Surat Lamaran Kerja Sebagai Perawat, Contoh dan Tips

Surat Lamaran Kerja Perawat – Keperawatan merupakan salah satu profesi yang terlibat dalam bidang jasa. Secara umum, perawat bertugas membantu dokter merawat pasien. Tidak seperti dokter, perawat tidak dapat mengobati atau menyembuhkan penyakit pasien. Seorang perawat juga tidak mendaftar di sekolah kedokteran seperti dokter, melainkan sekolah khusus keperawatan.

 

Bagi para calon perawat yang ingin mencari pekerjaan, surat lamaran kerja yang disiapkan dengan baik akan membuat Anda lebih menonjol dari calon perawat lainnya. Surat Lamaran Kerja Perawat adalah cara untuk menyampaikan motivasi dan alasan Anda melamar, serta pengalaman dan kemampuan yang terkait dengan lowongan perawat yang dibuka.

 

Tidak seperti surat lamaran pekerjaan lainnya, dalam surat lamaran kerja keperawatan, pelamar perlu menyertakan sertifikat dan keterampilan keperawatan yang dimiki, baik itu hard skill maupun soft skill.

 

Komponen Surat Lamaran Kerja Sebagai Perawat

 

Semua surat lamaran kerja memiliki komponen yang sama, namun yang membedakan hanyalah tujuan dan sasaran pekerjaan yang Anda lamar. Sebelum membahas contoh surat lamaran kerja perawat, Anda perlu mengetahui komponen-komponen yang terdapat pada surat lamaran kerja perawat. Berikut ini adalah beberapa komponennya:

 

1. Tanggal Surat

 

Komponen pertama dari surat lamaran kerja perawat adalah tanggal surat. Tanggal surat terletak di sudut kanan atas dan ditulis tanpa titik di bagian akhir. Saat menulis tanggal surat, kota tempat surat itu dibuat biasanya dicantumkan.

Contoh:

Jakarta, 1 Februari 2022 (tanpa tanda titik).

 

2. Alamat dan Penerima Surat

 

Ketika seorang calon perawat mengajukan surat lamaran kerja perawat, tentunya mengharapkan surat lamaran tersebut sampai ke tim rekrutmen perawat. Oleh karena itu, penting untuk mencantumkan alamat lengkap dalam lamaran kerja perawat dan mencantumkan alamat penerima surat tersebut.

Contoh:

Kepada Yth,
Tim HR Rumah Sakit Sehat Selalu
Jalan Pangeran Diponegoro No. 9
Kecamatan Senen, Jakarta Pusat.

 

3. Salam Pembuka

 

Dalam surat lamaran kerja perawat, Anda juga harus menunjukkan etika dan sopan santun. Gunakanlah salam pembuka sebelum masuk ke bagian isi surat. Ucapan ini menjukan rasa hormat anda kepada penerima surat.

Contoh:

Dengan hormat,

 

4. Isi Surat

 

Isi surat lamaran kerja perawat adalah bagian terpenting, didalamnya terkandung keinginan pelamar untuk direkrut sebagai perawat, riwayat pendidikan, pengalaman, hard skill dan soft skill yang membuat pelamar layak untuk direkrut. Berikut ini adalah sebagian isi dari contoh formulir lamaran perawat.

Contoh:

Dengan surat lamaran kerja perawat ini, saya bermaksud melamar sebagai perawat ke Rumah Sakit Sehat Selalu. Setelah menempuh pendidikan vokasi keperawatan di Universitas Indonesia, saya pernah bekerja sebagai perawat magang di Rumah Sakit Ibu Pertiwi. Saat itu, saya bertugas di ruang operasi katarak dan bertugas membantu dokter selama proses operasi. Berdasarkan pendidikan dan pengalaman saya, saya harap surat lamaran kerja saya dapat dipertimbangkan.

 

5. Lampiran Dokumen

 

Dengan melampirkan dokumen dan sertifikat ke surat lamaran keperawatan Anda, dapat membuat surat lamaran Anda lebih menonjol dari pelamar lain. Dokumen yang dapat dilampirkan antara lain resume (CV), fotokopi KTP sebagai tanda pengenal, fotokopi ijazah sebagai bukti telah menempuh pendidikan, dan fotokopi sertifikat yang pernah Anda peroleh.

Baca Juga :   Contoh Surat Lamaran Kerja Sebagai Dosen

Contoh:

Berikut ini saya lampirkan dokumen terkait sebagai berikut:

  1. CV
  2. Fotokopi KTP
  3. Fotokopi Ijazah Pendidikan Vokasi Universitas Udayana
  4. Fotokopi sertifikat kursus fisioterapi di Rumah Sakit Sehat

 

6. Penutup

 

Pada bagian penutup, Anda dapat mengucapkan satu atau beberapa kalimat yang mengungkapkan rasa terima kasih Anda. Pada bagian penutup juga harus dikemas semaksimal mungkin sehingga penerima semakin yakin untuk menerima Anda bekerja.

Contoh:

Demikianlah surat lamaran kerja perawat saya. Terima kasih atas waktu Bapak/Ibu kepala tim HR di Rumah Sakit Sehat Selalu. Besar harapan saya untuk dapat diwawancarai untuk posisi ini.

 

7. Nama dan Tanda Tangan

 

Di akhir surat, pencari kerja atau pembuat surat harus menandatangani dan menuliskan nama lengkap. Hal ini sebagai bukti bahwa pelamar menulis surat berdasarkan kehendak bebasnya dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

 

Hal yang Pelu Disertakan dalam Surat Lamaran Kerja Perawat

 

Ada beberapa hal yang perlu Anda sertakan dalam surat lamaran untuk meningkatkan peluang Anda dan memperjelas isi surat. Hal ini peelu disertakan untuk menghindari kesalahpahaman, penipuan, dan berbagai risiko buruk lainnya yang mungkin timbul dari surat ini. Berbagai hal tersebut, antara lain:

 

1. Sumber Lamaran dan Posisi yang Akan Dilamar

 

Saat mengajukan surat lamaran kerja perawat, sumber lamaran harus disertakan. Sumber lamaran dapat berasal dari media cetak, media sosial, atau dari mulut ke mulut. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penipuan jika informasi tersebut diperoleh dari sumber yang tidak diketahui. Selain itu, berikan posisi yang Anda inginkan, yaitu sebagai perawat.

 

2. Identitas Lengkap

 

Identitas Anda harus dicantumkan di bagian isi surat. Penulisan identitas juga harus selengkap mungkin untuk menghindari kesalahan data dan penyalahgunaan surat. Identitas ini juga membantu penerima surat menghubungi pelamar kerja.

 

3. Riwayat Pendidikan dan Pengalaman Kerja

 

Cantumkanlah riwayat pendidikan dan pengalaman kerja Anda untuk meningkatkan peluang karir Anda di bidang keperawatan. Terlebih lagi jika transkrip nilai Anda memuaskan, pastinya akan meningkatkan peluang Anda untuk diterima. Tapi jangan khawatir jika Anda tidak memiliki pengalaman kerja, ada pula banyak perusahaan dan penyedia layanan kesehatan yang memberikan Anda kesempatan.

 

Tips dalam Menulis Surat Lamaran Perawat

 

Selain struktur yang rapi, surat lamaran kerja perawat membutuhkan nilai tambah yang menjadi pembeda dari surat lamaran perawat lainnya. Sebagai panduan umum,lakukan beberapa hal berikut untuk membuat surat lamaran Anda lebih menonjol.

 

1. Tuliskan Keterampilan yang Anda Miliki

 

Pekerjaan keperawatan adalah pekerjaan yang sangat memerlukan keterampilan. Oleh karena itu, pastikan untuk menuliskan hard skill dan soft skill perawat dalam lamaran perawat yang Anda kirimkan.

 

Contoh hard skill perawat:

  • Pengetahuan tentang obat-obatan.
  • Mampu menggunakan tensimeter.
  • Keterampilan pengambilan darah.
  • Keterampilan vaksinasi.
  • Daya tahan tubuh yang kuat.

 

Contoh soft skill perawat:

  • Cara berkomunikasi dengan pasien.
  • Pengambilan keputusan yang cepat.
  • Manajemen stres.
  • Kemampuan untuk bekerja dalam tim.
  • Empati.

 

2. Menunjukkan Semangat Menolong Orang Lain

 

Empati dan semangat untuk membantu pasien sangat penting bagi perawat. Karena itu, saat mengirim surat lamaran kerja perawat, pastikan untuk menunjukkan bahwa Anda memiliki karakteristik ini. Hal ini dapat dilakukan antara lain dengan membagikan kisah hidup Anda dalam surat lamaran perawat perawat.

 

contoh:

Sejak usia dini, sangat gemar untuk membantu orang yang terluka. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk bergabung dengan Palang Merah Remaja (PMR) SMP Negeri 1 Lombok.

 

3. Lampirkan Curriculum Vitae (CV)

 

Melampirkan resume atau CV Anda merupakan bagian yang tak terpisahkan dari surat lamaran. CV berisi lebih banyak informasi tentang latar belakang, pendidikan, dan pengalaman Anda yang tidak tercanrum dalam surat lamaran kerja perawat, tetapi juga sangat penting untuk menunjukkan kemampuan Anda.

Baca Juga :   Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Sebagai Kasir

 

4. Melakukan Pengecekan Ulang

 

Sebagai langkah akhir, harap periksa kembali surat tersebut sebelum mengirimkan surat lamaran kerja perawat. Jika perlu, tinggalkan lamaran kerja tersebut selama sehari, lalu periksa kembali dan kirimkan jika Anda benar-benar sudah yakin.

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat

 

Keperawatan merupakan salah satu profesi di Indonesia yang banyak diminati oleh masyarakat umum. Untuk mendapatkan pekerjaan sebagai perawat, Anda perlmenulis surat lamaran kerja perawat. Surat lamaran kerja perawat ini merupakan surat dari seseorang yang membutuhkan pekerjaan sebagai perawat kepada seseorang yang memberi pekerjaan tersebut. Berikut ini contohnya.

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat Rumah Sakit

 

Rumah sakit umumnya memiliki lebih banyak departemen daripada puskesmas atau klinik dan oleh karena itu ada lebih banyak keterampilan yang perlu dimiliki perawat rumah sakit. Oleh karena itu, bagi calon perawat yang sedang mempersiapkan lamaran kerja perawat di rumah sakit, mohon sertakan berbagai pengalaman selama bekerja di puskesmas atau klinik. berikut ini adalah contohnya

 

Jakarta, 2 November 2020

 

Yth. HRD RS Sehat Sentosa

Jalan Makmur Selatan No 18

Jakarta

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

 

Nama : Putri Pertiwi, S.Kep.

Tempat, Tanggal lahir: Lampung, 18 juni 1991

Pendidikan terakhir: S-1 jurusan Keperawatan

Alamat : Jalan Kesatuan No. 219, Jakarta Selatan

Telp : 087227800782

 

Dengan ini, saya bermaksud untuk melamar possisi sebagai perawat di Rumah Sakit Sehat Sentosa. Saya orang yang mudah bergaul, pekerja keras, mau belajar, dan akan bertanggung jawab terhadap pekerjaan, baik secara individu maupun dalam tim. Selain itu, saya juga memiliki pengalaman bekerja sebagai perawat di Klinik Kesehatan selama 2 tahun.

 

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan juga beberapa berkas, yaitu:

 

  1. Surat Keterangan Sehat
  2. Daftar Riwayat Hidup
  3. Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai terbaru
  4. SKCK
  5. Fotokopi kartu kuning
  6. Sertifikat Pendidikan Keperawatan
  7. Foto terbaru ukuran 4×6

Saya berharap HRD Rumah Sakit Sehat Sentosa berkenan memberikan saya kesempatan untuk bekerja dan menjadi bagian dari tim keperawatan Rumah sakit sehat Sentosa. Demikiansurat lamaran kerja ini saya buat sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat Saya,

Putri Pertiwi, S.Kep.

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat Puskesmas

 

Puskesmas atau yang sering disebut dengan Pusat Kesehatan Masyarakat merupakan sarana pelayanan kesehatan yang membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di suatu daerah. Puskesmas lebih menekankan pada pertolongan pertama, upaya pencegahan dan himbauan kepada masyarakat untuk mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Perawat di masker nanah ini akan membantu dokter nanah merawat dan memulihkan pasien

 

Bandung, 17 oktober 2021

 

Yth. Kepala Puskesmas Senja

Jalan Neng Geulis No. 29

Bandung

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi terkait lowongan perawat yang saya terima dari sumber media cetak Kabar Bandung, saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi lowongan tersebut. Adapun data pribadi saya adalah sebagai berikut:

 

Nama : Anita Salsabila, S.Kep.

Tempat, Tanggal lahir: Bandung, 8 Maret 1993

Pendidikan terakhir: S-1 jurusan Keperawatan

Alamat: Jalan Bubuy Bulan No 7, Bandung

Telp : 087887808070

 

Sebelumnya saya memiliki pengalaman kerja sebagai perawat dengan bekerja di Klinik Gerhana selama 2 tahun. Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan juga :

 

  1. Daftar Riwayat Hidup (CV)
  2. Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai terakhir
  3. Sertifikat Pelatihan Keperawatan
  4. SKCK
  5. Fotokopi KTP
  6. Daftar Riwayat Hidup
  7. Surat keterangan berbadan sehat
  8. Pas foto ukuran 4×6

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat. Besar harapan saya kepada Bapak/Ibu kepala Puskesmas Senja bersedia memberikan saya kesempatan bekerja dan menjadi bagian dari Puskesmas Senja. Atas perhatiannya, saya ucapkan banyak terima kasih.

 

Dengan hormat,

Anita Salsabila, S.Kep.

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat Fresh Graduate

 

Untuk pelamar fresh graduate, karena pengalaman yang Anda miliki masih minim, coba tekankan kelas yang diambil serta detail pengalaman kerja praktik Anda di Surat lamaran kerja perawat.

Baca Juga :   Lowongan Kerja Terbaru untuk Sarjana Hukum di PT KIMA. Buruan Daftar!

 

Jakarta, 18 September 2021

 

Yth. Pemimpin Klinik Rembulan

Jalan Harapan No. 10

Jakarta Barat

 

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

 

Nama: Jennifer Emily, S.Kep.

Tempat, Tanggal lahir : Jakarta, 14 September 1996

Pendidikan terakhir: S-1 jurusan Keperawatan

Alamat: Jalan Pahlawan No.66, Jakarta Barat

Telp : 087887808887

 

Dengan ini saya bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan dengan posisi sebagai perawat di Klinik Rembulan. Saya orang yang mudah bergaul, pekerja keras dan mau terus belajar. Saya baru saja lulus dari sekolah keperawatan tahun ini dengan nilai yang cukup memuaskan.

Meskipun saya belum pernah memiliki pengalaman kerja, saya akan mencoba yang terbaik. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan juga beberapa berkas, yaitu:

 

  1. Fotokopi KTP
  2. Surat Keterangan Sehat
  3. Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai terakhir
  4. SKCK
  5. Fotokopi kartu kuning
  6. Sertifikat Pelatihan Keperawatan
  7. Foto terbaru ukuran 4×6

 

Saya berharap agar Bapak/Ibu pimpinan Klinik Rembulan bersedia memberi saya kesempatan untuk bekerja dan menjadi bagian dari Klinik Rembulan. Demikian surat lamaran kerja ini saya buat sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya. Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan, saya ucapkan banyak terima kasih.

 

Dengan hormat,

Jennifer Emily, S.Kep.

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat Bahasa Inggris

 

Terkadang, pelamar harus melamar posisi keperawatan di cabang jaringan klinik Internasional atau di organisasi internasional seperti Doctors without Borders (MSF). Dalam beberapa kasus, melamar dengan surat lamaran kerja perawat dalam bahasa inggris akan memberi Anda nilai tambah.

 

Dewi Lestari
Jalan Kebon Mangga no. 27,
Jakarta Barat, DKI
Dewilestari44@gmail.com
+6281847393

January 19th, 2021

Doctors Without Borders Human Resources Team
Jalan Panjang no. 57,
Jakarta Barat, DKI Jakarta

Dear HR Team,

I’m sending this letter to express my interest in applying for the Cardiology nursing position listed in CakeResume. I believe that my educational background as well as previous experiences would help me to excel in this position.

I have my undergraduate degree in nursing from Universitas Indonesia. Prior to graduating, I completed my internship in Universitas Indonesia Hospital where I was rotating across departments.

Right after university, I was hired for a nursing position in Siloam Hospital Karawaci and stationed in the cardiology department. As a cardiologist nurse, my main tasks are to help surgeons during surgery, as well as tending to the patients before and after their heart surgeries. Working in the surgery room has trained me to be quick yet tidy with my actions. In addition, assisting patients in their pre and post surgeries helped me to develop a sympathy toward people in need.

After working for 8 years in Siloam Hospital, I’m now looking for a new challenge in my nursing career. I’ve known Doctors Without Borders for years and would be very humbled if I could join one of the biggest humanitarian & medical organizations in the world. Hope to hear from you.

With Thanks,

Dewi Lestari

Nah, Anda siap melamar pekerjaan sebagai perawat di suatu tempat sekarang. Anda bisa memulainya dengan mencari lowongan yang sesuai dengan keinginan Anda. Selanjutnya, lihat beberapa contoh lamaran kerja perawat di atas dan tulis surat lamaran. Buatlah surat lamaran kerja Anda semenarik dan sebagus mungkin.

 

Gunakan bahasa yang sopan, kalimat yang mudah dipahami, dan tidak bertele-tele dalam menyampaikan isi surat. Cobalah untuk membuat kesan pertama yang baik dalam penulisan surat lamaran kerja. Mulai dari mengirim surat lamaran kerja, kualitas dan keterampilan sosial Anda sudah mulai dinilai dan dipertimbangkan, loh! Semoga artikel ini dapat membantu Anda, ya!

 

Anda dapat melihat artikel kami lainnya disini

You May Also Like