Syarat Surat Lamaran Kerja

surat lamaran pekerjaan

 

Syarat Surat Lamaran Kerja dan Contohnya – Syarat lamaran kerja menjadi tantangan tersendiri, apalagi di masa pandemi Covid-19. Lebih banyak upaya diperlukan untuk mendapatkan perhatian perusahaan dengan pengalaman dan kemampuan kita.

 

Tetapi sebelum mereka dapat melanjutkan ke langkah berikutnya, pencari kerja harus membuat lamaran yang lengkap sehingga perusahaan dapat membawa kita ke tahap berikutnya.

 

Kami telah mengumpulkan 10 persyaratan lamaran kerja dalam bentuk dokumen atau file lainnya. Mari kita lihat!.

 

Syarat Surat Lamaran Kerja

 

1. Surat Lamaran Kerja

Syarat surat lamaran kerja yang pertama adalah Surat lamaran kerja, biasanya mencantumkan penjelasan tujuan Anda melamar pekerjaan dan informasi tentang identitas Anda. Dokumen ini harus diprioritaskan dalam melamar pekerjaan. Saat ini sudah banyak contoh surat lamaran kerja yang bisa Anda jadikan referensi.

 

2. Curriculum Vitae (CV)

surat lamaran pekerjaan CV

 

Syarat yang kedua adalah curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup Anda. CV ini berisi nama, alamat email, nomor telepon, latar belakang pendidikan, riwayat pekerjaan, organisasi, dan keterampilan Anda.

 

3. Portofolio

surat lamaran pekerjaan portofolio

Jika Anda memiliki pengalaman kerja, kami sarankan Anda untuk mempersiapkan portofolio yang baik. Saat ini sudah banyak aplikasi atau program yang bisa membuat tampilan portofolio Anda menjadi lebih menarik. Portofolio ini dapat digunakan oleh tim HRD sebagai acuan untuk menyeleksi calon karyawan baru.

 

4. Fotokopi Ijazah

Syarat keempat adalah Latar belakang akademik Anda harus disertai dengan dokumen seperti ijazah dan transkrip nilai. Ini sebagai bukti bahwa Anda benar-benar pernah menempuh pendidikan sebagaimana yang dinyatakan dalam CV Anda.

Baca Juga :   Lowongan Kerja Terbaru September 2021 di RS Awal Bros Chevron Duri, Minat?

 

5. Pas Foto

Syarat surat lamaran kerja yang kelima adalah pas foto. Harap sertakan foto terbaru Anda dalam lamaran pekerjaan Anda. Biasanya foto yang Anda butuhkan berukuran 3×4 dan 4×6 tergantung kebutuhan perusahaan. Saat mendaftar online, cukup sertakan file digital dengan resolusi yang memadai.

 

6. Fotokopi Kartu Identitas

Sebenarnya tidak semua perusahaan memberikan persyaratan untuk melampirkan berkas KTP. Namun, sebagai lamaran kerja yang lengkap, tidak ada salahnya membuat fotokopi KTP, KK, atau kartu identitas lainnya.

 

7. SKCK

surat lamaran pekerjaan SKCK

 

Syarat surat lamaran kerja yang ketujuh adalah Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). biasanya dibutuhkan oleh sejumlah perusahaan. Jika Anda sudah memilikinya, ada baiknya Anda mengecek kembali apakah SKCK masih berlaku atau tidak. Hal ini dikarenakan SKCK memiliki masa kadaluarsa. Anda dapat memperpanjangnya di kantor polisi.

 

8. Surat Keterangan Sehat

Syarat surat lamaran kerja yang kedelapan adalah Surat keterangan sehat,surat ini biasanya diperlukan ketika seorang pencari kerja melewati tahap rekrutmen. Namun, tidak ada salahnya membuat dokumen ini dari awal.

 

9. Kartu Pencari Kerja (AK-1)

surat lamaran pekerjaan surat kuning

 

Surat kuning atau yang biasa disebut dengan kartu AK-1 merupakan dokumen yang wajib dimiliki oleh para pencari kerja khususnya yang berada di bidang instansi pemerintahan. Kartu ini diterbitkan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaker) untuk memastikan data kuantitas tenaga kerja di Indonesia.

 

10. Fotokopi Sertifikat

Anda dapat melampirkan sertifikat seperti workshop, seminar, pelatihan, perlombaan, atau sertifikat sejenis yang terkait dengan kebutuhan perusahaan yang Anda lamar.

 

Karena itu, Anda tidak boleh asal-asalan melampirkan banyak sertifikat, tapi tidak berhubungan dengan perusahaan. Pilih yang benar-benar relevan agar sertifikat tersebut bisa menjadi nilai tambah Anda saat melamar pekerjaan.

Baca Juga :   Contoh Surat Lamaran Kerja Sebagai Staf Hotel

 

Itulah syarat surat lamaran kerja yang perlu kamu persiapkan sebelum melamar pekerjaan. Dengan memenuhi persyaratan, Anda pasti lebih mungkin diminta untuk mengikuti tes. Semoga artikel ini dapat membantumu mendapat pekerjaan ya!.