Gambar Ilustrasi: Teknik, Media dan Cara Membuat

By | Agustus 15, 2021

Apakah Anda sudah tahu apa itu gambar ilustrasi? Pernahkah melihat seperti apa bentuknya? Perlu diketahui, bahwa jenis gambar ini bisa berupa gambar manusia, hewan, maupun tumbuh-tumbuhan.

Gambar-gambar tersebut bisa berdiri sendiri atau dikombinasi dengan objek yang berbeda sehingga terbentuk suatu ilustrasi gabungan. Objek yang terdapat pada gambar nantinya akan disesuaikan dengan tema cerita atau narasi yang dibuat. Bentuknya bisa seperti cerita bergambar, gambar kartun, karikatur, hingga karya sastra seperti puisi atau sajak yang menggunakan ilustrasi.

Dibuat untuk menggambarkan sesuatu dari sebuah teks, ilustrasi dibuat untuk lebih memperjelas, memperindah dan juga menerangkan maksud dari isi atau informasi dari sebuah bacaan.

Pemilihan warna bisa hitam atau putih saja, pembuatannya bisa dilakukan manual ataupun melibatkan alat bantu seperti teknologi digital. Seperti apa langkah-langkah membuatnya? Berikut informasinya.

Baca Juga : 6 Drama Korea Action ini Tak Boleh Anda Lewatkan

6 Drama Korea Action ini Tak Boleh Anda Lewatkan

Langkah-Langkah Membuat Gambar Ilustrasi

Temukan Ide atau Gagasan

Bila telah menentukan ide atau gagasan seperti apa adegan yang akan digambar nanti, dari situlah Anda mulai mendapat ide untuk menggambar siapa saja tokohnya, bagaimana gambaran suasananya, serta media apa saja yang mungkin digunakan dalam proses pembuatan.

Membuat Sketsa

Sketsa merupakan rancangan gambar berdasarkan gagasan. Cara membuat sketsa harus hati-hati, Anda diharuskan untuk menghitung ukuran serta memperhatikan bagaimana tata letak objek yang akan digambar nanti.

Tentukan Teknik Pewarnaan

Setelah menyelesaikan tahap membuat sketsa, Anda sudah bisa mulai mewarnainya. Adapun untuk pewarnaan bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama, warna yang sesuai dengan warna aslinya. Kedua, Anda bisa memberi warna sesuai hasil imajinasi sendiri.

Baca Juga :   Berikut Adalah Contoh Jawaban Aktivitas Masyarakat dalam Upaya Pembangunan Sosial Budaya

Media untuk Membuat Gambar Ilustrasi

Media Alas Gambar

Selain media kanvas, Anda bisa menggunakan kain, kertas, bahkan kaca sebagai media alas gambar. Bila ingin dalam bentuk digital, maka bisa menggunakan komputer.

Media Pewarna

Bagi menggunakan pensil berwana, carilah jenis pensil yang banyak mengandung lilin, sehingga ada banyak varian warna yang bisa menjadi pilihan. Bila menggunakan cat air, maka bisa mencari yang transparan ataupun yang tidak transparan. Cat Air menciptakan sensasi ilustrasi yang lebih menarik dan indah dipandang.

Selain itu, Anda juga bisa memakai krayon, pensil (B, B2, B3, B4, B5, B6, H, HB), konte, pastel, dll.

Teknik Gambar Ilustrasi

  1. Teknik Arsir

Teknik ini adalah membuat gambar dengan garis-garis menyilang atau sejajar untuk menciptakan efek gelap terang pada objek.

  1. Dussel

Fungsi teknik dussel adalah menetukan gelap dan terang suatu objek gambar cara menggosokkan kapas atau tangan menggunakan pensil.

  1. Pointilis

Teknik ini dipakai untuk menciptakan efek gelap terang menggunakan komposisi titik. Tingkat kerumitannya cukup tinggi dan riber, serta membutuhkan waktu selesai yang sangat lama.

  1. Wet technique atau teknik basah

Teknik basah ilustrasi adalah cara membuat gambar menggunakan media warna cat air. Caranya: kertas gambar dibasahi dengan air. Teknik ini menghasilkan gambar yang tingkat kehalusan warnanya sangat baik.

  1. Teknik kering

Kebalikan dari wet technique, teknik kering memanfaatkan media warna cat air dan diaplikasikan pada kertas gambar biasa tanpa diberi air terlebih dahulu.

Fungsi Gambar Ilustrasi

Bukan tanpa alasan ilustrasi lebih disukai, karena sebuah majalah atau bacaan yang disertainya tentu lebih menarik perhatian. Selain itu, ini adalah fungsi lainnya:

  • Memudahkan pembaca untuk memahami penjelasan artikel atau tulisan.
  • Sebagai alat untuk mengungkapkan atau mengekspresikan sebuah pengalaman.
  • Sebagai gambaran singkat mengenai keseluruhan isi sebuah cerita atau tulisan yang disampaikan.
Baca Juga :   Begini, Tips Perawatan Aglaonema Kochin Tembaga yang Benar

Ragam gambar ilustrasi pun kini bisa ditemui di mana saja, termasuk komik, majalah, cover, serta cerita (cerpen, cergam, dll).

Artikel Lainya :

bakteri fotosintesiscara permentasi psb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *