Menggunakan Search Engine, Agar Tidak Tersesat

By | Agustus 10, 2021

bacakata.com – Menggunakan Search Engine, Agar Tidak Tersesat. Katika kamu menggunakan inernet, begitu banyak informasi berua teks, gambar, video, atau informasi lainnya yang akan kamu temui disana. Ada dua metode yang bisa kamu gunakan untuk menelusuri informasi yang kamu ininkan agar tidak tersesat di “rimba” data maupun informasi internet. Metode yang pertama adalah seubject tree (indeks kategori atau subject category) yang merupakan suatu metode pencarian dengan cara penelusuran dari subjek utama, kemudian makin lama makin menyempit hingga pada bagian subjek informasi yang diinginkan

Metode yang kedua adalah menggunakan search engine (mesin pencari atau mesin penelusur). Dengan menggunakan search engine kamu hanya perlu mengetikkan beberapa kata atau frasa  (kata kunci) dari yang berkaitan dengan informasi yang akan kamu temukan dan Search engine akan mencarikannya untuk kamu dari database yang jumlahnya jutaan. Penggunaan search engine ini lebih populer di kalangan user karena kemudahannya.

Sekilas tentang Mesin Pencari (Search engine)

Mesin pencari adalah program komputer yang dirancang untuk membantu seseorang menemukan file-file yang disimpan dalam komputer, misalnya dalam sebuah server umum di web (WWW) atau dalam komputer sendiri. Mesin pencari memungkinkan kita untuk meminta content media dengan kriteria yang spesifik (biasanya yang berisi kata atau frasa yang kita tentukan) dan memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria tersebut. Mesin pencari biasanya menggunakan indeks (yang sudah dibuat sebelumnya dan dimutakhirkan secara teratur) untuk mencari file setelah pengguna memasukkan kriteria pencarian.

Dalam konteks Internet, mesin pencari biasanya merujuk kepada WWW dan bukan protokol ataupun area lainnya. Selain itu, mesin pencari mengumpulkan data yang tersedia di newsgroup, database besar, atau direktori terbuka seperti DMOZ.org. Karena pengumpulan datanya dilakukan secara otomatis, mesin pencari berbeda dengan direktori Web yang dikerjakan manusia.

Baca Juga :   Mengenal Macam-Macam Hybrid Search Engine

Mesin pencari adalah sebuah program yang digunakan sebagai alat bantu untuk mencari informasi di internet. Mesin pencari mempunyai sebuah database yang memuat semua item-item yang terdapat di internet dan halaman-halaman web yang menyimpan informasi yang berhubungan dengan item-item tersebut.

Untuk memudahkan pencarian di database yang begitu besar, mesin pencari menggunakan indeks untuk memilah-milah informasi yang ada di database. Sedangkan untuk memudahkan dan mempercepat pencarian, mesin pencari mempunyai metode pencarian tertentu yang sering disebut algoritma pencarian. Kecepatan dan ketepatan pencarian sebuah mesin pencari tergantung kepada cara meng-indeks dan algoritma pencarian yang digunakan.

Struktur umum sebuah mesin pencari adalah sebagai berikut.

1. Kotak teks pencarian

Kotak ini digunakan sebagai tempat memasukkan kata kunci yang akan dijadikan acuan pencarian.

2. Tombol pencarian

Tombol ini yang akan menjalankan perintah pencarian.

 

google

Informasi di internet setiap saat terus berubah dan bertambah. Oleh karena itu, sebuah mesin pencari harus terus memperbarui database yang dimilikinya. Untuk melakukan hal ini, mesin pencari dilengkapi sebuah program yang berfungsi seperti robot. Disebut robot karena dapat bekerja sendiri tanpa harus dijalankan atau diperintah terlebih dahulu. Program tersebut disebut spider, bot, atau crawler. Setiap selang waktu tertentu program “robot” tersebut akan menjelajahi internet, membaca dokumen-dokumen yang ada di dalam internet, meringkasnya, dan kemudian menyimpan di database dengan menggunakan sistem pengindeks.

Pada saat kita melakukan pencarian informasi di internet, komputer kita akan mengirim kata kunci pencarian ke server mesin pencari yang kita gunakan. Server mesin pencari akan melakukan pencarian dokumen web di database yang dimilikinya. Kata kunci pencarian kemudian disesuaikan dengan dokumen-dokumen yang ada di database. hasil pencarian tersebut kemudian disusun berdasarkan tingkat kesesuaiannya dengan kata kunci pencarian. Komputer server kemudian mengirimkan hasil pencarian ke komputer kita. Dengan demikian kita dapat memperoleh informasi yang kita cari dengan hasil yang up to date.

Baca Juga :   Rekomendasi 5 Situs Drama Korea Terbaik!

Untuk mendapatkan mesin pencari yang andal dan bagus sehingga dapat membantu kamu dalam surfing informasi di internet, kamu harus memerhatikan kriteria-kriteria sebagai berikut.

  1. Mengetahui cara kerja mesin pencari, sehingga kamu dapat mengeksploitasi kelebihan mesin pencari tersebut.
  2. Mempunyai database yang besar dan sering diperbarui.
  3. Tidak memiliki spam (pengiriman berantai), sehingga memberikan hasil pencarian yang relevan.
  4. Mempunyai kecerdasan buatan yang baik, sehingga mengerti apa yang kita cari.

 

Macam-macam mesin pencari (search engine)

Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritma kepemilikan dan database tertutup. Mesin yang paling populer adalah Google (MSN Search dan Yahoo! Tertinggal sedikit di belakang).

Saat ini banyak sekali website yang menyediakan mesin pencari. Setiap mesin pencari memiliki kelebihan sendiri-sendiri, tergantung cara pengindeksian dan algoritma pencarian yang digunakan.

Berdasarkan cara mengumpulkan data halaman-halaman web, mesin pencari dapat dikelompokkan menjadi empat kategori, yaitu dikelola manusia (human organized), dikelola komputer (computer created), campuran (hybrid), dan metacrawler/metasearch.

  1. Human organized search engine

Karakteristik mesin pencarian ini menggunakan basis data halaman web yang dikelola oleh manusia. Datanya dipilih yang relevan dan dikelompokkan sedemikian sehingga lebih bermakna dan bermanfaat bagi penggunanya. Situs ini dalam praktiknya mempekerjakan para pakar dalam bidang-bidang tertentu, kemudian para pakar tersebut dapat mengelompokkan situs-situs tertentu sesuai dengan bidangnya.

Macam-macam search engine human organized

Human organized search engine

  1. Computer created search engine

Search engine kategori ini banyak memiliki kelebihan karena banyak menyajikan informasi walaupun kadang-kadang ada beberapa informasi yang tidak relevan seperti yang kita inginkan. Search engine ini telah menggunakan software laba-laba atau Spider software yang berfungsi untuk menyusup pada situs-situs tertentu, kemudian mengumpulkan data serta mengelompokkan dengan sedikit bantuan tangan manusia.

Baca Juga :   5 Tips Jitu Memilih Web Hosting Murah Terbaik untuk Bisnis Toko Online

Macam-macam search engine computer created

search engine computer created

  1. Hybrid search engine

Hybrid merupakan gabungan antara tangan manusia dengan komputer, sehingga menghasilkan hasil pencarian yang relatif akurat. Peran manusia dalam hal ini adalah sebagai penelaah dalam proses pengkoleksian database halaman web.

Macam-macam search engine hybrid

Hybrid search engine

  1. Metacrawler/metasearch

Metacrawler/metasearch merupakan perantara dengan mesin pencari yang sebenarnya. Situs ini hanya akan mengirimkan permintaan pencarian ke berbagai mesin pencarian sert

Macam-macam search engine metacrawler/metasearch

Hybrid search engine

 

Jadi pencarian informasi ataupun data di internet dapat dilakukan menggunakan search engine. Search engine banyak digunakan karena lebih praktis dan mudah, kamu hanya perlu mengetikkan kata kunci dari informasi yang kamu inginkan. Macam-macam search engine dalam mengumpulkan data dapat dibagi menjadi empat kategori yaitu. Search engine      yang sering kamu gunakan untuk mencari data dan informasi di internet?

Semoga bermanfaat ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *