Surat Lamaran Kerja Digital Marketing, Arti dan Contoh

Surat Lamaran Kerja Digital Marketing

Contoh Surat Lamaran Kerja Digital Marketing – Tidak bisa dipungkiri banyak perusahaan di era teknologi sekarang ini yang mengalihkan pemasaran produk dan jasanya ke bidang digital. Namun, banyak juga perusahaan yang masih menggunakan pemasaran tradisional, dan beberapa perusahaan menerapkan baik pemasaran tradisional maupun digital.

 

Menggunakan platform digital memungkinkan Anda untuk menyebarkan informasi melalui area cakupan yang cukup luas. Penyampaian informasi secara digital juga dapat dilakukan dengan waktu yang cepat.

 

Bagi Anda yang ingin bekerja di bagian digital marketing, jelas harus memiliki bakat, keterampilan, kemampuan, dan minat untuk menjadi digital marketer yang diinginkan oleh sebuah perusahaan.

 

Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas tentang apa itu digital marketing, bagaimana contoh surat lamaran kerja digital marketing, serta beberapa tips dalam menulis surat lamaran kerja digital marketing. Penasaran seperti apa? Mari kita simak.

 

Pengertian Digital Marketing

 

Pengertian Surat Lamaran Kerja Digital Marketing

Digital marketing adalah pemasaran atau promosi suatu merek atau produk menggunakan media digital atau Internet.

 

Tujuan digital marketing  adalah untuk secara cepat menarik konsumen dan calon konsumen. Seperti yang Anda ketahui, penggunaan teknologi dan internet di masyarakat begitu luas sehingga tidak mengherankan jika kegiatan pemasaran digital menjadi pilihan utama bagi pelaku bisnis.

 

Akibatnya, perusahaan saling bersaing untuk membuat konten yang menarik yang nantinya ditampilkan dalam pemasaran di dunia maya.

 

Contoh metode pemasaran yang termasuk dalam pemasaran digital marketing antara lain SEO (Search Engine Optimization), iklan online seperti FB Ads dan Google Ads, iklan TV dan radio, billboard elektronik, email marketing, mobile marketing, dan lain sebagainya.

 

Kelebihan Digital Marketing

 

Kelebihan Surat Lamaran Kerja Digital Marketing

Banyaknya digital marketing yang digunakan oleh perusahaan membuktikan bahwa banyak manfaat dan keuntungan yang bisa didapatkan, berikut adalah beberapa kelebihan digital marketing dibandingkan pemasaran konvensional.

 

1. Kecepatan penyebaran

 

Strategi pemasaran yang menggunakan media digital dapat dilakukan dengan sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik. Selain itu, digital marketing juga dapat diukur secara real time dan akurat.

 

2. Kemudahan evaluasi

 

Dengan menggunakan media online, hasil kegiatan pemasaran dapat langsung diketahui. Informasi seperti berapa banyak orang yang melihat produk Anda, berapa lama produk Anda dilihat, berapa persentase konversi penjualan setiap iklan, dan sebagainya.

Baca Juga :   Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di Bank

 

Setelah mengetahui informasi semacam itu, Anda dapat mengevaluasi iklan mana yang baik dan buruk. Sehingga dapat melakukan peningkatan untuk periode selanjutnya.

 

3. Jangkauan yang lebih luas

 

Keunggulan selanjutnya adalah jangkauan geografis digital marketing yang luas. Anda dapat menyebarkan produk Anda ke seluruh dunia hanya dengan beberapa langkah mudah dengan menggunakan internet.

 

4. Efisien dan Murah

 

Dibandingkan dengan pemasaran tradisional, pemasaran digital jelas jauh lebih murah dan efektif. Biaya anggaran yang dihemat dapat mencapai 40%, menurut Gartner’s Digital Marketing Spend Report.

 

Selain itu, survei juga menunjukkan bahwa 28% pengusaha kecil akan beralih ke digital karena terbukti lebih efisien.

 

5. Membangun Nama Brand

 

Digital marketing membantu Anda membangun nama brand atau merek yang baik. Keberadaan dunia maya dengan kehadiran brand Anda sangat penting karena orang akan melakukan pencarian online sebelum membeli produk Anda.

 

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Digital Marketing

 

Sebelum masuk ke bagian contoh surat lamaran kerja digital marketing, kami memiliki beberapa tips yang dapat anda lakukan supaya surat lamaran Anda terlihat lebih menarik.

 

1. Tuliskan Skill Marketing Anda

 

Seperti pekerjaan lainnya, pekerjaan digital marketing juga membutuhkan banyak keahlian. Pastikan untuk menyertakan keterampilan yang terkait dalam surat lamaran kerja digital marketing Anda.

 

Selain menjadi lebih menarik bagi HRD perusahaan, menuliskan keterampilan digital marketing Anda juga akan membantu surat lamaran Anda melewati seleksi software. Banyak perusahaan besar menggunakan software ATS untuk menyeleksi surat lamaran kerja digital marketing. Kata kunci yang berhubungan dengan digital marketing memungkinkan Anda untuk menambahkan nilai pada lamaran kerja digital marketing di “mata” software ATS.

 

Contoh hard skill dan soft skill yang dapat anda tuliskan diantaranya:

Hard Skills:

  • Riset keyword
  • Analisis data
  • WordPress
  • Google Ads
  • SEO blogging
  • Instagram/Facebook Ads

️Soft skill:

  • Kreativitas
  • rasa ingin tahu
  • komunikasi
  • Perhatian terhadap detail
  • Bekerja dalam tim
  • penyelesaian masalah

 

2. Berikan Bukti dalam Bentuk Angka

 

Saat menyebutkan pengalaman kerja Anda sebelumnya dalam surat lamaran kerja digital marketing, pastikan untuk memberikan bukti berupa angka. Hal ini bisa menjadi bukti nyata bahwa pelamar  memiliki hasil yang baik dalam pekerjaan sebelumnya.

 

Contoh bukti angka dalam surat lamaran kerja digital marketing:

 

Ketika saya bekerja untuk Perusahaan Maju Bersama, saya dipercaya untuk membangun citra bagi produk furniture baru. Dalam kurun waktu 7 bulan, brand recognition meningkat 80%, terbukti dengan banyaknya permintaan produk tersebut di toko-toko mitra Maju Bersama.

 

3. Sertakan CV Beserta Surat Lamaran Kerja Digital Marketing

 

Tanpa CV digital marketing, surat lamaran kerja digital marketing tidak akan lengkap. Maka dari itu, selalu pastikan untuk menyertakan CV terbaik Anda dalam surat lamaran kerja digital marketing supaya surat lamaran anda terlihat menarik.

Baca Juga :   Contoh Surat Lamaran Kerja Sebagai Guru

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Digital Marketing

 

Setelah mengetahui pengertian digital marketing dan bagaimana tips menulis surat lamaran digital marketing, berikut kami hadirkan beberapa contoh surat lamaran kerja digital marketing yang dapat anda jadikan sebagai referensi

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Digital Marketing Fresh Graduate

 

Jakarta, 2 Juni 2021

 

Perihal: Lamaran Pekerjaan

 

Kepada Yth,
Manager Personalia
PT. Asri Sari
Jl. Cempaka barat No. 6
Jakarta Pusat

 

Dengan hormat,

Sesuai dengan iklan lowongan kerja PT. Asri Sari, di website Loker Jakarta 25 Mei 2021. Saya mengajukan diri untuk bergabung dengan tim Digital Marketing sebagai SEM Specialist di PT. Asri Sari. Adapun data pribadi saya adalah sebagai berikut:

 

Nama: Larasati, SE.
Tempat, Tanggal Lahir : Binjai, 25 Februari 1999
Usia: 22 tahun
Pendidikan terakhir: Universitas Sumatera Utara (S1)
Alamat: Jl. Fatmawati, No. 7 Jakarta Selatan
Telepon: 082332800283
Email: Larasatii77@gmail.com

 

Saya dalam kesehatan jasmani dan rohani yang baik, dan saya fasih berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan. Predikat lulusan dalam disiplin ilmu yang saya pelajari sangat memuaskan dan memiliki kemampuan copywriting yang baik. Saya juga terbiasa bekerja dengan target. Saya senang untuk belajar dan dapat bekerja dengan baik secara mandiri maupun dalam kelompok.

 

Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan:

 

  • Daftar Riwayat Hidup.
  • Fotokopi Ijazah S1 dan Transkrip Nilai.
  • Fotokopi sertifikat kursus/pelatihan.
  • Pas foto terbaru.

Saya sangat berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara agar saya dapat menjelaskan secara detail tentang potensi yang saya miliki.

 

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya, dan atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Larasati, SE.

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Digital Marketing Berpengalaman

 

Surabaya, 22 Februari 2022

 

Kepada tim Royal Company
Di Jalan Sultan Iskandar No. 1,
Kebayoran Lama, Jakarta Selatan

 

Salam Sejahtera,

Melalui surat ini, saya ingin melamar posisi Digital Marketing Executive.

 

Berikut saya sertakan data pribadi.

Nama: Putri Nasution
Tempat / Tanggal Lahir: Jakarta, 7 Februari 1995
Pendidikan Terakhir: Universitas Tri Sakti  (S1)
Tidak ada ponsel: 081331800183
Jenis kelamin: Perempuan
Status: Belum menikah

 

Selama kuliah di Universitas Trisakti, saya bekerja paruh waktu untuk mempromosikan produk toko snack melalui Facebook dan Instagram. Dimulai dari nol, akun Facebook dan Instagram toko snack tersebut masing-masing memiliki 5.000 dan 7.500 pengikut dalam 1 tahun.

 

Setelah lulus, saya menjadi Eksekutif Pemasaran Digital penuh waktu di Sociolla. Dalam peran ini, saya banyak bekerja dengan influencer mulai dari skala mikro hingga selebgram terkenal. Melalui pengalaman ini, saya belajar bagaimana memulai kontak, bernegosiasi, dan mengelola kampanye media sosial. Pada satu kesempatan, saya bekerja dengan 100 influencer secara bersamaan untuk mempromosikan Sociolla kepada mahasiswa. Proyek ini berhasil mendapatkan total 1 juta like di Instagram dan 10.000 subscribers baru di Youtube.

Baca Juga :   Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Baik dan Benar

 

Dengan meningkatnya permintaan masyarakat akan hewan peliharaan, saya melihat potensi besar dalam bisnis makanan kucing dan anjing. Itu sebabnya saya sangat tertarik untuk bergabung dengan Royal Company yang merupakan pemimpin pasar untuk rangkaian produk ini. Saya sangat berharap untuk bergabung dengan tim Royal Company.

 

Sebagai tambahan, saya juga melampirkan beberapa dokumen terkait.

  • Daftar Riwayat Hidup (CV)
  • Fotokopi Ijazah Universitas Trisakti Jurusan Bisnis
  •  Sertifikasi Lightroom Pro Editor (Skillshare)
  • Google Ads Analytics

 

Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Putri Nasution

Contoh Surat Lamaran Kerja Digital Marketing Bahasa Inggris

 

October 4th, 2021

Ms. Sanchez
Jalan Panjang no. 33, Kebon Jeruk
Jakarta Barat, Jakarta
Sanchez80@shellindonesia.com

With this letter, I seek to express my greatest delight to apply for the position of Brand Executive in Shell Indonesia. My greatest motivation is no other than to build my career and skills by working in one of the most famous petroleum companies in the world.

Prior to applying I’ve been working in the marketing department of various petroleum companies. I started working in Total in the role of marketing executive. At that time, me and my team were working to increase the brand recognition of Total gas station. I organized the use of 200 billboards around Jakarta major roads to increase public recognition of the brand. By the end of the campaign, our team successfully increased the recognition by 200%.

After 6 years in Total, I moved to Pertamina. As a brand executive, I worked with the team to launch Pertamina Lubricants campaigns for motorcycle riders. I organized in-situ events on 500 gas stations and ensured all the campaigns promoted a consistent image of the lubricants. By the end of the campaign, sales were up by 40% for stations with the events compared to an increase of 20% in stations without the events.

Given my experience and credentials, I hope to be considered for this position.

Hope to hear from you.

Sincerely,

Santi Wardhani

Penutup

 

Demikianlah pembahasan tentang digital marketing beserta contoh surat lamaran kerja digital marketing yang baik dan benar, mulai dari fresh graduate, berpengalaman dan dalam bahasa inggris. Anda dapat mengikuti pelatihan, workshop, dan dapat melakukan magang di perusahaan untuk meningkatkan skill dan kemampuan Anda. Anda juga dapat belajar mandiri dengan membuka situs web atau channel YouTube dan bergabung dengan grup dan komunitas yang terkait dengan posisi digital marketing, sekian dan semoga artikel ini dapat membantu ya!