Tata Cara Menghubungkan ke Internet Service Provider

Tata Cara Menghubungkan ke Internet Service Provider

bacakata.com – Tata Cara Menghubungkan ke Internet Service Provider. Untuk dapat menggunakan internet, kita perlu terhubung dengan Internet Service Provider (ISP) atau provider lokal yang ada di daerah kamu. Dengan mendaftarkan diri pada provider di daerah kamu, maka perhitungan pulsa akan dilakukan secara lokal.

Ada dua jenis Internet Service Provider (ISP) yaitu gratis dan membayar. Untuk dapat terhubung atau terkoneksi dengan Internet Service Provider (ISP) dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu Dial up atau Dial On Demand dan Leased Line.

Cara agar tekoneksi dengan ISP

  1. Dial up atau Dial On Demand

Dial up adalah koneksi temporer karena jaringan ini akan terkoneksi apabila diperlukan saja. Layanan internet ini memungkinkan pelanggan tidak terkoneksi secara terus-menerus ke internet. Sistem pembayarannya adalah pelanggan akan dibebani biaya berdasarkan lamanya mereka terkoneksi ke internet. Contoh layanan internet ini adalah Telkomnet Instant dari Telkom, layanan-layanan dial up dari ISP yang lain, dan beberapa layanan dari ISP wireless lokal.

dial up

  1. Leased Line

Layanan leased line disebut juga dengan system dedicated, merupakan jaringan permanen atau real time yang online selama 24 jam penuh. Sistem pembayaran dari layanan ini juga biasanya dilakukan per bulan dimana pelanggan akan membayar sesuai dengan paket yang ditawarkan, baik selama sebulan tersebut pengguna memang benar menggunakan internet 24 jam penuh atau tidak.

Sistem dedicated ini biasanya mahal. Untuk menekan biaya langganan, ISP memberikan beberapa metode untuk menekan harga, misalnya dengan membatasi jumlah data yang boleh didownload dan diupload oleh pelanggan selama 1 bulan. Jumlah batasan data ini biasanya disebut dengan quota. Contoh layanan dedicated adalah layanan-layanan dari Channel 11,  ERA AKSES, Speedy dari Telkom, dan layanan-layanan dari ISP wireless lokal.

Baca Juga :   Harga HP Xiaomi Redmi Note 9 Semakin Murah, Ini Harga Dan Spesifikasinya

lesed line

Setiap provider mempunyai kelebihan dan fasilitas yang tersedia, sehingga biaya pendaftaran, abonemen, dan biaya overtime serta biaya lain akan berbeda antara provider satu dengan provider yang lainnya. Oleh karena itu, sebelum kamu mendaftarkan diri pada provider, maka terlebih dahulu perlu mencermati fasilitas yang ditawarkan oleh provider tersebut.

Selain mencermati fasilitas-fasilitas yang ditawarkan oleh provider-provider yang ada kamu juga perlu mengetahui kebutuhanmu dalam mengakses internet. Jika kamu tidak mengakses secara terus menerus kamu bisa memilih sambungan dengan dial up atau dial on demand. Tetapi jika kamu menggunakan internet secara terus-menerus kamu bisa memilih sambungan dengan leased line dengan metode pembayaran per bulan.

Semoga bermanfaat ya..

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.