis kertas ini banyak digunakan untuk jenis undangan mewah. Harganya tergolong murah, tetapi tampilannya eksklusif dan menawan, apalagi jika diaplikasikan dengan desain yang sesuai.

Jenis kertas undangan Jasmine ini memiliki ciri khas berupa tekstur serpihan kristal pada setiap permukaannya. Terasa halus saat diraba, tetapi saat terkena cahaya akan tampak butir-butir kristal halus yang berkilau. Penggunaan bahan kertas ini memberikan kesan mewah, cocok untuk undangan resepsi pernikahan, sunatan, atau acara-acara formal lainnya.

  • kertas Brief Card (BC)

Banyak orang yang menamai kertas Brief Card (BC) sebagai kertas Manila. Entah karena alasan apa.

BC mempunyai banyak warna pilihan atau setidaknya 5 warna populer yang bisa didapatkan (merah, biru, kuning, hijau, putih).

Walaupun undangan yang menggunakan jenis kertas ini tergolong kategori undangan murah. Tapi jangan salah, jika saja desain undangan yang Anda buat bagus maka hasil undangan nanti bisa jadi mempunyai nilai jual lebih.

  • Samson Kraft

Jenis kertas undangan yang satu ini sebenarnya hasil daur ulang yang dimanfaat dengan baik. Kertas Samson Kraft mempunyai warna coklat kusam dengan teksture kasar bahkan terasa seperti ada pasir-pasirnya ketika diusap. Kertas Samson Kraft ini bisa menjadi bernilai ketika dibuat sebagai bahan kertas undangan.

Baca Juga :   Spek Dan Harga HP Samsung Galaxy A21s Terbaru, Dengan Kapasitas RAM 6 GB Hanya Rp 2 Jutaan

Adapun warna favorit yang sering digunakan adalah warna coklat kusam yang dianggap bisa memberi nuansa klasik sehingga jika desain undangan dibuat simple dan sebaik mungkin, maka hasil yang didapatkan bisa luar biasa. Mencetak undangan menggunakan kertas Samson ini biasanya hanya terdiri dari warna spesial, artinya hanya satu atau dua warna saja agar kesan klasiknya tidak hilang.

  • Kertas linen

Kertas linen menjadi salah satu jenis kertas undangan yang juga umum digunakan. Ciri fisik dari kertas ini yaitu memiliki tekstur yang kasar, pada permukaannya terdapat garis-garis timbul yang tipis. Kertas ini fleksibel, kalian juga bisa mencetaknya dengan metode apa saja, baik secara digital maupun manual.

Menggunakan jenis undangan ini akan terkesan unik dan mempunyai karakter yang kuat sehingga terlihat begitu mewah. Kertas Linen atau Buffalo terdiri dari beberapa varian gramasi, mulai dari 150 hingga 230 gram. Tak hanya digunakan untuk undangan saja, biasanya kertas linen digunakan untuk membuat kartu nama.

  1. Mencetak Undangan

Setelah memilih kertas yang akan digunakan dan menentukan berapa ukurannya langkah selanjutnya adalah mencetak.

undangan lazimnya memang dikerjakan menggunakan mesin cetak offset. Terlebih jika undangan jumlahnya cukup banyak, di atas 300 pcs.

Bagi Anda yang sedang kepepet, dan memang membutuhkan bajet yang minimalis saran Saya lebih baik menggunakan printer sejuta umat, Canon Pixma IP 2770. Karena kecepatan cetaknya 3x lebih cepat dibanding EPSON. Untuk kualitas hasil cetak, Saya rasa hampir sama. Meskipun banyak yang bilang EPSON lebih bagus. jika hanya untuk undangan asalkan kita seimbang di dalam pemilihan desain dan warna printer seadanya bisa dipakai untuk pencetakan undangan

untuk saat ini printer yang cukup bagus untuk mencetak undangan dengan harga yang tidak terlalu mahal memakai printer Epson L1110 dengan tinta original sudah cukup untuk mencetak undangan di kertas yang meresap tinta seperti : Brief Caard ( BC ) dengan harga murah dan bisa di segala printer, Jasmin lebih terkesan mahal tetapi harganya diatas BC, Kertas Samson Craft kertas dari daur ulang ini cukup bagus dan harganya sangat murah. Bagus digunakan untuk undangan-undangan rustik.

Baca Juga :   Harga HP Redmi Note 9 Pro Kini Makin Murah Ini Spesifikasi Lengkapnya!

jika di kertas yang mengkilap seperti Art Paper, Ivori dll. sebaiknya kita menggunakan tinta khusus seperti tinta Art Paper atau tinta pigmen

kekurangan tinta tersebut adalah cepet membuat printer mampet jika tidak dipakai lama tapi kualitasnya tidak pudar apabila terkena air.

apabila kita sudah mempunyai printer tersebut dapat digunakan sebagai langkah awal kita untuk memulai usaha percetakan baik undangan, setiker, cetak foto,sablon dll

Jika tidak mempunyai bajet yang cukup untuk membeli printer kita bisa pinjam printer ke teman kita yang mempunyai atau ke tempat rental

demikianlah cara Membuat Undangan Pernikahan Sendiri