6 Tips Jitu Memilih Hosting Bagus Indonesia untuk Pemula

By | Agustus 7, 2021

6 Tips Jitu Memilih Hosting Bagus Indonesia untuk Pemula. Dalam dunia internet, domain dan hosting adalah dua hal yang tak terpisahkan. Saat Anda ingin membangun sebuah website yang dapat diakses oleh banyak orang, tentunya Anda akan membutuhkan domain dan hosting. Domain merupakan alamat sebuah website, sedangkan hosting merupakan lokasi di mana website ini ditempatkan.

Baca Juga : 5 Cara SEO On Page Terpraktis untuk Website Anda

Memilih Hosting Bagus Indonesia

Mungkin banyak orang yang masih bingung saat memilih hosting yang tepat untuk website yang dibangun. Lalu, bagaimana cara memilih hosting bagus Indonesia? Atau Anda sedang mencari hosting terbaik Indonesia 2021? Berikut beberapa kiat yang dapat Anda terapkan.

  1. Analisis Kebutuhan Bisnis Anda

Sebelum memilih layanan hosting, langkah yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu apa saja yang dibutuhkan dari bisnis Anda. Apakah website Anda hanya membutuhkan akses cepat? Atau, apakah website Anda mempunyai traffic yang besar dan memerlukan disk space yang besar pula? Nah, pastikan Anda memilih hosting bagus Indonesia yang mampu mengakomodasi kebutuhan tersebut.

  1. Menentukan Platform

Hal utama yang perlu Anda pikirkan dalam memilih hosting adalah dengan menentukan platform yang ingin Anda gunakan. Jika Anda hanya ingin membuat blog, maka Anda bisa menggunakan WordPress, mengingat platform ini sudah banyak digunakan oleh banyak orang di dunia. Selain itu, WordPress juga cocok untuk dijalankan baik untuk blogger pemula hingga profesional.

Joomla, Drupal, WIX dan berbagai platform CMS lain dapat Anda gunakan untuk blog dan website Anda. Nah, pastikan hosting bagus Indonesia yang Anda pilih sesuai dengan platform yang Anda gunakan. Hanya saja, akan lebih baik jika Anda memilih hosting yang khusus dengan platform yang digunakan.

  1. Memeriksa Kualitas Performa Hosting
Baca Juga :   Rekomendasi 5 Situs Drama Korea Terbaik!

Kualitas merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam memilih apa saja, terutama saat memilih hosting bagus Indonesia. Periksa apa saja fitur yang mendukung kinerja website Anda agar lebih baik. Tidak hanya keamanan dan kecepatan, namun juga harus memperhatikan semua aspek.

  1. Tentukan Lokasi Target Pengunjung Website

Jika pengunjung website Anda mayoritas datang dari Indonesia, maka disarankan untuk memilih hosting Indonesia. Di mana lokasi server dan juga data center berada di Indonesia.

Beberapa perusahaan penyedia hosting terkadang mempunyai data center atau server di luar negeri. Maka dari itu, pastikan terlebih dahulu target pengunjung website Anda sebelum memilih hosting bagus Indonesia. Namun, jika target pengunjung website Anda datang dari luar negeri, Anda bisa memilih salah satu dari berbagai hosting terbaik di dunia.

  1. Lihat Potensi Traffic Website

Jika website Anda mempunyai potensi traffic yang tinggi, maka Anda tidak disarankan untuk memilih shared hosting. Terutama jika website Anda merupakan portal berita, toko online, atau website yang memiliki banyak pengunjung setiap harinya. Nah, jika website Anda termasuk berpotensi traffic tinggi, maka pilihlah hosting terbaik 2021 yang memiliki resource besar dan cepat. Jadi, website tidak berpotensi down saat ada traffic yang tinggi.

Namun, jika Anda hanya membuat website untuk portofolio, dokumentasi pribadi, atau blog, shared hosting dapat Anda gunakan. Atau, Anda juga bisa menggunakan hosting dengan kapasitas kecil menengah.

  1. Perhatikan Kapasitas Hosting

Salah satu hal yang sangat berpengaruh dalam website adalah kapasitas hosting. Makin banyak konten dan fitur sebuah website, maka Anda akan membutuhkan kapasitas hosting yang besar pula. Nah, agar hosting dapat menyimpan database dan file dengan baik, Anda perlu memilih kapasitas hosting secara bijak.

Baca Juga :   5 Situs Streaming Anime Recommended 2021

Nah, itu dia berbagai cara yang dapat Anda tempuh dalam memilih hosting bagus Indonesia. Sekarang sudah tahu kan cara mendapatkan hosting Indonesia terbaik? Jadi, Anda sudah dapat mempertimbangkan dan menyesuaikan hosting yang akan Anda gunakan nantinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *